Cara Tanam Kunyit Putih Dan Manfaat Bagi Kesehatan

Apakah anda pernah dengar istilah kunyit putih? Bukankan kunyit berwarna orange tua, nah kini kita akan membahas cara tanam kunyit putih yang baik dan mengenali banyak manfaat pada tumbuhan jenis rimpang ini yang begitu banyak keuntungannya bagi kesehatan kita.
Apakah anda pernah dengar istilah kunyit putih Cara tanam kunyit putih dan manfaat bagi kesehatan
Baca lagi:


Ada beberapa pilihan dimana kita akan menam kunyit putih ini, dilahan luas,pot,karung, atau polibacg,semua media tanam sama saja,tetapi lebih simpel kita menanamnya dalam polibacg atau karung,dikarnakan kita sanggup mengontrol kadar kelembapan tanah yang didalamya terdapat bibit kunyit tersebut.

1. Pembibitan 

Memotong rimpang sama panjang satu sama lain, yaitu sekitar 5-7 cm dan berat 20-30 gram tiap rimpang.Bibit kunyit diangin-anginkan di daerah teduh dan lembab selama kurang lebih 1-1,5 bulan. Proses ini sanggup dilakukan memakai jerami padi.Setelah 1,5 bulan dan telah tumbuh tunas pada rimpang sekitar 2-3 cm, ini artinya bibit telah siap dipindahkan ke dalam media tanam.Saat melaksanakan proses pemindahan bibit, pastikan untuk berhati-hati dalam melakukannya biar tunas dan akar yang tumbuh tidak rusak dan membusuk.Apabila lokasi tanam dengan lokasi persemaian bibit cukup jauh, sebaiknya siapkan wadah tertentu untuk mengangkut bibit. Namun, pastikan biar bibit tidak saling bertumpukan satu sama lain.etelah semua bibit mulai tumbuh tunas kini kita tinggal menyediakan daerah penanaman


2. Media tanam


Adapun media tanam yang kita butuhkan polibacg ukuran 10kg,masukkan tanah hitam atau tanah sisa bakaran sampah yang gembur,atau bisa dengan gabungan tanah dan pupuk kandang,baik dari kotoran sapi,ayam,kambing yang benar2 5

Sudah dikeringkan dan tidak lagi mengandung zat asam yang tinggi,isi polibacg jangan terlalu penuh karna nantinya akan kita lakukan penimbunan lagi dikala rimpang sudah mulai berkembang. Dan jangan lupa ditaburi bubuk dolomit.

3. Penanaman dan perawatan

Setelah media tanam sudah tersedia maka kita mulai menanam bibit kunyit pada polibacg yang sudah terisi tanah,ada yang perlu diingat dalam proses penanaman jangan terlalu dalam ketanah memasukkan bibit kunyit putih tersebut,karna nantinya akan ada masa penimbunan ulang.
Untuk perawatan,kita lakukan penyiraman awal tanam kunyit 1x saja sehari,agar tanah tidak terlalu lembab dan menjadikan kebusukan pada rimpang kunyit.
Untuk proses pemupukan ada baiknya kita lakukan pemupukan cor,agar lebih cepat diserap akar kunyit,kia bisa memberi pupuk npk 16 16,atau pun pupuk kompos,pupuk kandang,
Lakukan pemupukan rutin 2 mnggu se x,dengan ukuran secukupnya

Nah kita sudah menanamnya tetapi kita juga harus tau apa saja sih manfaat kunyit putih ini?
. Kunyit putih mempunyai banyak sekali manfaat dalam kehidupan. Kunyit dapat membantu menyegarkan, membersihkan, menghilangkan gatal, dan mengobati kesemutan. Selain itu, sanggup juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati banyak sekali macam penyakit dan sanggup juga dipakai untuk materi kosmetik alami. Selain itu, kunyit putih termasuk  salah satu tanaman bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti tumor, anti oksidan, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, anti mikroba, serta sebagai pembersih darah. Dan yang paling menggemparkan dunia medis, karna kunyit putih sanggup mengobati penyakit kangker,
Dan masih banyak lagi manfaat dari kunyit putih tersebut, dan g ada salahnya jikalau kita tanam yang bermanfaat, kita isi sekitaran rumah kita dengan apotek hidup.

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat lainnya dari kunyit putih yaitu dikenal mempunyai sifat yang sanggup membantu dalam menunda munculnya tanda-tanda penuaan, menyerupai sanggup menghilangkan flek dan garis keriput pada wajah.
Cara penggunaan kunyit putih untuk kesehatan kulit wajah yaitu dengan cara mencampur beberapa sendok makan kunyit putih halus dengan sedikit air. Aduk sampai mengental.
Jika sudah, oleskan pada belahan yang ingin terlihat muda, menyerupai wajah dan leher. Setelah selesai, tunggu kering dan gosok perlahan dengan kain serta air hangat.
2. Menyehatkan jantung
Karena kaya akan banyak sekali macam vitamin dan mineral, menyerupai potasium dan zat besi yang bermanfaat membangun sel darah merah. Sedangkan kalium ada di dalam kunyit putih bisa untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung.
Karena kandungan vitamin itulah kunyit putih sanggup menjaga kesehatan jantung, jikalau kita rutin mengonsumsinya dengan dosis pas ya, jangan terlalu berlebihan.
3. Obat alergi
Kunyit putih juga mengandung zat curcuminoids yang mempunyai manfaat sebagai anti-alergi dan terbukti sanggup mengatasi tanda-tanda alergi pada kulit. Kunyit ini bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat kegiatan penyebab peradangan akhir alergi.
4. Anti racun
Manfaat lainnya yang terdapat pada kunyit putih yaitu sebagai antitoxic atau anti racun. Hal ini telah dibuktikan dengan memanfaatkan kunyit putih untuk menangkal bisa ular.
Cara kerja kunyit untuk menangkal bisa ular yaitu dengan menghambat kerja racun, sehingga bisa tersebut tidak dengan cepat tersebar ke dalam tubuh.
5. Anti kanker
Kunyit putih juga dipercaya sanggup membantu proses penyembuhan kanker alasannya mengandung senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumindemothxycurcumin, dan flavonoid yang dipercaya bisa membunuh sel kanker.
6. Mengatasi asma
Dengan mengkonsumsi kunyit putih bubuk yang dicampur dengan segelas air atau susu hangat dipercaya efektif untuk mengobati asma, flu, pilek, dan juga batuk. Tak hanya itu, kunyit putih juga sanggup mengobati dilema pernapasan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel