Pengertian Kista,Kista Ovarium,Kista Payudara

Kista merupakan tonjolan di dasar kulit yang berisi cairan, hawa, ataupun zat padat semacam rambut. Tonjolan ini sanggup berkembang di potongan tubuh mana juga, serta disebabkan oleh bermacam aspek, semacam peradangan, radang, ataupun generasi.


Indikasi Kista

Indikasi utama kista merupakan tonjolan yang berkembang pada potongan tubuh tertentu, yang posisinya bergantung kepada tipe kista yang dirasakan. Tonjolan sanggup berkembang di wajah, leher, dada, punggung, kulit kepala, telapak tangan, serta telapak kaki.

Dimensi tonjolan sangat bermacam- macam, serta sanggup diiringi beberapa indikasi berikut:

Kemerahan di kulit erat zona kista.
Keluar darah ataupun nanah berbau tidak nikmat dari tonjolan.Peradangan yang merangsang perih pada kista.Kaku ataupun kesemutan, paling utama pada potongan tubuh yang ditumbuhi kista.
Mual serta muntah.
Demam.
Pusing.

Pemicu Kista

Bergantung kepada tipenya, kista sanggup tercipta akhir peradangan, penyumbatan, radang yang terjalin dalam jangka panjang, ataupun alasannya penyakit generasi. Di dasar ini hendak dipaparkan pemicu kista bersumber pada jenis kistanya

Kista ovarium

Semacam namanya kista ovarium ialah tonjolan berisi cairan yang tercipta di dalam ataupun di permukaan ovarium( indung telur). Pada biasanya, kista ovarium tidak memunculkan indikasi apapun, apalagi sanggup lenyap dengan sendirinya tanpa butuh diatasi. Hendak namun, kista ovarium yang meningkat besar sanggup memunculkan perih pada panggul, punggung potongan dasar, serta paha.
Kista ovarium sanggup menghambat proses terjadinya pembuahan pada sel telur,kista juga salah satu penyakit kandungan yang banyak kaum hawa tidak menyadarinya.

Kista ovarium biasanya terpaut dengan siklus haid. Tetapi pada permasalahan yang tidak sering terjalin, kista ovarium sanggup timbul akhir perkembangan sel yang tidak wajar.





Kista Baker

Kista Baker atau kista popliteal merupakan tonjolan berisi cairan yang tercipta di balik lutut. Tonjolan ini sanggup memunculkan perih ketika menekuk ataupun meluruskan tungkai, dan menjadikan gerakan pengidapnya jadi terbatas.

Kista Baker diakibatkan oleh penimbunan cairan sendi( sinovial) di balik lutut. Penimbunan cairan ini sanggup dipicu oleh peradangan pada sendi lutut, ataupun luka lutut.

Kista celah brankial

Kista celah brankial merupakan penyakit bawaan lahir yang diisyarati dengan timbulnya tonjolan pada salah satu ataupun kedua sisi leher anak. Tonjolan pula sanggup berkembang di dasar tulang selangka. Keadaan ini terjalin pada ahad kelima pertumbuhan bakal anak.

Kista celah brankial terjalin kala jaringan yang membentuk kerongkongan serta leher tidak tumbuh secara wajar. Dampaknya, tercipta celah pada salah satu ataupun kedua sisi leher.

Kista epidermoid

Kista tipe ini diisyarati dengan tonjolan kecil, keras, bercorak kuning kecoklatan, serta berisi cairan kental berbau. Tonjolan tersebut berkembang di dasar kulit secara lama- usang serta bertabiat jinak Kista epidermoid sanggup berkembang di kepala, leher, wajah, punggung, serta zona kelamin.

Kista epidermoid diakibatkan oleh penimbunan keratin( protein pembuat rambut, kulit serta kuku) di dasar kulit. Apabila terinfeksi, kista sanggup memerah, membesar serta terasa perih.

Kista ganglion

Kista ganglion ialah tonjolan berisi cairan di sejauh tendon( jaringan penghubung otot serta tulang), serta persendian. Tonjolan biasanya berkembang di lengan serta pergelangan tangan, tetapi sanggup pula berkembang di kaki serta pergelangan kaki.

Kista ganglion diakibatkan oleh penimbunan cairan, akhir osteoartritis dan luka di tendon ataupun persendian. Hendak namun, pada banyak permasalahan belum dikenal apa yang menjadikan penimbunan cairan tersebut.

Kalazion

Kista kalazion ialah tonjolan ataupun pembengkakan di kelopak mata, yang sanggup terjalin di kelopak mata atas, kelopak mata dasar, ataupun keduanya. Kalazion pula sanggup terjalin pada salah satu mata ataupun kedua mata.

Kalazion diakibatkan oleh penyumbatan pada kelenjar meibom ataupun kelenjar minyak di kelopak mata. Apabila terjalin peradangan, kalazion hendak membesar serta memunculkan perih. Pada sebagian permasalahan, kalazion sanggup menjadikan hambatan penglihatan.

Mucocele

Mucocele ialah tonjolan berisi cairan yang tercipta di bibir ataupun di erat mulut. Pada biasanya, kista berkembang di bibir potongan dasar, tetapi sanggup pula berkembang di potongan mana juga di dalam mulut.

Mucocele terbentuk kala kelenjar saliva ataupun ludah tersumbat oleh lendir. Meski kista ini tidak memunculkan perih serta cuma terjalin sedangkan, namun sanggup jadi permanen apabila tidak ditangani.

Kista payudara

Kista payudara ialah tonjolan berisi cairan, yang sanggup berupa lingkaran ataupun lonjong. Perempuan sanggup memiliki satu kista ataupun lebih, pada satu ataupun kedua buah dada. Tonjolan biasanya lunak, tetapi kadangkala pula sanggup teraba padat. Kista buah dada diakibatkan penimbunan cairan di dalam kelenjar buah dada.

Kista pilar

Kista pilar ataupun kista trikilemal diakibatkan oleh penimbunan keratin pada folikel rambut. Tonjolan pada kista pilar berupa bulat, teraba padat, dengan corak seragam corak kulit. Walaupun sanggup berkembang di potongan tubuh manapun, kista pilar biasanya berkembang di kulit kepala.

Kista pilonidal

Kista pilonidal ialah tonjolan di potongan atas belahan bokong. Tonjolan ini biasanya berisi rambut serta kotoran, serta memunculkan perih. Apabila terinfeksi, kista pilonidal sanggup menghasilkan nanah serta darah, diiringi busuk tidak nikmat.

Pemicu kista pilonidal belum dikenal secara tentu. Tetapi, tonjolan diprediksi berkembang akhir rambut di zona belahan bokong menembus kulit. Sistem imunitas tubuh hendak menyangka rambut bagaikan barang asing, serta merangsang tumbuhnya kista.

Kista aterom

Kista aterom ataupun kista sebaseus merupakan tonjolan berisi cairan yang ditemui di wajah, leher, dada, serta punggung. Tonjolan berkembang lama- usang serta bertabiat jinak, namun sanggup memunculkan perih apabila tonjolan membengkak.

Kista aterom diakibatkan oleh penyumbatan pada kelenjar minyak( sebaseus), ataupun pada duktus( jalan masuk pengeluaran minyak dari dalam badan). Kista pula sanggup berkembang akhir kehancuran sel pada ketika pembedahan, ataupun akhir aspek generasi semacam sindrom Gardner.

Jerawat kista

Jerawat kista ialah jenis jerawat yang tercipta dari adonan kuman, minyak, serta sel kulit kering yang terperangkap di pori- pori. Jerawat kista biasanya berdimensi besar semacam bisul, berisi nanah, serta perih apabila dijamah.

Jerawat kista sanggup terjalin pada seluruh orang, namun lebih kerap dirasakan oleh orang dengan kulit berminyak, serta hadapi ketidakseimbangan hormon. Tidak hanya di wajah, jerawat kista sanggup berkembang di leher, bahu, dada, punggung, lengan, serta balik kuping.

Penangkalan Kista

Walaupun pada biasanya kista tidak sanggup dicegah, tetapi sebagian tipe kista sanggup dihindari. Bagaikan contoh, wanita dengan kista ovarium sanggup menghindari terjadinya kista gres dengan minum pil KB. Kalazion sanggup dicegah dengan mensterilkan kelopak mata menggunakan pembersih yang lembut. Sebaliknya kista pilonidal sanggup dicegah dengan melindungi kulit senantiasa kering serta bersih, dan tidak duduk sangat lama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel