Cara Gampang Menciptakan Blog Bagi Pemula

Mastimon.Com - Cara menciptakan Blog memakai akomodasi Google sangatlah mudah. Blogger yaitu platform yang disediakan Google dan sanggup dipakai secara Gratis. Kita cukup membeli Domain maka sudah mempunyai situs sendiri.


Syarat utama menciptakan Blog di Blogger yaitu mempunyai akun Gmail. Email tersebut anda sanggup membuatnya secara Gratis memakai data pribadi. Data tersebut menyerupai Nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat dan no Handphone.

Cara menciptakan Gmail

Tahap pertama silahkan masuk ke Gmail.com, isi data First Name (Nama Depan), Last Name (Nama Belakang), username (alamat Email yang di ingginkan), Password (Isi dua kali berulang) kemudian Klik Next. Isi no Handphone anda dan Finish.

Membuat Email di Gmail tersebut sanggup anda lakukan melalui Komputer ataupun Smartphone. Pastikan nomor HP yang dipakai aktif. Jika nama yang akan kita gunakan tidak sanggup maka kombinasikan namanya dengan angka.

Cara menciptakan Blog di Blogger

Setelah mempunyai Gmail maka tahap selanjutnya yaitu menciptakan Blog memakai Platform Blogger. Silahkan masuk ke Blogger.com dan klik Create Your Blog. Isi judul Blog (Nama Blognya), isi Alamat Blog yang di ingginkan menyerupai mastimon.blogspot.com. Terakhir pilih Template yang tersedia kemudian klik Buat Blog.

Cara gampang menciptakan Blog Pada tahapan ini sudah berhasil dibentuk tetapi tampilannya masih sederhana alasannya yaitu memakai Tema bawaan Blogger. Untuk mempercantik tampilan kita perlu memahami HTML atau sanggup juga memakai Template yang sudah jadi.

Mempercantik Tampilan Blog

Untuk mendapat hasil tampilan Blog yang menarik anda sanggup memakai Template Viomagz menyerupai Blog ini. Untuk mendapatkannya cukup gampang anda sanggup eksklusif membeli ke Pemiliknya melalui link ini : Template VioMagz.

Upload Template dengan file XML melalui Theme / Tema, Klik di pojok kanan atas yaitu Backup / Restore. Klik Browse dan cari file XML template tersebut, terakhir klik Upload. Tampilan Blog akan berubah sesuai Tema yang kita gunakan.

Untuk merubah Warna dan ukuran font dalam postingan artikel anda sanggup melalui Theme >> Customize. Pilih saja hidangan bab mana yang akan dirubah dan kalau sudah selesai kemudian klik Terapkan. Selain itu anda juga sanggup melaksanakan perubahan melalui Edit HTML.

Cara membeli Domain

Domain yaitu sebuah nama Blog dimana kita sudah memakai nama pilihan sendiri tanpa embel embel blogspot. Contoh mastimon.blogspot.com menjadi . Anda sanggup membelinya secara eksklusif di Google tetapi sanggup juga melalui situs lain penyedia Domain.

Untuk cara pengaturan DNS dan lain lain silahkan anda pelajari melalui Tutorial ini : Cara merubah Blogspot menjadi .com. Domain ini tidak Gratis dan biasanya dikenakan biaya pertahun sekitar 100 ribu lebih. Ada yang murah hanya 15 rb dan ada juga yang mahal hingga dengan 250 rb pertahun.

Hosting bagi Pengguna Wordpress

Buat anda yang memakai platform WP (Wordpress) maka selain Domain juga perlu Hosting. Tidak menyerupai Blogger yang disedikan secara Gratis alasannya yaitu para pengguna WP harus menyewa Hosting sendiri.

Ada banyak situs yang menyediakan Hosting tetapi anda harus menentukan yang terbaik. Dengan menentukan Wordpress Hosting Terbaik maka sanggup dipastikan situs kita tidak mengalami Down atau tidak sanggup di akses.

Kesimpulan

Untuk anda yang masih Pemula dalam menciptakan Blog sanggup memakai akomodasi Blogger untuk belajar. Selain Gratis Hosting juga cara penggunaannya cukup mudah. Jika sudah dirasa cukup ilmu dan modal silahkan mencoba akomodasi Wordpress.

Kedua platform tersebut mempunyai Kelebihan dan Kelemahan masing masih. Kita sanggup memakai sesuai dengan kebutuhan dan fungsi situs tersebut. Jika masih binggung anda sanggup melihat Tutorial Youtube cara menciptakan Blog yang ada dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel