Inilah Dilema Efek Konkret Dan Negatif Perkembangan Iptek

Apa itu IPTEK?... IPTEK merupakan singktan dari “Ilmu pengetahuan dan Teknologi. IPTEK merupakan sebuah sumber untuk mendapatkan pengetahuan mengenai teknologi. Jadi, pada dasarnya IPTEK merupakan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan teknologi.


Nah bagi orang-orang generasi modern ibarat kita ketika ini, apalagi dengan ditambah kemajuan dunia di bidang teknologi, menciptakan banyak orang berlomba-lomba untuk mempelajari maupun menambah pengetahuan dan wawasan perihal teknologi. Nah meskipun IPTEK dianggap sangat elok dengan banyak imbas konkret yang dimilikinya, namun tak lepas dari itu IPTEK juga mempunyai beberapa imbas negatif loh.

Berikut yakni beberapa imbas konkret dan imbas negatif dari perkembangan IPTEK

Dampak konkret perkermbangan IPTEK

1. Menjadikan insan lebih gampang dalam mencari informasi

Dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat ini, mendapatkan sebuah warta bukan lah suatu hal sulit lagi. Juga tidak perlu untuk berlama-lama menunggu. Contohnya hadirnya internet. Manusia sanggup mengakses warta apa yang sedang dicari ketika itu juga bahkan tidak perlu bergerak banyak. Cukup duduk dan mainkan jari untuk berseluncur di Internet.

2. Memberikan akomodasi insan untuk berkomunikasi

Pada kurun sekarang, berkomunikasi memakai surat sudah sangat jarang sebab dirasa membutuhkan waktu usang untuk tersampaikan dan mendapatkan balasan. Meskipun masih ada yang menggunakannya, namun sebagian besar insan lebih menentukan memakai teknologi yang sudah sangat canggih untuk berkomunikasi. Misalnya memakai sofware aplikasi chat ibarat WhatsApp, Line, Email dan lain-lain.

3. Media sosial

Dewasa ini media umum menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan sebagian manusia. Contohnya orang-orang memakai media umum untuk mengekspresikan diri. Misalnya Instagram, Twitter, Facebook dan lain-lain. Baca Juga : 5 Aplikasi Media Sosial Terbaru, Terbaik dan Terpopular.

4. Sharing file

Dengan adanya teknologi yang semakin mumpuni, mengembangkan file ataupun suatu data bukanlah suatu hal yang rumit lagi. Contohnya orang di Jakarta meminta saudaranya di Bandung untuk mengirimkan gambar-gambar rumahnya. Maka ia tak perlu pergi jauh-jauh ke jakarta, cukup kirimkan melalui komunikasi daring saja sudah sanggup hingga Jakarta.

5. Dampak konkret pada pendidikan dan bisnis

Sudah tak ajaib lagi didengar bahwa banyak bisnis yang diuntungkan dengan berkembangnya teknologi. Misalnya jual-beli via online. Di bidang pendidikan pun demikian. Banyak warta yang sanggup diakses di Internet untuk memudahkan pembelajaran.

Dampak Negatif perkembangan IPTEK

1. Menjadikan orang-orang malas bersosialisasi

Dengan akomodasi yang ada untuk berkomunikasi ketika ini, menyebabkan sebagian besar orang-orang menjadi malas untuk bersosialisasi secara pribadi dengan orang disekitarnya. Baca Juga : 5 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone Saat di Kantor.

2. Banyaknya terjadi penipuan dan cyber crime

Dengan segala akomodasi yang di sanggup berkat perkembangan teknologi, ada juga oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan akomodasi itu untuk melaksanakan tindak kejahatan. Contohnya penipuan, sudah banyak kasus dan korban penipuan. Misalnya penipuan transaksi pembelian via online alias olshop.

3. Cyber bullying

Inilah imbas yang sangat buruk. Banyak yang salah memakai perkembangan teknoligi ibarat media umum untuk melaksanakan agresi bullying. Meskipun awalnya hanya di dunia maya, namun cyber bullying ini sanggup besar lengan berkuasa besar pada kehidupan korban maupun pelaku bullying.

4. Banyaknya konten negatif yang tersebar luas

Meskipun sudah banyak kali pemerintah melaksanakan filtering, namun masih tetap saja banyak konten-konten negatif yang terdapat contohnya dalam internet dan media sosial. Seringkali konten-konten negatif ini muncul bahkan tanpa sepencarian kita. Yang lebih berbahaya apabila konten-konten negatif ini  didapat oleh belum dewasa kecil yang sanggup mensugesti contoh pikirnya.

5. Mengabaikan tuga-tugas maupun pekerjaan

Misalnya pada dunia maya, ketika ini tak sedikit orang yang kecanduan internet dan media sosial. Banyak orang yang membuang-buang waktu untuk berselancar di dunia maya serta mengabaikan tugas-tugas dan pekerjaanya. Ini cukup berbahaya jadi ada baiknya penggunaan teknologi dipakai seperlunya saja.

Baca Juga : Tips Memanfaatkan Teknologi Secara Sehat

Itulah imbas Positif dan imbas Negatif dari Perkembangan Iptek ketika ini. Jika anda inggin tau lebih banyak perihal media sharing warta terkini mengenai Teknologi, dan warta trending ketika ini yang lengkap maka sanggup berkunjung ke situs wisnuanggara.com. Anda akan menemukan aneka macam macam warta perihal Komputer, Android, Media Sosial dan masih banyak lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel