10 Tips Pulang Kampung Lebaran Kondusif Yang Harus Anda Coba

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Hal ini alasannya yaitu di dalam bulan Ramadhan terdapat aneka macam ibadah yang apabila dikerjakan akan mendapat aneka macam pahala. Selain beribadah, di bulan Ramadhan juga ada tradisi unik dan menyenangkan yang telah turun temurun dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Tradisi tersebut yaitu tradisi pulang kampung lebaran. Namun sebelum anda pergi mudik, tidak ada salahnya kalau anda mempersiapkan segala sesuatunya biar tidak terjadi hambatan yang sanggup menghambat perjalanan anda.

Nah pada postingan kali ini saya akan membagikan Tips Mudik Idulfitri yang pastinya sanggup bermanfaat untuk anda semuanya. Yuk disimak ya 10 tips pulang kampung lebaran berikut ini.

1. Catat Daftar Barang Bawaan

Sebelum berangkat mudik, hal pertama yang harus anda persiapkan yaitu mencatat semua daftar barang bawaan yang hendak dibawa. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertinggalnya barang bawaan penting yang nantinya sanggup menciptakan pulang kampung lebaran anda jadi tidak maksimal.

2. Cek Kendaraan Anda

Hal kedua yang wajib dilakukan yaitu mengecek kondisi kendaraan anda. Pastikan anda telah menservis kendaraan anda sebelum berangkat mudik. Ini dilakukan biar perjalanan anda tidak terganggu alasannya yaitu dilema teknis pada kendaraan. Jangan hingga nanti anda mengalami hambatan alasannya yaitu lalai dalam mengecek kondisi kendaraan.

3. Persiapkan Peralatan Kendaraan

Setelah mengecek kondisi kendaraan, anda juga harus mempersiapkan alat-alat yang diharapkan untuk memperbaiki mesin kendaraan anda. Jika contohnya nanti di perjalanan anda mengalami ban bocor maka dilema tersebut sanggup anda atasi dengan cepat dan tidak perlu capek-capek mencari bengkel terdekat.

4. Persiapkan Sparepart Cadangan

Setelah alat-alat kendaraan telah anda siapkan. Anda juga dihentikan melewatkan untuk membawa suku cadang cadangan yang diharapkan oleh kendaraan ketika di perjalanan. Sparepart cadangan yang anda bawa nantinya akan sangat mempunyai kegunaan kalau mengalami masalah.

5. Bawa Kotak P3K

Saat perjalanan pulang kampung pastinya anda akan mengalami yang namanya beberapa dilema kesehatan menyerupai masuk angin, tubuh pegal-pegal, dan juga pusing. Di sinilah pentingnya anda membawa kotak P3K yang berisikan perlengkapan obat menyerupai minyak angin, obat sakit kepala, dan juga lainnya sebagai pinjaman pertama yang sanggup membantu anda ketika di perjalanan.

6. Bawa Barang-Barang Hiburan

Untuk anda yang pulang kampung dengan memakai kendaraan pribadi, macet tentu merupakan dilema yang niscaya anda hadapi di perjalanan. Hal ini alasannya yaitu volume kendaraan ketika pulang kampung lebaran sangat tinggi dan sanggup mengakibatkan macet hingga berkilo-kilo meter. Maka dari itu untuk mengatasi kebosanan, ada baiknya anda membawa barang-barang yang sanggup menghibur anda ketika di perjalanan menyerupai MP3, buku, ipad, dan lainnya.

7. Bawa Peta Khusus Mudik

Agar anda tidak tersesat dan tetap berada di jalur pulang kampung yang seharusnya. Bagusnya anda juga membawa peta yang memang dibentuk khusus untuk para pemudik. Di peta tersebut anda akan mendapat banyak gosip perihal jalur mudik, posko lebaran, pom bensin, dan lainnya.
Namun kalau anda tidak mempunyai peta tersebut, minimal gunakan Google Maps biar anda tetap mengetahui jalur pulang kampung yang benar.

8. Cari Informasi Posko-Posko Gratis

Hal penting dan sanggup mempunyai kegunaan untuk anda ketika pulang kampung lebaran yaitu gosip mengenai posko-posko gratis yang tersedia di sejumlah titik jalur mudik. Posko-posko inilah yang nantinya sanggup membantu anda ketika sedang mengalami masalah.

9. Baterai Cadangan dan Pulsa

Saat pulang kampung lebaran komunikasi dengan keluarga di kampung halaman merupakan hal yang wajib dilakukan. Oleh alasannya yaitu itu anda juga harus mempersiapkan baterai cadangan dan juga stok pulsa yang banyak biar komunikasi anda dengan keluarga tidak terganggu.

10. Jaga Kondisi Tubuh

Sebelum berangkat mudik, anda juga harus mempersiapkan kondisi tubuh anda biar tetap fit dan sehat. Jika kondisi tubuh bugar maka anda akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, ketika perjalanan nanti tenaga anda juga akan terkuras. Maka ada baiknya kalau anda juga menyempatkan diri beristirahat di tempat-tempat peristirahatan yang telah disediakan di jalur mudik.
Demikian 10 Tips Mudik Idulfitri yang harus anda coba. Semoga tips-tips di atas sanggup mempunyai kegunaan dan bermanfaat untuk anda yang akan melaksanakan perjalanan pulang kampung lebaran. Selamat mudik! ?

Penulis : Jadwal Kapal Pelni

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel