Cara Tanam Hidroponik Dan Jenis Sayur Mayur Hidroponik

Ada banyak cara mudah membuatkan perjuangan perkebunan sayur mayur anda,antara lain yaitu dengan cara media tanam polibacg,lahan luas atau hidroponik,apa itu hidroponik? Hidroponik ialah menanam tanpa menggunakan media tanah,hanya memanfaatkan air untuk mngembangbiakan suatu tumbuhan dengan memberi nutrisi yang diperlukan tanaman.

Media tanamnya berbentuk air serta kebun hidroponik sanggup disusun dalam wujud vertikal. Ingin ketahui gimana menanamnya? Di dasar ini terdapat 8 langkah ataupun metode mudah menciptakan kebun flora hidroponik sendiri di rumah, cobain ayo!

1. Siapkan perlengkapan serta bahan

Buat menciptakan kebun hidroponik, bahan- materi yang butuh kalian siapkan merupakan:


  • Paralon dengan diameter 3 inch
  • Pipa penyambung serta epilog paralon
  • Gergaji
  • Gelas plastik( pakai sisa kemasan air mineral)
  • Perlengkapan solder
  • Perlengkapan bor
  • Selang


Setelah seluruh perlengkapan serta materi siap, ayo ikuti langkah- langkah pembuatan selanjutnya.

2. Lubangi paralon seukuran gelas plastik

Awal, potong paralon dengan panjang yang kalian mau. Sesuaikan dengan zona pekarangan ataupun kebun yang mau kalian buat.
Sehabis dipotong- potong, lubangi permukaan paralon seukuran gelas plastik. Beri jarak 15- 20 centimeter antar lubang supaya flora nantinya gak silih menghimpit.
Jalani proses pelubangan ini pada seluruh paralon yang telah terpotong. Sehabis dilubangi, pasang tutup paralon pada kedua ujung.

3. Seleksi tata cara pengairan

Menanam secara hidroponik mempunyai 2 opsi tata cara pengairan. Awal merupakan tata cara sumbu, cuilan dasar gelas plastik diberi sumbu ataupun kain sisa dengan energi serap besar kemudian dicelupkan ke air.
Kedua, metode drip system yaitu dengan mengalirkan air gres secara terencana supaya perputaran oksigen serta metabolisme dalam flora berjalan dengan baik.

4. Pasang pompa air jikalau memilah metode drip system

Bila memilah metode drip system, kalian butuh mempersiapkan pompa akuarium serta baskom penampung air. Lubangi salah satu epilog pada tiap- tiap paralon, kemudian pasang selang mengarah ke embrae ipasang di dalam baskom buat mengalirkan air ke masing- masing paralon menggunakan selang. Kalian gak butuh menyalakan pompa tiap dikala, tidak mengecewakan 1- 2 kali satu hari masing- masing pagi ataupun sore.

5. Susun gelas plastik pada lubang- lubang paralon

Sehabis paralon serta tata cara pengairan siap, tata gelas plastik pada tiap- tiap lubang. Tinggalkan satu lubang buat memasukkan pupuk cair nantinya.
Jangan kurang ingat melubangi cuilan pantat gelas plastik dengan dorongan perlengkapan solder. Buat sebagian lubang kecil buat jalan keluar- masuk air.

6. Letakkan bibit flora di atas spons

Sehabis gelas tertata apik, letakkan spons di cuilan dasar. Supaya apik, potong spons dengan wujud serta dimensi menjajaki gelas. Media tanam telah siap! Kalian sanggup pribadi meletakkan bibit- bibit flora di atas spons.

7. Gak seluruh tipe flora sanggup ditanam secara hidroponik lho!

Buat kebun hidroponik nyatanya mudah serta seru, kan? Tetapi tunggu dahulu, gak seluruh tipe flora sanggup ditanam secara hidroponik.
Cuma sebagian flora tertentu yang sanggup berkembang dengan tata cara tanam ini, sebagian besarnya merupakan sayur- mayur hijau. Contoh flora hidroponik merupakan sawi hijau, selada air, pokcoy,kangkung,dan strawbery.

8. Beri pupuk cair secara teratur pada tanamanmu

Tumbuhan hidroponik pula perlu nutrisi bonus berbentuk pupuk cair. Kalian sanggup membelinya di toko Istimewa peralatan perkebunan serta pertanian, ataupun buatnya sendiri dari materi natural.
Pupuk cair ini dimasukkan melalui salah satu lubang pralon yang gak diisi gelas plastik serta tumbuhan. Masing- masing brand pupuk cair mempunyai ketentuan gunakan tiap- tiap, yakinkan kalian membaca dengan teliti ketika sebelum memakainya.
Untuk pupuk cair yang kita butuhkan,kita sanggup mencarinya ditoko pertanian,dari yang cair organik n cair kimia niscaya ada tapi biasanya lebih banyak yang organik,untuk yang kimia kita sanggup mengaplikasikan sendiri dengan melarutkan pupuk kimia dengan dosis yang pas dan tidak berlebihan,agar tumbuhan kita tidak mati.
Baca juga:
1. Penyebab jantung sakit
2.kosumsi daun ini jantungmu sehat.
3.khusus laki-laki daun jarak sanggup dicoba
Ayo, cobain buat kebun hidroponikmu sendiri di rumah. Dapat panen sayur- mayur sehat sendiri, lho! Nah sesudah kita bahas persiapan tumbuhan hidroponik kini kita akan mengetahui tumbuhan apa saja yang sanggup diaplikasikan di media hidroponik.tidak semua tumbuhan sanggup di aplikasikan kemedia tanam hidroponik lo.ne ada tumbuhan apa sajakah yang sanggup kita tanam:

1.kailan

Di restoran- restoran, kailan yang masih kecil sering dijadikan kuliner andalan.
Rasanya enak alasannya ialah mempunyai tekstur yang renyah serta pula lembut di dikala bertepatan.
Kailan juga nyatanya sanggup dibudidayakan bagaikan flora hidroponik.
Media tanam yang sanggup dipakai juga sanggup apa saja.Misalnya botol sisa, gelas air mineral, ataupun juga pipa paralon berdimensi besar.

2. Selada

Selada ialah sayur- mayur yang kilat berkembang serta pula mudah buat ditanam.
Itu kenapa selada sesuai buat dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik yang sederhana.
Biarpun ditanam dengan media yang sederhana, hasil yang sanggup dipanen sanggup sangat bermutu.
Biasanya bibit selada hendak mulai berkembang sehabis 2 ahad penanaman.

3.kangkung

Kangkung yakni salah satu tipe sayur- mayur yang sangat universal disantap warga Indonesia.
Tidak hanya rasanya yang lezat, nutrisi yang tercantum di dalamnya juga baik buat badan.
Nyatanya, kangkung yang umumnya dibudidayakan dalam jumlah besar pula sanggup jadi flora hidroponik serta dibesarkan di rumah.

4.Daun seledri

Daun seledri merupakan salah satu tumbuhan yang sanggup ditanam di media hidroponik.daun seledri sendiri salah satu tumbuhan yang sanggup hidup media air tanpa adanya tanah,hanya saja perawatan daun seledri cukup extra,karna tumbuhan ini sangatlah sensitif.Dalam media hidroponik jenis tanamam ini sanggup cepat berkembang apabila sesudah melewati 2 mingggu awal penanaman.

5. Sawi

Sawi ialah salah satu tumbuhan yang sangat mudah ditanam dimedia apa saja,dimedia tanah,atau pun media hidroponik. Sawi salah satu jenis sayuran yang sangat banyak diminati oleh masyarakat indonesia.sejatinya para petani sawi diberbagai kawasan diindonesia sudah banyak mengaplikasikan media hidroponik,karna mudah dan cepat perkembanganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel