7 Cara Mengatasi Excel Not Responding Dengan Mudah

Mastimon.Com - Excel datang tiba not responding, apa yang akan Anda lakukan? Sebagian besar orang akan resah dan khawatir, alih alih hasil pekerjaan mereka di Excel tersebut akan hilang. Jika, hal itu terjadi pada Anda jangan khawatir, alasannya yakni ada cara simpel untuk mengatasi microsoft excel not responding atau datang tiba error dengan mudah.

Situasi ini bukanlah permasalahan yang jarang terjadi, alasannya yakni hampir setiap dikala dapat saja komputer atau laptop Anda mengalami hal demikian. Apalagi kondisinya Anda sedang mengetik atau mengerjakan sesuatu datang tiba tidak dapat diketik atau diklik. Bisa dibayangkan betapa kesalnya Anda, tapi tetaplah hening dan jangan bertindak gegabah.

Umumnya ada beberapa faktor yang mengakibatkan Excel menjadi lemot. Tidak menurut jenis excel apa yang Anda gunakan baik Excel 2003, 2007, 2010, 2013 dan lain sebagainya. Untuk itu mari kita simak uraian selengkapnya seputar penyebab dan cara penanganan yang baik dan benar untuk perangkat Anda yang lemot atau not responding pada rangkaian gosip di bawah ini.

Cara mengatasi Excel Not Responding dengan Mudah

1. Manfaatkan Excel dalam mode aman

Mode kondusif yang dimaksud yakni salah satu fitur yang memungkinkan Excel mulai bekerja tanpa harus mengalami aktivitas startup tertentu. Bagaimana cara pemanfaatannya? Pertama tama, Anda dapat mulai dengan membuka Excel mode kondusif dengan menekan atau menahan tombol Ctrl pada dikala akan memulai program.

Pada dikala Anda menjalankan excel dalam mode ini maka Anda akan melewatkan fungsionalitas dan pengaturan ibarat halnya lokasi startup alternatif, Xlstart folder, Bar alat diubah dan add-in Excel. Namun, add-in COM akan dikecualikan.

2. Menginstal pembaharuan terkini

Pada komputer atau laptop kalau Anda sering mengalami not responding cobalah untuk melaksanakan pembaharuan windows dengan cara menyetel secara otomatis untuk proses mengunduh, instal dan pembaharuan yang direkomendasikan.

Dengan adanya penginstalan secara optimal setiap ada pembaharuan maka akan memperbaiki duduk kasus dengan upaya mengganti adanya kadaluarsa file dan mengatasi faktor kerentanan. Apabila duduk kasus masih berkelanjutan, cobalah untuk memakai tahap berikutnya.

3. Pastikan Excel sedang tidak beroperasi dengan proses lain

Apabia excel sedang melaksanakan proses lainnya secara bersamaan,bisa kuat terhadap performa exel itu sendiri. Informasi ini dapat Anda lihat pada bilah status yang ditampilkan pada kepingan jendela bawah excel. Umumnya ketika Anda melaksanakan tindakan double atau pengerjaan lain di Excel yang digunakan, maka Excel dapat jadi akan sulit untuk merespons.

Baca Juga :

Maka, solusinya yakni biarkan kiprah pertama pada Excel selesai, barulah Anda mencoba untuk melakkan tindakan lainnya memakai Excel. Hal ini bertujuan biar Excel tidak bekerja terlalu keras sehingga kesulitan untuk bekerja secara optimal.

4. Kemungkinan adanya duduk kasus dengan fitur add-in

Add in yakni salah satu fitur untuk meningkatkan pengalaman Anda. Meskipun demikian kadang kadang add in dapat mengganggu dan menjadikan duduk kasus pada Excel. Untuk itu cobalah untuk menyidik kemungkinan excel not responding lantaran add in ini. Anda dapat mencoba memulai Excel tanpa memakai add ini untuk melihat apakah hambatan Anda hilang.
  • Apabila Anda menjalankan Tipe Windows 10 maka, mulai lah dengan klik Mulai > semua aplikasi > Sistem windows > Jalankan. Dalam kotak jalankan ini ketikkan Excel/aman. Lalu klik opsi “OK”
  • Apabila Anda memakai Windows 8, maka klik jalankan pada sajian aplikasi, kemudian ketikkan kata yang sama yakni “Excel/aman” dalam kotak jalankan tadi, selanjutnya pilih “OK”
  • Sedangkan untuk windows 7, klik dengan Mulai, kemudian tuliskan Excel/aman pada kolom pencarian aktivitas dan file, sesudah itu tekan “OK”
  • Dalam tahap ini kalau duduk kasus sudah diatasi silahkan klik File > Opsi > Add –in
  • Selanjutnya pilih Add-in COM, kemudian jangan lupa pilih masuk.
  • Pada halaman berikut kosongkan semua centang yang ada dalam daftar dan pilih “OK”
  • Tutup dan cobalah untuk memulai ulang excel.

Jika dengan menonaktifkan add in tidak sama sekali memecahkan duduk kasus Anda, cobalah untuk mempraktekkan cara berikutnya.

5. Perbaiki Repair Office

Salah satu cara lainnya untuk memperbaiki kesalahan Excel not responding yakni dengan memperbaiki microsoft office. Nah, untuk dapat melaksanakan hal ini, Anda perlu masuk ke kepingan sajian “Control Panel”. Pada sajian tersebut pilih “Program dan Freatures”. Selanjutnya klik di Microsoft office dalam daftar dan klik tombol change yang ada di kepingan atas.

Pada tahap ini Anda akan melihat secara otomatis adanya pilihan “Repair” Office. Apabila Anda sudah menjalankannya, berikutnya coba lihat apakah duduk kasus sudah terpecahkan atau belum.

6. Uninstall dan Reisnstal kembali Microsoft Excel

Apabila panduan diatas belum juga membuahkan hasil dan Anda terus mengalami not responding pada Excel, cobalah untuk mencopot pemasangannya dan instal kembali dari awal. Anda tidak perlu melakukannya secara manual, lantaran microsoft sendiri sebetulnya memperlihatkan aktivitas untuk itu dengan nama “Easy Fix”.  Anda dapat menemuinya di situs resmi microsoft.

7. Memperbarui perangkat Anti Virus

Kemungkinan perangkat antivirus juga dapat menjadi penyebab adanya gangguan pada microsoft excel Anda. Disarankan cobalah untuk Anda menilik apakah software Anti virus yang Anda gunakan yakni versi terbaru atau tidak.

Untuk memastikan lebih lanjut apakah excel not responding lantaran perangkat anti virus, maka silahkan untuk menonaktifkan anti virus dan memulai excel kembali untuk melihat apakah duduk kasus sudah teratasi.Jika duduk kasus belum teratasi cobalah untuk memakai perangkat lunak ketiga yang sifatnya simpel dan efesien ibarat halnya Stellar Phoenix Excel Repair.

Baca Juga : maskodin.com | Belajar Komputer

Inilah tips dan trik yang dapat Anda gunakan jikalau mengalami not responding pada perangkat software Anda. Tidak hanya di microsoft Excel yang mengalami loading lambat, lemot dan error. Hal ini juga sering terjadi di perangkat lunak lainnya ibarat Microsoft Word dan microsoft publisher serta aplikasi lainnya dalam komputer atau laptop Anda.

Semoga metode simpel ini dapat turut membantu Anda menangani Excel tidak merespon atau berhenti bekerja dengan cepat dan ampuh. Ikuti solusi diatas secara berurutan dan lihat hasilnya. Apabila pemecahan duduk kasus sudah dilakukan tapi masih berkendala sama, silahkan untuk menghubungi microsoft support untuk penanganan lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel