100 Soal Tes Teori Dump Truck Nissan Tambang Batubara

Mastimon.Com - Sebelum bisa masuk ke Perusahaan Tambang Batubara kita niscaya mengikuti tahapan Seleksi Tes Teori dan Praktek. Pada artikel ini yaitu kumpulan beberapa soal yang pastinya anda jumpai untuk jenis Truck Nissan.


Jika bisa lolos Psikotest maka selanjutnya mengikuti tahapan Tes Teori kemudian dilanjut dengan Tes Praktek Lapangan. Tidak sedikit para akseptor sudah gugur duluan dikala masuk ke Tes Teri bahkan ada juga sudah gugur dikala tes di awal.

Sebelum mengikuti Tahapan Seleksi dikala akan masuk ke Perusahaan Tambang maka anda perlu memperhatikan, mencar ilmu dan mempersiapkan diri. Salah satunya yaitu mempelajari beberapa soal yang saya sediakan di bawah ini.

I. PILIHAN BENAR ATAU SALAH

Tulis aksara balasan (B) apabila dianggap benar,dan (S) apabila dianggap  salah,dari soal – soal tersebut dibawah ini pada lembar balasan yang tersedia.
  1. B – S    Yang dimaksud dengan safety atau keselamatan kerja yaitu suatu perjuangan untuk dapat  melaksanakan pekerjaan tanpa mengakibatkan suatu kecelakaan.
  2. B – S    Keadaan sosial lingkungan sanggup membentuk karakter seseorang untuk melaksanakan hal yang tidak aman.
  3. B – S    Kecelakaan kerja sudah merupakan suatu hal yang biasa dalam suatu pekerjaan.
  4. B – S    Alat pelindung diri yaitu hal yang tidak begitu penting bagi pengemudi, alasannya ia bekerja dalam ruangan yang terlindung.
  5. B – S    Pengetahuan dasar yaitu syarat mutlak untuk mengoperasikan suatu alat/unit.
  6. B – S    Membaca buku petunjuk / pedoman pengoperasian yaitu hal yang sia – sia dan tidak perlu alasannya akan mengganggu operasional saja.
  7. B – S    Mendengarkan saran, anjuran baik  dari  rekan  seprofesi,  atasan, apalagi orang yang tidak dikenal tidak wajib hukumnya, alasannya pengalaman kerja diperusahaan terdahulu mengenai pekerjaan dan pengoperasian alat dari banyak sekali model dan merek, sudah lebih dari cukup.
  8. B – S    Pelaksanaan perawatan harian cukup dilaksanakan pada pagi hari saja.
  9. B – S    Perawatan harian & kebersihan unit semestinya dilakukan oleh mechanik
  10. B – S    Kerusakan unit bahkan kecelakaan fatal bisa saja terjadi hanya alasannya mekanisme pengecekan unit sebelum operasi tidak dilaksanakan.
  11. B – S    Tugas seorang pengemudi yaitu hanya mengoperasikan unit saja.
  12. B – S    Di jalan datar dan muatan ringan untuk start awal tidak diharuskan memakai gigi 1. yang penting kondusif dan kendaraannya mampu.
  13. B – S    Memindahkan gigi ke yang lebih  rendah  ditengah–tengah turunan, tidak bermasalah jika  memang sudah kita perhitungkan semenjak dari  sebelum turunan bahwa kendaraan tersebut tidak akan mampu.
  14. B – S    Pada suatu penurunan yang cukup panjang  dengan  beban muatan  berat, kita memakai gigi tinggi  tidak bermasalah. Asalkan kita yakin dengan kondisi rem kendaraan yang kita operasikan.
  15. B – S    Untuk  Dump truck Hino, Nissan CWA/CWB, Colt  Diesel, Mitsubishi, itu diperbolehkan  menurunkan  dump  body   sambil  jalan,   karena   tidak   terlalu beresiko.
  16. B – S    Untuk membersihkan tanah yang lengket diBody dump pada waktu hujan, yaitu dengan menaikan Dump bodynya tinggi – tinggi.
  17. B – S    Engine over speed artinya putaran roda berputar lebih cepat melebihi putaran Engine.
  18. B – S    Fungsi dari exhaust brake yaitu untuk menghentikan kendaraan.
  19. B – S    Diwaktu tidak operasi(stand by ), kendaraan tidak  boleh  hidup  dalam waktu yang terlalu lama.
  20. B – S    Prosedur dan sistim pengoperasian masing – masing kendaraan atau alat, tidak selalu sama.

II. PILIHAN GANDA

Pilih dan jawablah pertanyaan berikut ini, Tulis aksara balasan yang dianggap paling sempurna (a,b,c atau d ) pada lembar balasan yang tersedia.

1. Apa saja yang disebut dengan perlengkapan safety itu?
a. Sepatu, Kaca mata, Baju, Celana, Topi.
b. Sepatu, Helmet, Kaca mata, Sarung tangan, Masker.
c. Helmet, Kaca mata, Handuk, Kain lap.
d. Kaca mata, Topi, Baju, Tas dan lain – lain.

2. Penyebab utama dalam suatu accident / kecelakaan dalam suatu pekerjaan, adalah:
a. Karena lalai / ceroboh dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
b. Tidak mengindahkan aturan dan peraturan yang berlaku diperusahaan tersebut.
c. Kurangnya pengetahuan akan fungsi dan mekanisme operasi alat / unit yang ia operasikan.
d. Jawaban diatas betul semua.

3. Apa maksud dan tujuan dicantumkan pembatasan kapasitas angkut maximum truck?
a. Supaya muatannya dibawah maximum.
b. Agar muatannya tidak melebihi kemampuan angkut.
c. Sebagai patokan maximum muatan biar sesuai batas maximum.
d. Supaya truck tidak cepat rusak.

4. Apa kiprah dan tanggung jawab seorang pengemudi?
a. Mengantarkan barang/muatan dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan kondusif dan selamat.
b. Memelihara, merawat alat/unit yang dipercayakan kepadanya, sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab.
c. Melaksanakan  semua  tugas  dan  perintah  atasan  /   pimpinan   yang  sesuai   dengan bidangnya secara profesional.
d. Jawaban a, b, dan c, benar.

5. Apa yang harus dilakukan sebelum menghidupkan Engine pada truck?
a. Melaksanakan perawatan  harian, Inspeksi keliling, memastikan  kondisi unit  siap untuk dihidupkan.
b. Melaksanakan investigasi keliling, pastikan semua batas ketinggian oli, air, dan solar cukup. Unit siap dihidupkan, Transmisi netral, Rem parkir terpasang, Klakson satu kali, Kemudian mesin dihidupkan.
c. Melaksanakan investigasi keliling, periksa kondisi unit OK, Kemudian Engine dihidupkan.
d. Menanyakan kondisi terakhir unit ke partner shift, dan mechanic. Yakin Ok Operasikan.

6. Apa saja yang paling penting di check pada dikala investigasi unit sebelum operasi?
a. Ketinggian permukaan: Oli,air, solar, Kekencangan baut, keausan, keretakan, kebocoran, kerusakan.
b. Kondisi fisik kendaraan, kondisi muatan.
c. Jawaban diatas betul semua.
d. Jawaban diatas salah semua.

7. Kapan harus dilakukan investigasi harian oleh pengemudi?
a. Setiap pagi   
b. Setiap pergantian shift
c. Setiap sebelum dan setelah operasi.   
d. Sewaktu – waktu

8. Pada dikala menyidik permukaan oli Engine, akan ditemukan dua sisi yang berbeda ditandai dengan Engine mati dan Engine  hidup. Apa bedanya  tanda permukaan oli pada dikala Engine hidup, dan pada dikala Engine mati?
a. Saat Engine mati permukaan oli lebih tinggi daripada saat  hidup.
b. Saat Engine mati permukaan oli sama dengan dikala Engine hidup.
c. Saat Engine mati permukaan oli lebih rendah daripada dikala hidup.
d. Jawaban a,b, dan c, salah semua.

9. Ketika anda menyidik permukaan oli hydraulic, ternyata levelnya masih kurang, apa yang harus dilakukan?
a. Jika  kurangnya  masih  memungkinkan  untuk  operasi,   sementara oli masih order, lanjutkan operasi.
b. Menunggu oli datang, dan tidak mau operasi sebelum olinya penuh.
c. Lapor pengawas  tentang  kondisi  unit,  Jika  masih  memungkinkan untuk operasi, lanjutkan operasi.
d. Pura–pura  tidak tahu ihwal kondisi tersebut, jalan saja yang penting tidak bermasalah.

10. Penyebab utama terjadinya engine over heating(panas berlebihan pada mesin), yaitu :
a. Karena air radiator kosong, dan pompa tidak berfungsi untuk pendinginan ke Engine.
b. Air  radiator  penuh,  tapi  seal  radiator  buntu  yang  menyebabkan  air  dari  radiator ke pompa tidak sirkulir untuk pendinginan Engine.
c. Pengemudi tidak melaksanakan pengecekan unit, Air radiator tidak terkontrol, Pada dikala jalan menanjak unit dipak\sa, Water coolant bermasalah.
d. Jawaban a, b, dan c, benar semua.

11. Sebutkan kegunaan dan fungsi dari exhaust brake?
a. Untuk menghentikan unit.
b. Mengurangi kecepatan secara sedikit demi sedikit terhadap jalannya truck.
c. Digunakan waktu keadan darurat
d. Membantu rem pada dikala di penurunan.

12. Gunanya system power steering,adalah:
a. Untuk meringankan / menyamankan dalam menggerakan steer.
b. Untuk menguatkan / mengencangkan steer.
c. Agar otomatis, kalau steernya digerakan
d. Jawaban diatas betul semua.

13. Apabila melaksanakan manuver di tempat sempit sehingga penggunaan steer berlebihan, kalau dipaksa apa yang akan terjadi?
a. Pompa steering akan segera rusak.     
b. System steering jadi berat.
c. Bisa merusak system tie road steer.     
d. Jawaban a,c,betul semua.

14. Apa kesudahannya kalau Engine telah hidup selama beberapa saat, sementara tekanan oli masih belum naik?
a. Pelumasan mesin tidak normal, tenaga akan berkurang.
b. Pelumasan tidak lancar, mesin akan rusak.
c. Pelumasan tidak ada semua system di engine akanrusak.
d. Jawaban diatas betul semua.

15. Jika truck sedang dimuat apa yang harus dilakukan?
a. Tetap  didalam cabin  hingga ada kode dari  operator / helper  bahwa truck sudah penuh.
b. Keluar cabin untuk melihat kondisi truck.
c. Turun dari kendaraan menunggu truck penuh.
d. Jawaban diatas salah semua.

16. Kapan waktu yang sempurna untuk mengganti gigi Transmissi apabila ada jalan menurun?
a. Sebelum memasuki penurunan.   
b. Saat truck sedang dipenurunan
c. Setelah melewati penurunan.   
d. Hanya kalau diharapkan saja.

17. Apa kesudahannya kalau memakai gigi Transmissi tinggi pada dikala truck dipenurunan?
a. Kendaraan lebih gampang dikendalikan.
b. Kendaran akan sulit dikendalikan rem lebih banyak bekerja.
c. Mesin cepat panas.
d. Jawaban a, b, dan c, salah semua.

18. Apa  yang  harus  dilakukan  bila  truck  sedang  dipenurunan  dan  tekanan  angin  remnya berkurang?
a. Menambah gigi supaya lebih cepat lagi.
b. Mengurangi  kecepatan bila memungkinkan berhenti / parkir.
c. Terus jalan alasannya angin akan naik sendiri.
d. Tidak ada hose bocor, kompresor besar, jadi tidak masalah.

19. Penyebab utama kampas rem / brake lining cepat rusak / aus,adalah:
a. Penggunaan service brake yang melebihi kemampuannya.
b. Penggunaan exhaust brake yang berlebihan.
c. Jawaban di atas betul semua.
d. Jawaban di atas salah semua.

20. Jika truck  memasuki  area disposal  dimana  tidak  ada  petugas pengatur, apa yang harus dilakukan?
a. Langsung menuju ujung areal dumping.
b. Cari lokasi yang paling akrab supaya mundur tidak jauh.
c. Dumping muatan dimana saja.
d. Mencari areal dumping yang paling kondusif sebelum dumping.

21. Pada saat  operasi seringkali kita menemukan kondisi yang tidak aman, Yang dimaksud kondisi tidak kondusif tersebut yaitu sebagai berikut, Kecuali:
a. Kondisi muatannya, (Muatan kerikil baranya tidak bersih).
b. Kondisi jalan,(Jalan berlubang, terlalu miring, licin dll).
c. Kondisi unitnya, (Salah satu komponen di unit tidak berfungsi / rusak).
d. Kondisi orangnya, (Orang tersebut sakit tapi memaksakan diri untuk bekerja).

22. Setelah selesai operasi kemudian masuk areal parkir, apa yang selanjutnya anda lakukan?
a. Langsung matikan mesin, supaya bisa lebih cepat istirahat.
b. Digas tinggi-tinggi supaya shift malam berpengaruh start.
c. Tunggu mesin hirau taacuh beberapa menit sambil melaksanakan pengecekan
d. Langsung pulang alasannya tidak ada problem dengan kendaraan.

23. Apa yang harus dilaksanakan setelah selesai operasi pada pergantian shift?
a. Serahkan sepenuhnya tanggung jawab kepada shift selanjutnya.
b. Memberikan gosip selengkapnya ihwal kondisi truck terakhir. c.    Ikut melaksanakan pengecekan bersama shift pengganti.
d. Parkirkan saja ditempat yang aman, pengecekan mechanic yang melakukannya.

24. Apa kesudahannya kalau Engine dimatikan tanpa pendinginan terlebih dahulu?
a. Suhu mesin akan meningkat alasannya fatwa air pendingin terhenti secara tiba-tiba.
b. Pelumasan belum turun pada turbo sementara oli masih melumasi sistem turbo.
c. Jawaban diatas salah semua.
d. Jawaban diatas benar semua.

25. Perawatan harian dan kebersihan unit yaitu merupakan kiprah dan tanggung jawab:
a. Mechanic.
b. Perusahaan.
c. Pengemudi.
d. Pengawas.

III.   ESSAY.

JAWAB DAN ISILAH PERTANYAAN – PERTANYAAN BERIKUT INI PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA.
  1. Apa kiprah dan tanggung jawab seorang pengemudi ?
  2. Kenapa Driver harus melaksanakan P2H setiap hari? Jelaskan!
  3. Apa yang harus diperiksa pada dikala P2H?
  4. Apa yang pertama kali diperiksa / dikontrol oleh seorang pengemudi pada dikala setelah Engine dihidupkan?
  5. Berapa kecepatan yang diizinkan untuk kendaraan besar / Dump truck dijalur hauling?
  6. Apa yang anda lakukan bila anda menemukan kondisi tidak kondusif ?
  7. Sebutkan beberapa jenis kerusakan yang dilarang dioperasikan di kawasan operasi tambang !
  8. Sebutkan arti kode 6x4 pada unit ?
  9. Sebutkan kapasitas angkut unit DT ( Hino, Nissan ) !
  10. Sebutkan mekanisme mematikan Engine yang benar?

Selain tes Teori di atas anda juga harus mempelajari semua Rambu Lalu Lintas. Anda akan diberikan beberapa gambar kemudian mengartikan gambar tersebut dengan benar. Contoh tidak saya tampilkan tetapi anda bisa mencar ilmu di Google ihwal Rambu Rambu.

Baca Juga :

Yang terakhir yaitu Tes menyebutkan nama indikator pada unit Truck. Ada sekitar 12 Jenis Indikator menyerupai Brake Air, Water, PTO, Spring Brake, Park, Air dan Oil. Jika anda biasa membawa Unit Truck niscaya mengetahuinya.

Itulah beberapa pola soal Tes Teori Dump Truck untuk bisa masuk ke Perusahaan Pertambangan Batubara. Semoga gosip ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel