7 Materi Alami Untuk Melebatkan Rambut

Rambut yaitu mahkota yang penting untuk menunjang penampilan seseorang. Orang bilang, masuk akal saja kalau para laki-laki mengalami kebotakan, namun kalau perempuan ya jangan hingga menyerupai itu. Padahal faktanya, tak semua laki-laki pede dengan kondisi botak. Beberapa tetap berharap bisa punya rambut lebat di kepalanya.

Namun alasannya perkara rambut rontok bukanlah hal yang gampang diatasi, maka ini bisa menjadikan kebotakan atau menipisnya rambut. Ada banyak sekali alasan kenapa rambut seseorang tidak bisa setebal lainnya, bisa jadi alasannya :
  1. Stres.
  2. Terlalu aktif secara fisik.
  3. Ketidakseimbangan hormon.
  4. Kurang gizi, terutama mineral tembaga, mangan, vitamin D, EPA dan DHA.
  5. Polusi.
  6. Alergi.
  7. Salah pakai produk rambut.
  8. Kurang merawat kebersihan dan kesehatan rambut.
  9. Genetik.

Untungnya, cara melebatkan rambut tidak harus mahal. Anda bisa kok menebalkan rambut dengan materi alami. Aneka materi alami untuk melebatkan rambut. Bahan alami untuk menebalkan rambut antara lain sebagai berikut:

1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang penting peranannya dalam menguatkan dan menebalkan rambut. Di dalamnya juga terkandung asam lemak, dan banyak sekali vitamin yang diharapkan untuk pertumbuhan rambut. Tak heran jikalau telur menjadi materi favorit dalam perawatan rambut.

Tidak perlu banyak bahan, begini cara gampang melebatkan rambut dengan telur :
  1. Ambil 1-2 butir telur (sesuaikan dengan panjang rambut), kemudian kocok.
  2. Oleskan telur ke rambut yang sudah dibasahi, dan diamkan selama 30 menit. 
  3. Cuci rambut dengan air hangat dan sampo. Lakukan treatment protein ini 1-2 kali seminggu.
  4. Cara lain yaitu dengan mencampurkan 1 butir kuning telur dengan 1 sdm minyak rambut. Terserah boleh minyak zaitun atau lainnya – dan 2 sdm air. Gunakan adonan ini untuk memijat kulit kepala sebanyak seminggu sekali biar rambut cepat tebal.
  5. Di samping penggunaan luar, telur juga bermanfaat untuk rambut ketika dikonsumsi. Dengan demikian bisa melebatkan rambut dari luar dan dalam.

2. Minyak zaitun

Pemilik tekstur rambut tipis mungkin perlu mencoba minyak zaitun kalau ingin batang rambutnya lebih berisi. Di samping bisa ‘menggemukkan’ tiap helai rambut, minyak zaitun juga sanggup melembutkan dan menguatkannya.

Caranya yaitu dengan memijat rambut dan kulit kepala menggunakan minyak zaitun yang sudah dihangatkan sebelumnya. Biarkan sedikitnya 30-45 menit, kemudian bilas hingga higienis dan keramaslah menggunakan sampo lembut menyerupai biasa. Anda juga bisa membiarkan minyak di rambut semalam-malaman kemudian gres membilasnya pada keesokan hari.

Alternatif lain yaitu dengan mencampurkan dan mengaplikasikan adonan minyak zaitun dengan madu. Diamkan sedikitnya 30 menit sebelum membilas adonan dari rambut.

3. Alpukat

Sifat melembabkan dan menebalkan batang rambut alpukat menciptakan buah ini masuk dalam jajaran materi alami penebal rambut. Belum lagi, kandungan vitamin E-nya yang sanggup menyehatkan batang rambut secara keseluruhan.

Cara melebatkan rambut dengan alpukat cukup mudah, yaitu:
  1. Campurkan 1 buah alpukat dan 1 buah pisang (keduanya yang sudah dilumat hingga lembut), beserta 1 sdm minyak zaitun. Pijatkan masker buah ke kulit kepala, dan diamkan selama 30 menit biar nutrisinya terserap sempurna. Terakhir, bilas dan cucilah rambut menyerupai biasa.
  2. Anda juga sanggup menciptakan masker penghidrasi rambut dengan menuangkan 2 sdm minyak biji gandum (dapat dibeli via online) ke lumatan ½ buah alpukat matang. 
  3. Oleskan masker ini ke rambut yang sudah dicuci bersih, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas.
  4. Terapkan salah satu resep masker alpukat tadi sebanyak 1 kali dalam seminggu.
Baca juga : 7 Khaisat Buah Naga yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

4. Minyak kastor

Memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak kastor (minyak jarak) merupakan salah satu cara melebatkan rambut paling gampang dan praktis. Saking kentalnya tekstur minyak jarak ini, maka seluruh rambut sanggup terlapisi olehnya. Di samping itu, minyak kastor juga mengandung vitamin E dan asam lemak yang sanggup merangsang pertumbuhan rambut.

Cara melebatkan rambut dengan Minyak Kastor :
  1. Panaskan minyak kastor dan minyak kelapa (perbandingan sama) kalau minyak kastor saja terlalu kental.
  2. Oleskan itu ke rambut dan kulit kepala, kemudian pijat-pijat dengan gerakan melingkar.
  3. Sisir sehingga penyebaran minyak bisa merata ke seluruh rambut.
  4. Bungkus rambut dengan handuk yang sudah diuapi air panas.
  5. Diamkan selama sedikitnya 1 jam, kemudian cucilah rambut menyerupai biasa.
  6. Lakukan cara ini 1 kali seminggu.

5. Lidah buaya

Bahan populer lainnya yang sanggup menebalkan rambut yaitu pengecap buaya. Selain sanggup melembabkan, pengecap buaya juga bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit. Cara melebatkan rambut menggunakan pengecap buaya yaitu :
  1. Ekstrak gel dari 1-2 daun pengecap buaya, kemudian gosokkan itu ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sebelum membilas rambut menggunakan air hangat. Lakukan treatment ini 1-2 kali seminggu.
  2. Campur 2 sdt santan segar dengan gel aloe vera dan oleskan ke kulit kepala. Bilas dan basuh rambut sesudah 30 menit.
  3. Anda juga sanggup mengonsumsi 1 sdm jus aloe vera setiap hari dikala perut masih kosong.

6. Biji kelabat

Biji kelabat juga sanggup diberdayakan untuk mencegah rambut rontok sekaligus menebalkan rambut. Cara menggunakannya yaitu :
  1. Rendam 2-3 sdm biji kelabat ke dalam air selama 8-10 jam. Setelah itu, tumbuk biji yang sudah lunak hingga lembut. Kalau mau, tambahkan 2 sdt santan ke dalamnya, kemudian oleskan pasta tersebut ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
  2. Jika dilakukan rutin setiap minggu, resep ini juga sanggup mencegah keringnya kulit kepala.
  3. Pilihan lain yaitu dengan menggunakan air hasil rendaman biji kelabat tadi untuk membilas rambut. Selain merangsang pertumbuhan rambut, air tersebut juga sanggup menghilangkan ketombe. Gunakan air tersebut sebanyak 1-2 kali seminggu.

7. Flaxseed

Belakangan ini keberadaan flaxseed atau biji rami mulai populer seiring dengan melejitnya popularitas chiaseed. Flaxseed mengandung asam lemak omega-3 dan protein yang keduanya sanggup merangsang pertumbuhan rambut secara alami.

Cara melebatkan rambut dengan flaxseed yaitu dengan merendam ¼ cangkir biji rami dalam air semalaman. Keesokan harinya, didihkan flaxseed bersama 2 cangkir air, gunakan air tinggi dan aduk terus-menerus.

Ketika konsistensi air menjadi pekat menyerupai jelly, matikan apinya, kemudian saring gelnya. Anda boleh menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya. Biarkan hambar kemudian pakai sebagai gel rambut, khususnya untuk Anda yang berambut keriting atau berombak.

Alternatif lain yaitu dengan mencampurkan flaxseed ke dalam makanan, atau menggunakan minyaknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel