5 Penyebeb Wajah Menjadi Kering

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah tropis, keringnya kulit wajah seringkali menjadi salah satu persoalan yang menyebalkan. Beberapa dari Anda khususnya kawula muda tentu merasa bahwa problematika cukup umur yang satu ini menjadi penekan rasa percaya diri. Pasalnya, kulit wajah kering akan ditandai dengan ciri pori-pori kulit yang mengecil, munculnya kerutan dan retakan pada wajah.

Baca Juga : 5 Tips supaya tidak Jerawatan dengan cara Mudah dan Praktis

Timbulnya rasa gatal, terlihat pengelupasan pada kulit, munculnya warna kemerahan pada kulit wajah, serta adanya rasa ketat pada kulit wajah setelah mandi, berenang, atau mencuci muka. Sebagai tambahan, mereka yang menderita kulit kering kerap terlihat lebih renta dari usia sebenarnya, lho! Menyebalkan, bukan? Lalu, apa sih penyebab wajah jadi kering? Dan apa saja yang harus Anda wapadai semoga terhindar dari kondisi ini?

Berikut ini klarifikasi lengkap penyebab wajah menadi kering :

Apa penyebab utamanya?

Sejatinya, penyebab utama dari kulit wajah yang kering yaitu hilangnya kelembapan pada potongan kulit tersebut. Normalnya, kulit wajah Anda harus menyimpan sekitar 20 – 30% jumlah air untuk tetap lembap. Dalam kondisi ini, wajah Anda akan tetap kencang, bersih, dan muda. Namun, ketika kelembapan pada wajah berkurang drastis, secara terus menerus, persoalan kulit kering akan datang.

Lalu, apa saja yang menyebabkan kelembapan kulit berkurang?

Jawabannya: Bermacam-macam hal. Penyebab yang paling umum yaitu kondisi lingkungan yang terlalu panas. Tak hanya itu, faktor genetis dan umur turut pula menjadi salah satu pemicu kulit menjadi kering. Mau tahu pemicu lainnya? Simak daftar berikut ini :

1. Berendam air hangat

Terdengar aneh? Nyatanya, berendam di dalam air hangat terlalu usang sanggup menjadi salah satu penyebab wajah jadi kering. Tak hanya itu, berendam terlalu usang di sungai atau kolam air hambar juga sanggup menciptakan kulit Anda kering. Kaprikornus buat kalian yang inggin berendam air hangat jangan terlalu usang supaya perubahan pada kulit tidak terjadi.

2. Panas

Tahukah Anda bahwa terpapar panas secara terus-menerus merupakan penyebab paling umum keringnya kulit wajah? Terutama jikalau Anda sering berada terlalu akrab dengan sumber panas, menyerupai tungku pembakaran dan api unggun, yang bisa mengurangi kelembapan kulit wajah dan membuatnya kering.

3. Mandi air panas

Banyak dari Anda yang tidak tahu bahwa mandi dengan air panas apalagi jikalau dalam jangka waktu yang usang sanggup menjadi penyebab wajah jadi kering. Karenanya, di pagi hari Anda lebih disarankan untuk mandi dengan air hambar yang menyegarkan. Berbeda jikalau ketika anda kurang lezat tubuh (Sakit) maka bisa memakai air panas supaya suhu tubuh tetap stabil.

4. Berenang terlalu sering

Sama dengan mandi air panas, berenang terlalu usang dan terlalu sering terutama di kolam renang umum yang mengandung klorin sanggup menciptakan kulit Anda cepat kering. Nah jikalau anda berada di Pantai untuk berenang maka jangan terlalu usang juga supaya Kulit tetap sehat. Baca juga : 7 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

5. Sabun yang bersifat kasar

Biasanya, jenis sabun ini disarankan bagi Anda yang mempunyai kulit wajah berminyak, guna mengurangi kadar sebum di wajah. Hati-hati! jikalau dipakai terlalu sering dalam sehari, sabun jenis ini justru sanggup menjadi penyebab  wajah jadi kering, lho! Gunakan sabun yang sesuai dengan kulit anda dan jangan dipaksakan menggunakannya jikalau tidak cocok.

Perlu Anda ingat, selain kelima faktor umum di atas, kulit wajah yang kering biasanya juga dialami oleh penderita dermatitis atopik, alias eksema. Tak hanya itu, risiko Anda dalam menderita kulit wajah yang kering juga akan meningkat di umur 40 tahun ke atas, atau jikalau Anda tinggal di lingkungan beriklim kering, dingin, panas, dengan tingkat kelembapan yang rendah.

Baca Juga : Cara membersihkan KOMEDO dengan materi Alami dan terbukti Ampuh

Itulah beberapa Penyebab Wajah menjadi Kering dan sedikit Tips menghindarinya. Jika anda inggin mengetahui lebih banyak perihal Kesehatan dan Perawatan Wajah bisa berkunjung ke situs Sehat Indah. Ada banyak Tips Kesehatan yang bisa anda dapatkan dan ada banyak sekali macam Produk Kecantikan yang bisa anda coba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel