Bahan Dan Cara Menciptakan Karakter Timbul Led

Huruf Timbul banyak dipakai baik untuk logo perusahaan, Hotel, Apotik, Sekolah, Café dan kawasan umum lainnya. Karena pemanfaatannya beraneka ragam, maka kreasi goresan pena timbul pun bervariasi. Salah satunya ialah jenis Huruf timbul LED yaitu adanya perhiasan lampu hias LED yang membuatnya semakin menarik. Bahan dan cara menciptakan abjad timbul LED ini pun cenderung tidak sulit.


Lampu LED sendiri dalam penggunaannya memakai yang namanya materi Acrylic. Pemanfaatan ini diubahsuaikan dengan penemuan dan selera masing –masing. Pemilihan peralatan dan perlengkapan dalam menciptakan abjad timbul perlu Anda perhatikan untuk hasil yang maksimal. Misalnya apakah sahabat memakai materi plat stainless, Kuningan, alumunium, fiber atau ditembok dll?

Setiap materi yang Anda pilih mempunyai perbedaan dengan jenis yang lainnya. Makara pastikan Anda memperoleh materi material yang berkualitas bagus dengan harga murah. Jika, Tulisan timbul yang dibentuk ialah tahan usang dan kuat, maka lampu LED ialah sebagai media untuk mendekorasi dan menghiasnya biar terlihat manis dan menarik.

Baca Juga :

Sebenarnya, pembahasan seputar langkah –langkah dan tutorial menciptakan maupun memasang abjad timbul menyala/LED banyak disajikan di aneka macam media menyerupai website maupun tuturial video Youtube. Namun, untuk secara lebih ringkasnya kita akan bahas pada article ini mencakup mempersiapkan bahan, proses pembuatan hingga dengan tips dan trik yang perlu diterapkan sebagai berikut.

Bahan dan cara menciptakan Huruf Timbul LED

A. Bahan :
  • Lembaran Acrylic bening yang mempunyai tebal 6 atau 9mm.
  • Lampu LED warna merah dan biru
  • Driver lampu atau rangkaian elektronik
  • Kabel
  • Solder timahnya
  • Potongan kayu atau triplek
  • Saklar
  • Lem tembak
  • Adaptor atau Catu daya

B. Proses pembuatan :

1. Merangkai Lampu LED

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sesudah mempersiapkan semua materi ialah merangkai lampu LED. Bagaimana caranya? Ambil lampu LED warna merah dan biru masing –masing 4 buah. Selanjutnya rangkai lampu LED tersebut menjadi rangkaian paralel dan membentuk untaian panjang yang sama dengan permukaan Acrylic yang akan diterangi nanti.

2. Mengukir Permukaan Acrylic

Tahap kedua, yang perlu Anda siapkan ialah Gerinda Mini. Sebenarnya untuk alat yang satu ini, sahabat sanggup saja membuatnya sendiri secara manual. Gerinda mini sanggup dibentuk memakai dinamo bekas kendaraan beroda empat mainan. Lalu di belahan ujung dinamonya dipasang berupa amplas atau mata gerinda mini.

Sebelum melaksanakan proses pengukiran, ada baiknya kalau Anda menciptakan gambar di permukaan acrylic nya terlebih dahulu memakai spidol. Apa tujuannya? Hal ini baik supaya Anda gampang dalam proses mengerinda dan mengikuti sesuai jalurnya. Jika sudah, barulah ukir permukaan arcylicnya sesuai dengan rujukan gambar atau abjad yang Anda inginkan .

3. Merekatkan Lampu LED

Selanjutnya ialah proses merekatkan lampu LED dengan kayu/triplek yang berfungsi sebagai dudukan dari Acrylic.Anda sanggup memakai derma lem tembak untuk merekatkannya. Atau mungkin alat semacamnya yang mempunyai daya rekat tahan usang dan kuat.

4. Memasang rangkaian lampu LED ke driver lampu

Beralih ke langkah berikutnya yakni memasang rangkaian lampu LED ke driver lampu. Nah, untuk driver lampuini sendiri ialah sebagai rangkaian elektronik. Anda bisamendapatkannya dengan membeli di toko online atau toko elektronik kepercayaan Anda.

Untuk driver lampu yang dipakai sendiri bukanlah yang mahal. Hanya dengan driver sederhana saja sudah cukup. Maka,hal ini memungkinkan harganya pun niscaya tidak akan mahal. Apalagi kalau Anda tertarik untuk merakitnya sendiri.

5. Menyambungkan adaptor dengan lampu Acrylic

Apabila semua langkah yang dipaparkan diatas sudah selesai, Lampu acrylicnya pun sudah terpasang dengan rapi maka langkah terakhir yang dilarang Anda lewatkan ialah menyambungkan arus DC yang asalnya dari adaptor atau Catu daya ke rangkaian driver lampu LED tadi. Akhirnya Huruf timbul LED Anda sudah selesai.

Karena sebelumnya yang kita gunakan ialah driver elektronik maka tentu saja warna merah dan biru tadi akan secara otomatis berganti warna. Menarik sekali bukan? Cara ini ialah dasar pembuatan abjad timbul dengan lampu hias LED. Anda sanggup mengembangkannya sendiri sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.

C. Tips dan Trik Perawatan :

Jika sebelumnya, Anda sudah yakin bahwa semua peralatan dan perlengkapan yang dipakai untuk menciptakan lampu LED abjad timbul berkualitas bagus ialah suatu langkah yang bagus. Namun, meskipun kualitas materi baik, sesudah selesai membuatnya Anda perlu harus memperhatikan beberapa faktor lainnya yang sanggup menciptakan LED tidak berfungsi.

Bisa jadi ada beberapa hal yang perlu Anda tambahkan. Namun, damai saja jenis perawatannya tidaklah sulit untuk dilakukan. Misalnya untuk abjad timbul yang dipasang di ruangan terbuka atau di luar ruangan, maka sebaiknya Anda perlu melengkapinya dengan alat pelindung menyerupai tudung khusus. Tudung akan menjaga abjad timbul LED dari percikan hujan.

Jangan lupa untuk melaksanakan pencucian 2 ahad sekali atau sebulan sekali juga tidak masalah. Hal ini menghindari adanya abu atau kotoran yang menempel. Cukup pencucian dengan memakai washlap lembab saja. Hindari pencucian memakai cairan pembersih.

D. PENUTUP

Inilah isu lengkap namun singkat mencangkup poin –poin pembuatan goresan pena 3D dengan cahaya lampu yang cantik. Tertarik untuk segera membuatnya? Dengan pengetahuan yang saksama dan ketelitian, niscaya Anda sanggup merancangnya sendiri tanpa harus memakai jasa pembuatan huruf timbul LED.

Metode mudah dan sederhana ini cocok untuk Anda yang masih awam atau pemula. Jika tidak mencoba, kita belum tahu hasilnya. Jika Anda kurang yakin, silahkan untuk dapatkan banyak referensi dan sumber terpercaya secara langsung. Terima kasih sudah menyimak, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel