Budidaya Jahe Dalam Polibacg

Disaat demam isu penghujan tiba lezat klau santai n ditemani secangkir teh jahe.bandrek.atau olahan minuman dari jahe...jenis tanaman rimpang yang memiliki bnyak manfaat bagi kehidupan kita.bisa mnjadi rempah2 masakan.dan jadi minuman yang menyehatkan.

Disini kita akan mngupas cara simpel budidaya jahe.g perlu lahan lebar.yg penting mau belajar.kita akan mencoba tanaman jahe dengan polibagc.atau karung.terserah kita mw jahe apa saja..jahe merah.jahe gajah.n jahe emprit..adapun hal yg harus kita siapkan yaitu.bibit jahe.penyemaian.polibagc.atau karung.tanah humus.(tanah hitam) penanaman.pemupukan.perawatan.


 1. BIBit jahe

Sebelum kita menanam,ada baikya kita cari bibit yg sudah tua..n terdapat bnyak calon mata tunas pada rimpang.n jgan bibit yg masih muda.

2. Penyemaian

 Setelah bibit sudah tersedia.langkah berikutnyA yaitu proses penyemaian bibit jahe.sediakan daerah penyemaian jahe ukuran 60x40cm sanggup dari bekas keranjang buah..atau menciptakan kotak dari papan.semaikan semua bibit secukupnya diwadah pnyemaian...dengan jarak 10cm .usahakan bibit jangan terlalu tenggelam..agar rimpang cepat tumbuh tunas baru.lakukan penyiraman dipagi hari..media pembibitan diletakkn ditempat yang teduh...usahakan gunakan tanah adonan dengan kompos dan sekam padi.

3. polibacg


Untuk penanaman cari polibacg yg berukuran 10kg an..dengan kualitas bagus.isi polibacg dengan tanah gembur yg bercampur kompos.sebelum diberi bibit jahe..taburi tanah dengan debu dolomit atau debu dapur secukupnya...pengisian tanah dilakukan 1 ahad sebelum pemindahan bibit jahe dari media semai...lakukan penyiraman semoga debu dolomit menyerap n kadar asam pada tanah netral.

4. Penanaman

Nah perlu kita ketahui,waktu yg pas buat memindahkan benih jahe yaitu sore hari...karna ada waktu 1malam buat jahe mengikuti keadaan dengan daerah yg baru...tanam 1 polibacg 1 bibit saja...tengglamkan bibit 9cm didalam polibacg yg sudah kita isi tanah tadi..letakkan jahe ditengah2.
Lalu kalau sudah simpulan letakan polibacg ditempat teduh selama 1 minggu.setelah itu gres kita letakkn ditempat yg terkena sinar matahari...


5. Pemupukan.perawatan

Lakukan pemupukan awal dengan cara cor...
Atau dengan pupuk sangkar yg sudah kering.
Larutkan 1 genggam pupuk npk 16 16 dengan 10 liter air kemudian siramkan ke polibacg...lakukan pengecoran 4hari sx.setelah jahe semangkin berkembang kita sanggup lngsung memupukn secara pribadi tanpa cor namun dilakukan 1 bulan sx dengan syarat sehabis dipu2k usahakan pribadi ditimbun tanah lagi...atau kompos..siram tanaman setiap sore hari.jika masuk demam isu kemarau ada baiknya polibacg di masukan kantong plastik yg lebih besar..agar air n unsur pupuk tertahan dikantong plastik...namun penyiraman harus memperhatikan bnyaknya air yg dikantong plastik tersebut...nah selesailah budidaya jahe dalan polibacg...tinggal tunggu hingga jahe siap panen dengan umur 8 bulan atau hingga daun jahe mngering n berbunga... Selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel