Cara Daftar Atau Submit Sitemap Blog (Peta Situs) Ke Google Webmasters Tools

Bagaimana cara submit Sitemap Blog atau Peta Situs supaya Google cepat mendeteksi semua artikel blog yang kita miliki ?... Google merupakan sumber trafik terbesar yang mendatangkan banyak visitor. Sebelumnya sudah berbagi Cara daftarkan BLOG/WEB ke Google Webmaster Tools dengan mudah. Selanjutnya ialah mensubmit sitemap blog supaya goresan pena yang kita buat lebih cepat dikenal google.

Cara submit Sitemap Blog Google di Google Webmaster Tool sebetulnya gampang tetapi banyak blogger pemula tidak mengetahuinya. Artikel ini dibentuk untuk sobat yang gres terjun di dunia blogging biar blog yang dibanggung sanggup menjadi maksimal. Berdasarkan pengalaman langsung saya sebetulnya Google sanggup mendeteksi blog tanpa kita daftarkan ke Webmaster Tool tetapi pendeteksiannya cukup lambat.

Sebelum kita lanjutkan, ada isu terbaru bahwa di blogger sudah sanggup Setting HTTPS untuk Custom Domain Blogger. Jika blog anda masih memakai HTTP maka silahkan rubah terlebih dulu dan caranya sanggup melihat Tutorial yang sudah saya buat. Setelah situs anda sudah ada Gembok berwarna Hijau dan semua susukan melalui HTTPS maka Daftarkan ulang Blog menggunakan https://www.domainanda.com/.

Google Webmaster Tool yang bekerja hanya ada satu, sebelumnya yang terdeteksi memakai http://www tetapi kini yang https://www. Kaprikornus periksalah yang https://www apakah sudah anda masukkan Sitemap Blog (Peta Situs) atau belum. Jika belum silahkan ikuti tutorial yang saya buat ini. Tutorial ini saya buat memakai dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris supaya sanggup sobat sesuaikan.

Cara Submit Sitemap Blog (Peta Situs) 

Langkah 1 : Silahkan anda kunjungi Webmasters Tools dan pilih blog anda (Pilih yang https://www.domainanda.com/).
Langkah 2 : Pilih Crawl (Perayapan), Sitemaps (Peta Situs) ibarat gambar dibawah ini.

Langkah 3 : Untuk menambahkan sitemap silahkan klik di pojok kanan atas yaitu ADD/TEST SITEMAP (TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS). Silahkan klik Test dulu untuk mengetahui ada yang Error atau tidak, kalau sudah OK Masukkan Sitemap dan klik Submit.

Langkah 4 : Masukkan isyarat berikut ini ke kolom Sitemap tadi (sitemap.xml, feeds/posts/default?orderby=updated, atom.xml). Lakukan refresh the page maka akan tampil ibarat gambar dibawah ini.

Dari ketiga isyarat di atas sebetulnya ditambahkan satu saja sudah cukup tetapi untuk lebih meyakinkan lagi silahkan anda masukkan semua. Jika artikel anda masih sedikit yaitu dibawah 100 artikel maka pengindekan hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja tetapi kalau artikel anda banyak Google akan melaksanakan pengindekan selama 24 Jam semenjak anda mendaftarkan Sitemap di Google Webmasters Tools.

Jika anda sudah banyak mempunyai artikel sanggup memakai cara dibawah ini supaya Pengindekan Google lebih cepat.
  • Jumlah artikel kurang dari 500 silahkan anda gunakan isyarat ini : atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500.
  • Jika artikel lebih dari 500 dan kurang dari 1000 maka anda masukkan dua isyarat berikut ini satu persatu : atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  • Jika artikel anda di atas 1000 maka silahkan anda submit kedua isyarat di atas dengan menganti star-index = 1 dengan jumlah max result+1.
Baca juga : Cara terbaru menampilkan BLOG / WEB di Google Halaman Pertama.

Dengan mendaftarkan atau submit sitemap blog ke Webmasters Tools maka blog anda akan semakin SEO daripada sebelumnya. Dengan begitu dimungkinkan semua artikel sanggup bersaing di beranda google. Untuk lebih memantabkan lagi ialah melaksanakan update artikel secara rutin setiap hari. Hasil karya goresan pena sendiri lebih efektif terdeteksi Google dibandingkan anda melaksanakan Copy Paste artikel milik orang lain. Selamat mencoba dan semoga berhasil !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel