Bahaya Main Hp Android Dikala Hujan Petir Dan Inilah 5 Tips Aman

Hujan deras disertai adanya angin dan petir memang bisa sangat menakutkan. Apalagi ada sejumlah isu yang memperingatkan waspada bermain HP, laptop, komputer, televisi ataupun perangkat elektronik yang lainnya ketika hujan petir. Mengapa? Bahaya tersebut dibuktikan dengan adanyakejadian yang menewaskan beberapa orang lantaran mereka bermain Android hingga tersambar petir.

Pada dikala cuaca jelek terjadi, memang ada beberapa hal yang dihentikan dilakukan. Kemungkinan termasuk menyalakan perangkat elektronik, wifi dan semua hal yang bekerjasama dengan listrik.  Sebenarnya, jawaban tersambar petir bukan hanya menciptakan kerusakan pada properti, bangunan, ataupun HP itu sendiri yang bisa konslet. Yang paling ancaman yakni hingga kecelakaan pada manusia.

Anda niscaya tidak menginginkannya bukan? Untuk itu, pada pembahasan kali ini kita akan cari tahu apa kaitan antara bermain perangkat elektronik dengan tersambar petir? Dan apa yang perlu kita lakukan untuk terhindar dari dampak jelek hujan petir tersebut? Selengkapnya silahkan simak informasi berikut ini.

Bahaya main HP Android dikala Hujan Petir

Meurut Penelitian dan Fakta

Sebuah jurnal yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration atau NOAA menjelaskan beberapa faktor utama yang bisa mempengaruhi lokasi kawasan yang lebih banyak didominasi bisa tersambar petir. Hal ini meneguhkan ancaman memakai ponsel ketika cuaca sedang jelek yakni hujan dengan petir.

Faktor faktor penyebab tersebut diantaranya yakni dipengaruhi oleh ketinggian, bentuk bangunan yang runcing dan isolasi yang bisa menjadi faktor lebih banyak didominasi terjadinya sambaran petir. Nah, dari Handphone sendiri terdapat yang namanya komponen logam.

Komponen logam tersebut memang ada yang bisa menangkap  sinyal menyerupai gelombang elektromagnetik hingga menghasilkan yang namanya medan magnet. Namun, meskipun demikian bergotong-royong kandungan logam dalam HP tersebut tidaklah bisa untuk memicu terjadinya sambaran petir.

Baca Juga :

Seorang peneliti di bidang perubahan cuaca berkomentar bahwa benda logam kecil menyerupai halnya embel-embel atau barang lainnya bukanlah penyebab petir menyambar ke area tersebut. Orang orang yang tersambar petir bergotong-royong sedang berada di kawasan dan waktu yang salah. Seperti berada di luar ruangan dan atau kawasan tinggi yang sanggup memicu sambaran petir.

Tokoh terkemuka profesor kedokteran juga mengemukakan hal serupa. Dalam hal ini sambaran petir bisa menghantui orang orang pengguna ponsel sebagai mitos yang dipercayai kebenarannya. Padahal menurut penelitian dan fakta yang ditemukan jawaban sambaran petir bukanlah berasal dari penggunaan perangkat elektronik.

Bahkan penggunaan Handphone Android atau smartphone dilansir lebih kondusif dibandingkan penggunaan telephone rumah atau telephone kabel yang memiliki potensi untuk menghantarkan listrik dikala petir dalam posisi menyambar.

Tips Supaya Aman Tidak Tersambar Petir

1. Masuk ke dalam bangunan

Hal yang pertama yang perlu kita lakukan yakni mencari kawasan untuk berlindung. Khususnya ketika Anda mungkin sedang berada di luar ruangan. Tempat berlindung yang sebaiknya Anda pilih yakni bangunan dengan gedung, toko maupun rumah. Hindari mencari kawasan berlindung dibawah pohon , lantaran seringkali dalam beberapa situasi petir menyambar pohon.

2. Jangan berjalan kaki tanpa ganjal kaki

Apabila kita berada di dalam ruangan, maka tidak problem kalau kita tidak memakai ganjal kaki. Namun, patut untuk jadi perhatian yakni selalu gunakan ganjal kaki ketika Anda akan keluar ruangan. Mengapa? Sebab bisa saja petir menyambar dengan cepat di tanah kawasan kita berpijak. Berjalan tanpa ganjal kaki bisa menciptakan kita tersambar dari dalam tanah.

3. Jangan berenang

Berenang yakni olahraga yang sangat menyenangkan. Tapi tidak halnya ketika cuaca sedang jelek atau bahkan hujan petir. Sebaiknya hentikan aktivitas berenang Anda. Mengapa demikian? Sebagaimana yang kita tahu air sifatnya menghantarkan arus listrik jadi bisa saja sambaran petir bisa menyambar lewat air.

4. Jangan gunakan telepon kabel atau rumah

Saat adanya petir yang menyambar sebaiknya jangan gunakan telpon kabel atau telpon rumah. Sebagaimana yang sudah kita bahas telpon rumah bisa lebih berbahaya dari pada penggunaan ponsel. Untuk lebih aman, sebaiknya memang Anda tidak perlu memakai perangkat elektronik apapun kalau tidak benar benar mendesak.

5. Jauhi kawasan terbuka

Saat Anda sudah melihat tanda tanda hujan lebat dengan kilatan petir, sebaiknya Anda menjauhi kawasan tempat terbuka menyerupai halnya taman, lapangan, sawah. Umumnya petir juga akan mencari tanah untuk melepaskan energinya. Sesuai dengan poin pertama dalam tips ini carilah bangunan yang kondusif menyerupai rumah atau toko.

Lihat Juga : Pakiqin.Com | Blog informasi perihal Android

Inilah uraian singkat seputar informasi terkait kekerabatan antara penggunaan barang elekronik dengan petir yang bisa saja menyambar. Anda kini sudah mengetahui dengan terperinci apa bahayanya bermain HP, Laptop, komputer dan televisi di dikala hujan dan petir yang menyambar. Dengan mengetahui hal ini Anda dibekali pengetahuan seputar keamanan di dalam rumah serta lingkungan sekitar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel