20 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Mastimon.Com - Manfaat madu memang sudah populer akan khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini terbukti dari banyaknya produk kecantikan yang memanfaatkan madu sebagai materi dasarnya. Sedangkan untuk produk kesehatan banyak kita jumpai di dalam adonan merek minuman populer untuk penambah stamina dalam tubuh.

Sejak zaman dahulu, Madu sudah dipakai untuk obat tradisional lantaran kandungan alami baik yang ada di dalamnya. Misalnya terdapat zat protein, karbohidrat, vitamin B2, kalsium, besi, vitamin B9, vitamin C, magnesium, fosfor, kalium, energi dan lain lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sampai kini pun bermacam-macam kelebihan mengonsumsi madu menjadi diam-diam yang umum.

Jangan ragu untuk gunakan madu sebagai materi kecantikan atau kesehatan Anda dirumah. Rasanya yang yummy pun bisa disantap eksklusif maupun dicampur dengan materi makanan lainnya. Sedangkan untuk kecantikan, tak jarang banyak juga yang menggunakannya sebagai masker. Nah, untuk lebih lengkap pembahasan seputar khasiat madu, yuk simak uraiannya di bawah ini.

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Sumber Nutrisi lengkap

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi madu ialah dari segi kandungan lengkap yang ada di dalamnya. Kita sudah singgung sedikit diawal tadi ada banyak sekali kandungan madu yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Jika Anda secara rajin mengonsumsi madu setiap hari, tentu saja bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kesehatan ialah segalanya untuk kita, lebih baik menjaga daripada mengobati bukan? Nah, untuk terhindar dari banyaknya jenis penyakit yang berbahaya, hal pertama yang perlu Anda tingkatkan ialah daya tahan tubuh atau sistem metabolisme. Jika Anda mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda tidak akan gampang sakit.

Nah, madu mempunyai khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, lantaran nutrisinya yang lengkap akan membantu meningkatkan metabolisme Anda. Apalagi jikalau rutin mengonsumsinya setidaknya setiap hari satu kali, tubuh Anda bisa terasa tetap bugar dan sehat.

3. Menjaga Stamina

Stamina sangat penting untuk kita bisa beraktivitas dengan lancar. Tanpa stamina tubuh akan terasa lemas, tidak bersemangat dan kurang aktif. Oleh alasannya ialah itu, Anda butuh sesuatu untuk menjaga staminan Anda biar tetap ada dan semangat. Madu selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara otomatis juga bisa membantu Anda menjaga dan meningkatkan stamina.

4. Mencegah penyakit kanker

Sekarang ini, ada banyak sekali penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan Anda dan keluarga. Salah satunya ialah kanker. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis penyakit yang satu ini. Penyakit ini sifatnya bisa sangat ganas dan mematikan. Oleh lantaran itu, kita diperlukan masing masing bisa menjaga kesehatan kita dengan baik.

Madu ialah sumber antioksidan terbaik yang bisa mengurangi dan mencegah penyakit kanker apabila dikonsumsi dengan baik dan takaran yang pas. Sebagaimana yang kita tahu kanker  ialah penyakit yang membutuhkan waktu yang usang untuk berkembang, maka dengan mengonsumsi madu sanggup mencegah penyakit berbahaya yang satu ini.

5. Meningkatkan daya ingatan

Kalau diperhatikan kini bukan hanya orang renta saja yang suka lupa. Rata rata anak muda dan remaja juga sering mengalami kelupaan. Terkadang menurunnya tingkat daya ingat bukan hanya faktor usia atau umur tapi ada faktor lain dari dalam juga. Untuk itu, madu mempunyai fungsi tertentu untuk meningkatkan daya ingat, khususnya ketika Anda mengonsumsinya ketika pagi hari dan malam hari.

6. Membasmi kuman dalam tubuh

Khasiat madu juga bisa dikatakan sebagai pembasmi para kuman yang kemungkinan sedang menyerang daya tahan tubuh Anda. Bakteri inilah sebagai faktor penyebab Anda bisa sakit. Misalnya kuman ibarat Salmonella, psedomonas aeruginosa, staphylococcus aureus, metchillin-resistant dan E.Coli.

7. Mengobati luka luar dengan cepat

Selain dari hal hal diatas, madu juga layak disebut sebagai ramuan asing yang sempurna dalam menyembuhkan banyak sekali macam penyakit. Salah satunya ialah luka luar yang kerap kita alami lantaran kecelakaan, benturan benda keras atau yang lainnya. Bagaimana caranya?

Baca Juga :

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu yang murni pada luka Anda. Lambat laun, Anda akan melihat luka Anda usang lama akan kering dan sembuh. Yang terpenting Anda hanya perlu bersabar dan madu tersebut yang akan bekerja untuk menyembuhkan.

8. Mencegah dan mengobati penyakit Gula

Penyakit gula kerap disebut dengan istilah populer nya ialah diabetes. Ternyata, madu mempunyai kemampuan dalam mengontrol dan mengendalikan kadar gula dalam darah Anda loh. Selain bisa mencegah, madu juga mempunyai kegunaan dalam mengobati. Memang kalau dipikir rasa madu itu manis, tapi madu tidaklah sama dengan pelengkap lainnya. Sifatnya kondusif bahkan untuk penderita diabetes.

9. Mengurangi Batuk

Madu mempunyai yang namanya senyawa dekstrometorfan yang bisa menenangkan batuk yang sifatnya menyiksa dan mengganggu kegiatan Anda. Biasanya batuk akan semakin mengganggu pada malam hari. Untuk itu, Anda bisa coba untuk mengonsumsi madu sesuai dengan takarannya sampai batuk bisa mereda dan menghilang.

10. Mencegah resiko serangan jantung

Jantung ialah salah satu organ dalam utama yang sangat penting bagi tubuh kita. Karena kinerja jantung yang baik seluruh anggota organ tubuh yang lainnya pun bisa bekerja dengan baik. Untuk menjaga jantung kita tetap sehat, kita perlu melaksanakan beberapa upaya.

Salah satunya ialah dengan mengonsumsi madu setiap hari sesuai dosis. Tentu saja perlu diimbangi lagi dengan teladan hidup sehat yang lainnya ibarat mengonsumsi makan yang kaya akan serat dan bergizi. Selain itu, imbangi dengan olahraga juga sangat penting untuk menjaga jantung tetap sehat.

11. Menjaga akses cerna berfungsi dengan baik

Umumnya sebagian orang mempunyai problem dengan sistem pencernaan mereka. Jika hal ini yang juga terjadi pada Anda, maka madu merupakan salah satu solusi yang sempurna untuk menjaga fungsi cerna Anda dengan baik. Anda bisa mencoba untuk mengonsumsinya sebelum tidur di malam hari.

12. Mengatasi adanya Imsonia

Anda sering mengalami yang namanya imsonia? Ya, kalau Anda tahu imsonia ialah kondisi dimana kita sulit tidur. Untuk mengobati hal tersebut Anda tidak perlu repot repot pergi ke dokter atau mengonsumsi obat tertentu. Madu mempunyai khasiat untuk menyembuhkan imsonia dan menciptakan kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

13. Menurunkan berat badan

Biasanya para perempuan muda sangat bertekad untuk diet ketika berat badannya sudah naik atau melebihi normal. Sebagian diantaranya juga ingin tampil manis dengan tubuh yang kurus. Nah, madu bisa dijadikan materi kecantikan khususnya untuk menurunkan berat tubuh secara alami dan sehat. Bahan ibarat vitamin, asam amino dan mineral lah yang bertugas dalam mengontrol berat badan.

14. Memelihara kondisi rambut

Selain untuk kesehatan, jikalau dari segi kecantikan madu mempunyai kegunaan dalam banyak hal. Salah satunya ialah menjaga kondisi rambut Anda biar nampak sehat baik dari luar maupun dari dalam. Karena rambut ialah mahkota, khususnya bagi perempuan memelihara kesehatan rambut ialah suatu keharusan. Madu bisa berperan dalam merawat rambut sehingga tidak gampang rontok.

15. Mengangkat kotoran nakal di wajah

Tidak diam-diam lagi apabila menemui madu yang dipakai sebagai masker. Pada kenyataannya inilah yang dilakukan sebagai obat kecantikan yang ampuh dalam mengangkat kotoran nakal yang melekat di wajah. Membuat madu sebagai masker pun tidak sulit. Cara sederhana Anda hanya perlu mengoleskannya pada wajah dan menunggu sampai kering selama kurang lebih 30 menit.

Setelah selesai, Anda bisa membilas dan membersihkannya dengan lembut. Setelah mengelap nya Anda akan eksklusif mencicipi betapa halusnya permukaan wajah Anda. Perawatan ini baik Anda lakukan sehabis simpulan beraktivitas. Khususnya ketika wajah Anda terkena paparan bubuk di luar ruangan. Dengan madu akan sangat membantu.

16. Mencerahkan Kulit

Selain mempunyai manfaat dalam hal mengangkat kotoran di wajah, khasiat lainnya yang tidak kalah penting yang bisa Anda dapatkan ialah bisa mencerahkan kulit. Siapa sih yang tidak ingin mempunyai kulit yang cerah berseri? Semua orang niscaya menginginkannya.

Untuk mendapat manfaat ini Anda bisa memakai madu dengan adonan materi alami lainnya ibarat halnya tomat. Setelah mencampur dan menghaluskan keduanya, Anda bisa eksklusif mengoleskannya ke cuilan seluruh tubuh selama 15 menit. Setelah dirasa meresap, bersihkan dengan air bersih. Hasilnya kulit akan terasa segar dan halus.

17. Membersihkan jerawat

Biasanya kebanyakan orang selalu mengeluh akan jerawat. Ya, terutama bagi perempuan abses bisa sangat mengganggu penampilan mereka. Bahkan sehabis abses sembuh, abses masih meninggalkan bekas yang sifatnya usang hilang. Maka, madu bisa menjadi solusi yang bagus untuk Anda. Cukup dengan mengoleskannya ke area wajah Anda, tunggu sampai beberapa waktu dan bersihkan. Dengan teratur memakai madu akan mempercepat pencucian bekas jerawat.

18. Memperlambat terjadinya penuaan

Seraya semakin remaja atau semakin tua, penuaan memang tidak bisa dihindari. Tapi setidaknya dengan madu bisa memperlambat terjadinya penuaan dini. Hanya dengan satu sendok madu bisa dengan jitu menunda terjadinya proses degeneratif kulit Anda. Apabila dosisnya ditambahkan maka bisa mempertahankan keelastisan serta bisa mendapat kulit yang kencang.

19. Membuat kulit lebih kenyal

Setelah memanfaatkan madu sebagai materi kecantikan Anda, salah satu khasiat yang bisa Anda dapatkan ialah tekstur kulit yang lebih kenyal. Bagaimana cara spesifik untuk mendapat kulit yang kenyal dengan madu? Caranya mudah, yakni hanya perlu mencampurkan takaran 3 sendok air dengan seperempat madu di gelas. Lalu oleskan pada wajah dan tunggu sampai 15 menit.

Selanjutnya, Anda bisa membersihkan wajah Anda dengan air higienis Lalu lap memakai handuk yang halus dan higienis juga. Maka, Hasilnya kulit akan terasa lebih kenyal dan halus apabila dibandingkan dengan sebelum memakai madu.

20. Mengatasi bibir yang pecah dan kering

Cuaca yang panas cenderung menciptakan bibir kita bisa kering dan pecah pecah. Apalagi kalau Anda sendiri kurang mengonsumsi air putih secara cukup. Nah, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa mencoba untuk memakai madu. Pasalnya, madu mempunyai kemampuan untuk melembabkan bibir serta mengobati kondisi bibir yang pecah pecah atau kering. Caranya cukup gampang yakni dengan mengoleskannya pada bibir ibarat halnya memakai lipbalm.

Baca Juga : BlogMangWahyu | Blog gosip Kesehatan

Uraian diatas ialah formasi keuntungannya kalau Anda menentukan madu sebagai diam-diam kecantikan Anda baik untuk meremajakan kulit, mencerahkan, menghilangkan flek hitam dan lain lain. Dan untuk kesehatan, sangat cocok untuk menemani pekan Anda dengan makanan yang sehat dan kaya akan vitamin bukan?

Memanfaatkan materi alami tentunya akan jauh lebih kondusif dibandingkan memakai produk kimia yang belum dipastikan sepenuhnya baik untuk kesehatan. Bahan alami lainnya yang mungkin bisa Anda padukan ialah jeruk nipis, lemon, pengecap buaya, kayu manis, putih telur dan lain sebagainya. Sekian gosip yang bisa diberikan, semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel