10 Cara Memotret Dengan Hp Android Agar Kesannya Bagus

Mastimon.Com - Ingin punya keterampilan memotret yang bagus tapi tidak mempunyai kamera canggih? Jangan ragu, di era yang canggih ini, kamera Android ataupun Smartphone sudah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang menunjang hasil foto yang bagus. Hanya saja, Anda perlu tahu cara dan tips memotret yang baik dan benar dengan HP Android untuk mendapat hasil foto layaknya memakai kamera.

Beberapa teknik fotografi di Smartphone perlu Anda pelajari termasuk cara setting kamera, cara ambil sudut pandang kamera, memperhatikan pencahayaan yang baik serta cara membidik gambar. Mekipun alat foto Anda terbatas dengan yang ada, Android dengan harga murah sekalipun sudah dirancang dengan mengedepankan kualitas kamera Android terbaik.

Untuk mendapat hasil jepretan terbaik ibarat fotografer terkenal, cobalah terapkan metode dasar yang mudah di bawah ini. Caranya yang gampang bisa dengan cepat dipraktekkan oleh pemula sekalipun. Dengan cara ini juga Anda sanggup meningkatkan skil atau kemampuan foto memakai HP Anda. Selengkapnya, mari simak informasi dan tipsnya berikut ini :

Cara memotret dengan HP Android supaya hasilnya Bagus

1. Bersihkan Lensa Kamera Android

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah membersihkan kamera HP. Mengapa perlu dilakukan? Sebab tanpa disadari bisa saja tangan Anda yang berkeringat menyentuh lensa kamera utama di Smartphone Anda. Nah, noda minyak atau keringat tersebut pada karenanya akan meninggalkan noda tipis di pecahan lensa tanpa Anda sadari. Gunakan tisu higienis untuk membersihkan lensa kamera biar higienis dan tidak mengganggu hasil foto nantinya.

2. Pastikan Pencahayaannya Cukup

Pencahayaan ialah salah satu faktor utama sebuah foto dikatakan bagus atau tidak. Fotografi sendiri mempunyai arti yang sesungguhnya yaitu “melukis dengan cahaya”. Oleh alasannya itulah, cahaya merupakan komponen yang sangat penting dalam aktivitas memotret. Sebelum membidik pastikan bahwa dari segi pencahayaan objek cukup terang.

3. Menjaga Kestabilan Kamera

Hasil foto yang diabadikan akan jauh lebih bagus apabila kamera sanggup terus di posisi stabil. Hal ini memaksudkan kamera tidak goyang atau ada getaran dari tangan ketika memotret. Jika tidak stabil, tentu saja hasil foto akan buram dan tidak bisa fokus. Apabila tangan Anda memang tidak bisa stabil, cobalah untuk manfaatkan tripod atau tiang penyangga ponsel supaya kestabilan kamera akan lebih terjaga.

4. Dekati Objek Foto bukan di Zoom

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pada ketika memotret ialah memakai zoom pada objek yang lebih jauh. Menggunakan fitur zoom gotong royong boleh saja, tapi hasil foto yang diambil bisa saja buram atau blur lantaran tingkat kefokusan gambar berkurang. Untuk mengatasi hal ini, cobalah posisikan jarak antara diri Anda dengan objek tidak begitu jauh sehingga Anda tidak perlu memakai zoom.

Baca Juga :

Memotret tanpa zoom akan terlihat lebih asli, tidak pecah dan jelas. Biar sajalah diri Anda yang mendekat ke objek untuk mencari posisi baik memotret dibandingkan memakai fitur memperbesar yang malah menurunkan kualitas foto.

5. Lakukan bidikan dari banyak sekali Angle

Sudut foto sering disebut juga dengan angle. Angle pemotretan bisa besar lengan berkuasa besar pada foto yang di hasilkan. Apabila Anda biasanya hanya memotret dari sudut yang biasa, hasil foto pun akan menjadi biasa saja. Cobaah untuk merubah gaya angle foto. Mungkin bisa lakukan dari banyak sekali angle atau sudut yang berbeda dan tidak biasa. Sudut foto yang bermacam-macam akan berkhasiat untuk mendapat hasil foto dengan sentuhan yang berbeda dan unik.

6. Manfaatkan High Resolution

Sekarang ini, umumnya banyak kamera ponsel telah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda menentukan resolusi gambar yang ingin Anda gunakan. Nah, untuk mendapat kualitas foto yang baik, mulailah dengan menentukan resolusi yang paling tinggi sebelum memotret sebuah objek.

Namun, sebelum itu cobalah cek terlebih dahulu kapasitas memori ponsel Anda. Sebab pada umumnya semakin tinggi resolusi yang dipilih, maka semakin besar pula ukuran file dari hasil foto jepretan Anda tersebut.

7. Percantik lagi dengan Aplikasi Photo Editor

Hasil foto akan semakin keren apabila diberi sentuhan banyak sekali fiter yang bagus dan unik dari banyak sekali sumber. Salah satunya ialah memakai aplikasi photoeditor yang sanggup dengan gampang di download di Ponsel Anda. Selain memanfaatkan sentuhan filter, Anda bisa kembali menyempurnakan hasil potret dengan mengatur dalam mode contrast, brightness sampai cropping.

Namun, perlu diingat jangan terlalu berlebihan dalam mengedit foto Anda. Mengapa? Mengedit terlalu berlebihan sanggup menghilangkan originalitas dari si foto. Ingatlah bahwa aplikasi ibarat halnya photoeditor dipergunakan hanya untuk mempercantik bukan untuk mengubah.

8. Hindari Penggunaan Lampu Kilat

Hampir semua Android atau Smartphone mempunyai yang namanya fitur lampu kilat atau flash. Namun, untuk kualitas hasil foto terbaik sebaiknya jangan gunakan flash ini. Bahkan, gotong royong di kamera DSLR saja, lampu kilat hanya dipergunakan pada ketika kondisi yang mendesak saja. Tahu kah Anda? Setiap foto pastinya akan nampak lebih baik kalau cahaya yang dipakai ialah alami. Keberadaan fitur flash akan Anda butuhkan ketika akan memotret objek dalam kondisi gelap saja.

9. Aturan Pertiga

Aturan pertiga ialah trik selanjutnya dalam dunia fotografi. Fitur ini memungkinkan Anda memotret dengan hasil foto yang hebat. Nah, dalam hukum pertga ini Anda perlu memposisikan objek sejajar dengan jalur horizontal atau vertikal. Dengan kata lain, mata kita akan fokus pada gambar yang terbagi menjadi tiga, dimana subjeknya berada dibagian sentra foto tersebut.

10. Gunakan Mode HDR

HDR ini ialah mode yang terdapat pada sebagian besar kamera Android. Fungsinya sendiri ialah untuk mengambil foto dengan objek stasioner. Mode ini akan memastikan bahwa pencahayaan dan bayangan di dalam foto untuk diekspos secara merata.Mode ini juga sangat bermanfaat untuk dipakai pada kontras tinggi. Anda juga bisa menggabungan dua foto terbaik dalam satu foto untuk eksposur secara bersamaan.

Lihat Juga : makspedia.com | Blog informasi wacana Android

Inilah uraian secara lengkap seputar caranya Anda bisa memaksimalkan fungsi kamera HP dengan mengetahui trik mengambil foto yang bagus. Dengan perjuangan yang lebih disertai trik dan teknik Anda bisa mengambil foto yang kece.

Hasil foto tersebut bisa Anda bagikan di sosial media instagram, facebook, twitter, line, whatsapp dll. Kegiatan memfoto bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan apabila Anda tahu cara mengambil gambar atau foto yang bagus bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel