10 Aplikasi Google Yang Wajib Dipakai Oleh Blogger

Google merupakan raksasanya mesin pencari. Apapun problem yang sahabat miliki, google punya solusinya. Keajaiban google ini lantas menciptakan para blogger berupaya mendapat hati google biar sanggup tampil di halaman pertama google.

Google sendiri telah menyediakan beberapa aplikasi yang sanggup dipakai bagi para blogger blog untuk mendukung aktifitas mereka setiap hari dalam upaya meraih halaman pertama. Dari banyaknya aplikasi yang disediakan google, terdapat 10 aplikasi pilihan yang sangat-sangat wajib untuk digunakan.

Mungkin bagi para blogger pemula, aplikasi ini masih terdengar asing ditelinga. Namun, bagi para blogger senior, aplikasi ini sudah jadi hal yang wajib dan banyak dipakai untuk menciptakan eksperimen-eksperimen yang bertujuan meningkatkan kualitas blog biar cepat populer.

Apa aja 10 aplikasi tersebut, berikut ini saya rangkum dalam 10 aplikasi google yang wajib dipakai oleh blogger.

1. Google Trends

Bingung mencari keyword dan berita-berita terkenal yang dicari melalui google? sahabat sanggup memakai aplikasi google ini, yaitu Google Trends.

Aplikasi ini sanggup memudahkan sahabat dalam mencari keyword-keyword yang sedang terkenal dipencarian google. Dengan mendapat keyword populer, maka secara otomatis sanggup mendongkrak visitor blog milik sobat.

Sobat sanggup mencari keyword menurut negara yang dituju, itu artinya, aplikasi ini punya filter biar keyword yang dibidik semakin tertarget dengat tepat.

2. Google Keyword Planner

Mungkin aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sobat, dan mungkin hampir setiap ketika sahabat memakai aplikasi ini untuk mencari keyword untuk keperluan artikel postingan sobat.

Pada awalnya, aplikasi ini bukan diperuntukkan untuk para blogger blog, melainkan untuk para pengiklan yang mencari keyword pencarian terbanyak untuk memasang iklan melalui google dengan keyword bidikan.

Namun ternyata, aplikasi ini menjadi terkenal untuk mencari dan melihat statistik keyword tertentu guna meningkatkan visitor blog.

Jika sahabat tertarik, eksklusif aja kunjung google adwords sekarang, GRATIS.

3. Google Webmaster Tools

Aplikasi wajib selanjutnya yaitu webmaster tools atau lebih erat disapa google search console. Aplikasi ini mempunyai banyak fungsi untuk meningkatkan kualitas blog.

Apa saja yang dilakukan blogger di dalam aplikasi ini ? Yang pertama, verifikasi situs ke google webmaster pastinya. Lalu apa lagi ? Yap, submit stemap dan url blog ke google webmaster biar terindex dipencarian google.

Selain itu, aplikasi ini juga sanggup dipakai untuk menghapus URL yang sudah mati atau sahabat hapus dari blog, Melihat status index blog, Melihat struktur blog dan masih banyak lagi.

4. Google AdWords

Pengen masang iklan dipencarian google atau google adsense ? Maka ini yaitu aplikasi yang sempurna untuk sobat. Namun sahabat harus membayar jikalau iklan melaksanakan pemasangan iklan.

Aplikasi ini merupakan salah satu sumber pemasukan milik google dari setiap pengiklan yang memasang iklan melalui google atau jaringan google adsense.

Setiap iklan yang dipasang, akan muncul di google tergantung keyword yang telah dibidik oleh si pengiklan. Atau muncul di dalam blog dalam yang disebut iklan adsense.

Salah fitur yang paling terkenal di dalamnya yaitu google keywor planner yang telah saya jelaskan sebelumnya.

Tertarik promosi web lewat layanan iklan google?

5. Google Adsense

Jika google adword untuk memasang iklan, maka google adsense lah yang menampilkan iklan.

Google adsense yaitu layanan untuk mendapat uang dengan cara menampilkan iklan-iklan di blog sobat. Sobat sanggup memperoleh penghasilan 1juta, 10juta bahkan sampai ratusan juta hanya dari menampilkan iklan di blog.

Sangat menggiurkan bukan ? Ayo daftarkan blog sahabat ke Google Adsense kini juga..

Baca : 5 Kali Daftar Adsense, 4 Kali Langsung Diterima, 7 Hal Ini yang Saya Lakukan

6. Google Alert

Dari 5 aplikasi sebelumnya, mungkin inilah aplikasi yang paling terdengar asing ditelinga sobat.

Saya jelaskan sedikit deh. Google Alert yaitu aplikasi google yang berfungsi untuk memberitahukan bahwa ada artikel gres yang diterbitkan menurut kata kunci yang telah kita masukkan ke google alert. Notifikasi biasanya masuk ke dalam alamat email sobat.

Aplikasi ini mempunyai kaitan secara tidak eksklusif dengan yang namanya backlink, saya yakin sahabat tau apa itu backlink. Setiap blogger niscaya sangat menginginkan backlink yang berkualitas bukan.

Salah satu cara mendapat backlink yaitu berkomentar dan meninggalkan jejak pada sebuah postingan blog lain atau situs lain. Sobat harus menjadi orang yang pertama kali berkomentar biar mendapat backlink maksimal.

Namun, untuk mendapat kolom pertama pada komentar, tentu tidak mudah. Maka, dengan aplikasi google alert, sahabat sanggup melakukannya alasannya yaitu sahabat akan mendapat notifikasi jikalau ada artikel gres yang dipublish sesuai dengan keywor yang sahabat masukkan.

7. Google News

Apakah sahabat seorang blogger yang haus akan berita-berita baru? hehe kalau benar, aplikasi google yang satu ini sanggup menjadi tumpuan buat sobat.

Google news yaitu aplikasi google yang berfungsi sebagai wadah informasi gosip terkini. Disini sahabat sanggup mencari wangsit atau insipari untuk menulis artikel di blog sobat.

8. Google Terjemahan (Google Translate)

Selain untuk menterjemahkan bahasa, google translate sanggup sahabat gunakan untuk menciptakan artikel dalam bahasa inggris. Namun sahabat mesti hati-hati, alasannya yaitu terkadang atau malah seringnya hasil translate malah acak-acakan dan tidak lezat dibaca.

Namun, aplikasi ini patut sahabat coba jikalau sahabat ingin mencicipi sensasi menulis artikel dalam bahasa lain.

9. Google Analytics

Sudah kenal dengan aplikasi google yang satu ini ? Jika belum, yuk kita kenalan dulu..

Aplikasi google analytic secara garis besar berfungsi untuk melihat statistic blog menyerupai melihat jumlah user online ketika ini, jumlah visitor, jumlah pageview blog, dan statistic lainnya yang berkaitan dengan blog sobat.

Jadi, dengan aplikasi ini, sahabat sanggup memantau aktifitas blog kesayangan dengan gampang dan praktis.

10. Google Plus

Mungkin aplikasi ini tidak setenar twitter atau facebook, namun aplikasi ini mempunyai imbas besar dalam mendongkrak visitor blog.

Aplikasi ini mempunyai jutaan pengguna yang tentu sangat berpotensi menghasilkan pengunjung yang banyak ke dalam blog kita. Seandainya sahabat sanggup memaksimalkan penggunaan social media yang satu ini, bukan mustahil blog sahabat cepat populer.

Akhir Kata :
Tertarik memakai 10 aplikasi google di atas?
Semoga artikel ini sanggup bermanfaat buat sobat, terimakasih dan happy blogging :)

Baca : Strategi Jitu Sukses Membangun Blog Dalam 8 Tahap Untuk Blogger Pemula

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel