12 Cara Biar Loading Laptop / Komputer Sanggup Bekerja Dengan Cepat

Bagaimana rasanya ketika sedang banyak Pekerjaan tiba tiba performa atau Loading Laptop anda bekerja dengan lambat. Jengkel dan bisa hilang semua wangsit yang sedang ada di pikiran kita tentunya. Hal ini sering saya alami di ketika asyik menulis tiba tiba kursor tidak bergerak, menulis angka dan aksara juga tidak bisa. Yang awalnya lancar menulis atau mengerjakan sesuatu tiba tiba hilang begitu saja sebab kita disibukkan dengan Laptop yang lambat. Berikut ini akan membagikan pengalaman pribadi wacana Cara biar Loading Laptop sanggup bekerja dengan cepat.

Performa atau cara kerja komputer tergantung dari spesifikasi laptop itu sendiri. Jika inggin semakin kuat dan proses kerjanya cepat maka anda wajib mempunyai Laptop / Komputer yang spesifikasinya baik. Selain itu yang perlu anda perhatikan yakni penginstalan software atau aplikasi yang tidak perlu yang sanggup menghipnotis kinerja laptop. Seperti aplikasi permainan GAME bila sudah tidak digunakan alangkah baiknya di REMOVE saja. Ataupun anda memakai aplikasi yang mengandung Virus sebab mengambil disembarang daerah sehingga proses kerja lambat sebab virus.

Baca juga : Cara Install Bluestacks terbaru di komputer untuk memakai semua Aplikasi Android

Penggunaan Windows juga menghipnotis kecepatan Loading laptop anda. Seperti penggunaan Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 ataupun memakai Windows 11 sangat berbeda pengaruhnya. Jika spesifikasi komputer anda rendah maka saya sarankan anda menginstal Windows XP atau Windows 7 tetapi bila spesifikasinya sudah tinggi anda bisa memakai Windows 10 keatas. Dengan memperhatikan pengunaan windows maka cukup efektif kecepatan Laptop / Komputer anda ketika digunakan.

Berikut yakni TIPS untuk mempercepat Kinerja Laptop / Komputer

1. Memisahkan File System dengan Data Pribadi

Pada ketika melaksanakan penginstalan Komputer anda akan diminta menciptakan Partisi. Pada tahap ini anda harus melaksanakan pemisahan pembuatan Partisi yang biasanya untuk File System mengunakan aksara C sedangkan untuk data Pribadi memakai aksara D atau yang lainnya. Pemisahan tersebut anda bagi total hardisk yang ada, untuk Partisi C anda sesuaikan dengan kebutuhan Software atau aplikasi yang diharapkan nanti. Dengan dibuatkannya partisi khusus ini, drive C: yang memuat file system tidak akan mengalami fragmentasi secara cepat sehingga bisa meminimalisir laptop lemot.

2. Menambah kapasitas RAM dan Hardisk

Menambahkan RAM atau hardisk membutuhkan biaya yang tidak sedikit sebab perangkat komputer yang satu ini membutuhkan dana ratusan ribu. Selain membutuhkan dana yang besar anda juga harus memperhatikan Spesifikasi Laptop / Komputer anda. Jika Spesifikasinya rendah anda paksakan menambah kapasitas Hardisk maka kecepatan Loading laptop akan lambat sebab banyaknya File yang tersimpan di dalam komputer. Mungkin untuk penambahan RAM bisa anda lakukan tetapi untuk menambah kapasaita Hardisk jangan anda lakukan. Untuk File Pribadi silahkan simpan di Hardisk tersendiri.

3. Melakukan Disk Cleanup Secara Berkala

Disk Cleanup yakni proses untuk menghapus file file sementara atau Temporary, File sampah di Recle Bin dengan mudah. Anda bisa melaksanakan Disk Cleanup secara berkala, contohnya satu ahad sekali anda lakukan biar kinerja laptop anda semakin baik. Saran saya jangan lakukan ini setiap hari biar tidak menghipnotis system komputer anda. Cara melaksanakan Disk Cleanup yakni anda buka My Komputer, Pada partisi atau Local Disc C silahkan anda klik kanan, Pilih Propertis paling bawah, Pilih General dan klik Disk Cleanup maka proses berjalan.

4. Melakukan Disk Defragmenter Secara Berkala

Disk Defragmeter yakni melaksanakan penyusunan file anda yang tidak teratur. Disini anda bisa melaksanakan ke Local Disc C dan File Data D. Dengan dilakukan Disk Defragmenter terbukti sanggup juga mempercepat kinerja Komputer anda. Caranya cukup gampang yaitu anda buka My Komputer, Pada partisi atau Local Disc C atau File Data D silahkan anda klik kanan, Pilih Propertis paling bawah, Pilih Tools dan klik Defragment Now maka proses berjalan. Sama menyerupai melaksanakan Disk Cleanup jangan dilakukan setiap hari, saya sarankan anda melaksanakan Disk Defragmenter 2 ahad sekali.

5. Mengatur Program yang sedang berjalan pada StartUp

Mengatur aktivitas yang berjalan pada komputer anda wajib anda lakukan sebab bila banyak aplikasi atau software yang bekerja maka Kinerja komputer akan melambat. Proses kerja RAM akan maksimal bila anda hanya memakai beberapa aplikasi yang penting saja. Bagaimana cara melaksanakan pengaturan aktivitas dengan StartUp, berikut caranya : Tekan Tombol Windows+R - ketik msconfig - Pilih Startup - Klik Open Task Manager - Disable program-program yang anda rasa kurang begitu dipakai. Anda juga bisa eksklusif tekan tombol ctrl+alt+del -  Pilih Task Manager - Disable program yang tidak dipakai.

6. Unistal Program yang tidak terpakai atau tidak penting

Unistal Program komputer yakni menghapus Aplikasi atau Software yang ada di komputer secara permanen. Silahkan anda hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan atau Game game yang tidak sudah tidak dimainkan lagi. Dengan anda memakai sedikit software maka kinerja RAM akan semakin ringan. Apabila anda memakai sewaktu waktu saja maka anda bisa menginstalnya lagi ketika dibutuhkan. Cara unistal Program yaitu klik Start - Pilih Control Panel - Programs (Uninstal a program) - Pilih aktivitas - Klik Kanan - Uninstal/Change.

 7. Menggunakan Aplikasi/software Utilities

Aplikasi Utilities yakni sebuah aplikasi untuk membantu mempercepat kinerja laptop atau komputer hanya dengan sekali klik saja. Aplikasi Utilities banyak macamnya menyerupai tune-up utilities, ccleaner, ncleaner, glary utilities dll. Tiap aplikasi ini mempunyai kelebihan tersendiri baik itu fitur maupun tampilannya, sehingga mempermudahkan pengguna untuk menggunakannya hanya dalam sekali klik. Saya sarankan komputer anda memakai aplikasi ini sebab sama menyerupai handphone anda bila inggin ringan loadingnya ketika digunakan seharian menyerupai saya memakai Super Cleaner.


8. Scan antivirus secara terpola memakai Smadav

Antivirus pada komputer wajib anda pasang biar virus yang tiba dari luar menyerupai Flasdisc tidak sanggup masuk. Terlebih lagi buat anda yang suka bermain internet, sangat rawan ketika anda mengunjungi situs yang sanggup mendatangkan virus ketika anda mendonlowad file disana. Antivirus yang baik digunakan cukup banyak macamnya, saran saya untuk yang standar dan ringgan gunakan Antivirus Smadav. Jika anda tertarik mendapatkannya silahkan baca : Smadav terbaru 2017 Rev 11.3.5 Full Keygen dan lengkap cara Instal.


9. Minimalisir Efek Tampilan pada layar Komputer

Dengan meminimalisir Efek Tampilan maka tampilan layar komputer anda terlihat jadul tetapi cara ini cukup efektif untuk membantu kinerja Komputer anda. Bagi seorang pekerja tampilan layar komputer tidaklah begitu penting cukup memakai gambar logo Perusahaan ataupun Logo Windows sudah cukup. Cara minimalisir Efek tampilan komputer yaitu File Explorer - Klik This PC/My Computer - Klik Kanan, pilih Properties - Klik Advance system setting - Klik Performance - Pilih Adjust for Best Performance/Custom (memilih sesuai pilihan anda) - Klik OK.


10. Menonaktifkan Screen Server pada layar Komputer

Screen Server yakni gambar yang ditampilkan bergerak dilayar komputer pada ketika tidak digunakan atau posisi standby. Dengan anda menonaktifkan Screen Server komputer maka membantu kinerja RAM. Jika inggin tetap menggunakannya maka Gunakan Screen Server bawaan windows yang ringan dan jangan ambil banyak gambar. Berikut cara menonaktifkan Layar Screen Server yaitu Klik Start, Pilih Control Panel, Change The Theme maka akan tampil pilihannya.

11. Menghapus penggunaan Program atau aplikasi yang gres digunakan

Menghapus beberapa aktivitas atau file file yang gres anda buka atau gunakan. Mungkin cara ini banyak orang kurang mengerti apa Fungsinya. Setiap kali kita bekerja di Komputer atau Laptop maka file yang kita buka meninggalkan bekas. Nah file file inilah yang akan kita hapus setiap kali final memakai komputer. Caranya cukup gampang yaitu anda pencet gambar Windows di kyboard komputer anda kemudian tekan R maka akan tampil RUN. Ketikkan Prefetch dan klik OK. Hapus semua File yang tampil menyerupai gambar di atas. Cara ini hampir setiap hari saya lakukan untuk membantu kinerja laptop biar cepat.

12. Klik kanan pada layar dan pilih REFRESH

Cara ini sudah tidak abnormal sebab aneka macam yang menggunakannya. Entah sebab terbiasa atau mengerti fungsi dari Refresh tersebut. Bagi anda yang gres memakai perangkat komputer niscaya sedikit abnormal tetapi dengan cara ini cukup kuat ketika komputer terasa lambat. Setelah melaksanakan pembatalan dengan cara no.11 maka dilanjutkan dengan klik kanan pada layar kemudian pilih Refresh maka kecepatan atau kinerja RAM semakin baik. Ada yang menyampaikan cara ini hanya Mitos belaka tetapi berdasarkan saya ada pengaruhnya walaupun hanya sedikit.

Saran : Untuk mempermudah pekerjaan anda dan biar tidak banyak pengaturan, saya sarankan anda memakai aplikasi untuk membantu meningkatkan kinerja komputer anda. Anda bisa memakai tune-up atau ccleaner untuk menghapus file-file registry dan temporary. Yang lebih simpel lagi yakni lindungi file system di Local Disk C: dengan memakai Deep Freeze, jadi bila laptop anda terasa berat akhir aktifitas browing, mengetik ataupun komputer anda terkena Virus bisa lakukan restart saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel