7 Tahapan Budidaya Ikan Lele Biar Menghasilkan Uang

Ikan lele yaitu jenis ikan air tawar yang gampang dikembangkan dan ikan yang banyak diminati masyarakat indonesia,rasanya yang gurih,dan kaya protein,ikan ini masi jadi ikan kosumsi yang sering kita jumpai dipasar.

Harga jual yang tidak mengecewakan tinggi juga menggiurkan untuk dibudidayakan,saya menulis artikel ini karna saya sudah menjalaninya,awal saya membeli 2000 benih lele,biasa gres pemula,dan hitung2 buat kosumsi sendiri,namun sesudah masuk usia panen hasil yang sangat mengejutkan bagi saya,untuk 1kg ikan berisi 6 ekor.keseluruhan saya sanggup 135 kg untuk ukuran 1kg 6,yang masih kecil juga banyak lgi,135 x 18000 =Rp 2.430.000, saya cukup kaget,ternyata cukup menguntungkan.untuk itu saya membuatkan cara budidaya yang baik dan benar biar sanggup menghasilkan uang.
Adapun tahapanya yaitu:

1. PEMILIHAN BENIH BERKUALITAS

Badan pada ikan lele yang balance, ialah ikan lele yang bermutu. Hingga dari itu, Kamu butuh mencermati antara dimensi kepala danbadan pada ikan lele tersebut.

Ukurannya wajib balance. Tidak hanya itu, Kamu pula butuh memilah ikan lele yang gerakannya lincah serta sungut berseri alias tidak pucat, pula corak tubuh yang mengkilap. Ini mengambarkan kalau ikan lele tersebut ialah ikan yang tidak cacat.

Kita pula butuh mencermati tingkah laris pada ikan lele tersebut. Ikan lele yang baik ataupun bermutu merupakan ikan yang tidak bangun ataupun menggantung kala terletak di dalam air. Dengan kata lain, ikan lele yang aktif ialah ikan lele yang bermutu.

2. PERSIAPAN KOLAM DAN AIRNYA

Awal, isi kolam dengan air higienis yang tidak bercampur dengan limbah apapun. Isilah hingga air menggapai ketinggian akrab 60 centimeter.

Berikutnya, siapkan pupuk sangkar semacam kotoran kambing ataupun domba. Masukan pupuk tersebut ke dalam karung. Bagilah pupuk jadi 2 bagian.

Sehabis pupuk dipecah jadi 2 bagian, hingga taruh kedua karung tersebut ke dalam kolam dengan keadaan pupuk masih terletak di dalam karung tersebut. Kamu sanggup meletakkan karung di bab pinggir ataupun tengah kolam. Nantinya, karung tersebut hendak bergerak serta mengambang leluasa di permukaan kolam.

Seminggu sesudah itu, celupkan karung kesekian kali semacam membuah the kemudian angkatlah kedua karung tersebut. Memakai metode celup ini supaya pupuk tersebut sanggup terserap total oleh air.
Buat dua kolam terpisah untuk calon pemindahan soertasi,agar jumlah benih yang dimasukkan tidak jauh berkurangnya,

Nah, ketika sebelum Kamu menebarkan benih lele ke kolam, masukkan kantong benih lele kedalam kolam tanpa dibuka sepanjang 5 menit supaya temperatur dalam kantong serta kolam normal, kemudian buka kantong, serta miringkan sdikit supaya air kolam masuk kedalam kantong, serta perkenankan benih keluar dengan sendirinya.

3. PENGGANTIAN AIR KOLAM

Jalani pengantian air kolam bertahap, 2 ahad awal jalani penguranganair kolam 70%. Ingat jangan sangat habis, metode prnguranganya juga wajib diselingi pengisian kembali, sehabis 2 ahad awal jalani 1minggu sekali secara teratur, supaya isi oksigen dalam kolam senantiasa terpelihara.Dan jangan lupa tuangkan em4 dan pupuk dolomite secukupnya.

Kamu boleh saja menaikkan air kolam, tetapi dengan catatan kalau benih lele telah diberi makan.setidaknya 2 jam sesudah makan, Serta jalani akumulasi air secara bertahap.

4. TAHAP PEMBERIAN PAKAN

Perihal berarti berikutnya ialah member santapan. Kamu sanggup member pakan lele berbentuk pellet, keong mas, plankton, cacing ataupun yang yang lain.
Tahapan proteksi pakan juga harus ssngat diperhatikan,untuk usia benih pakan haruslah yang berprotein tinggi. Hi-pro-vite,untuk pakan ini anda sanggup mrmberikan Hi-pro-vite 888 pada awal benih disebar,setelah 2 ahad naikkan ke HI-pro-vite 999,dan 2 ahad seterusnya lanjut ke hiprovite min 1,2,3, tergantung ukuran ikan.
Karna harga pakan Hiprovite cukup mahal anda sanggup memberi pakan selingan,seperti ampas tahu ,magot, ayam tiren yang sudah dibakar.dan lain lain.agar lebih menghemat biaya pakan.

5. JADWAL PEMBERIAN PAKAN

Hal sepele lainya ialah jadwal proteksi pakan,ini perlu diperhatikan,karna ikan juga punya perkembangan waktu,untuk pembesaran tubuh,
Dalam membagikan makan juga pula terdapat mekanisme waktunya. Berilah pakan lele 3 hingga 5 kali dalam satu hari , pada waktu pagi jam 7-8 dan siang hari jam 12 kemudian beri pakan selingan disore hari.dan makan malam jam 10-11 malam,nah pada makan malam anda sanggup memberi pakan yang lebih banyak karna malam masa perkembangan yang baik,Hendaknya, dalam membagikan pakan, sehabis matahari terbit supaya polusi yang mencemari air sirna dulu terjangkit cahaya matahari.




1. Diabetes amis ini oabtnya
2. Tanda anda tidak sehat dari jerawat
3.apa itu angin duduk
Bila terjalin hujan, hendaknya jangan membagikan pakan, alasannya sanggup menciptakan pencemaran zat asam pada pakan nantinya. Pakan yang tercemar, sanggup mengusik kesehatan lele. Tunggulah hujan reda, gres lele sanggup kita beri pakan.

6. SORTASI 

Terkadang ada yang bertanya "mas saya masukkan benih 5000,namun sesudah masuk waktu panen kok banyak yang hilang tinggal setengah dari awal.nah hal ini terjadi karna tidak dilakukanya sortasi,

Sebenarnya rumit namun bila kita yakin perjuangan yang benar tak akan membohongi hasil,setelah benih ditebar ada hal yang paling rumit,yaitu sortasi,untuk sortasi harus 2x dilakukan,pertama 3 ahad peetama dan 1 ahad sebelum panen.agar pertumbuhan benih merata.agar benih yang kecil tak kalah makan dari benih yang besar ukuranya,dan biar menjaga kanibalisme.

7. TAHAP PEMANENAN

Biasanya bila langkah diatas sudah kita terapkan dalam waktu 2 bulan niscaya sudah membuahkan hasil.tinggal masuk masa panen.perlu diingat mitra bila hendak panen jangan diberi pakan,karna ketika pengurasan pakan akan dimuntahkan.lagi pula bobot akan enteng.karna pakan mengandung oksigen.
Lebih baik diberi pakan 6 jam sebelum panen.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel