Cara Membangun Rumah Secara Sedikit Demi Sedikit Dengan Biaya 50 Juta

Mastimon.Com - Memiliki rumah sendiri yaitu harapan semua orang. Namun, membangun rumah memang tidak sanggup dilakukan secara sembarangan. Dibutuhkan perencanaan, proses dan biaya yang tidak sedikit. Salah satu solusi mudah untuk mereka yang ingin mempunyai setidaknya satu rumah sendiri yaitu dengan membangun rumah secara sedikit demi sedikit dengan biaya 50 juta. Bagaimana caranya?

50 Juta sanggup dikatakan harga minimal untuk membangun sebuah rumah. Strategi membangun rumah ini perlu Anda pikirkan supaya sanggup berhemat. Anda juga dimungkinkan sanggup membagi secara teratur dengan kebutuhan sehari –hari yang lainnya. Menyusun bughet khusus untuk bangkit rumah idaman, tidak ada salahnya bukan?

Perencanaan yang baik yaitu kunci sukses untuk mewujudkan harapan Anda. Rumah menyerupai apa yang ingin Anda miliki? Rumah sederhana, minimalis, mewah, elegan dll? Tak jarang ada saja penyedia jasa bangkit rumah 50 juta atau Anda sendiri yang mengatur biayanya. Selengkapnya lebih lanjut mari kita bahas Tips dan langkah –langkah buat rumah murah seharga 50 juta dibawah ini.

Perhatikan Gambaran singkat rumah seharga 50 juta

Ilustrasi singkat yang sanggup Anda pikirkan sebelum membangun rumah yaitu bayangkan bila harga m2 rumah kerikil bata yag telah difinishing dengan plafond gypsum dan lantai keramik yaitu Rp. 2.000.000. Maka tentu saja dengan modal dana senilai Rp. 50.000.000 maka Anda sudah sanggup menempati hunian seluas 50 juta/ 2 juta : 25 m2.

Dengan demikian Anda sanggup buat rumah dengan ukuran setidaknya 5m x 5m, atau jenis ukuran lainnya yang mempunyai luas kurang lebih dari 25 meter persegi. Anda dimungkinkan juga membuat rumah berskala lebih besar dengan bertahap, yang penting sanggup dihuni terlebih dahulu.

1. Pastikan Anda punya lahan untuk bangkit rumah

Lahan menjadi faktor utama dalam pembuatan rumah. Jika lahan sudah tersedia maka modal untuk pembangunan akan relatif lebih kecil. Modal 50 juta untuk membangun sebuah rumah minimalis perlu Anda sesuaikan dengan luas lahan yang tersedia.

Baca Juga :

Tanah sendiri yaitu elemen pertama yang paling banyak menguras terkait biaya. Jika Anda sudah mempunyai lahan, maka tips berikutnya sanggup Anda lakukan. Mari pikirkan rumah menyerupai apa yang cocok untuk modal 50 juta? Maksimal Anda sanggup menentukan jenis dan type 45 tapi yang paling recommended yaitu type 36, namun sifatnya relatif menurut pemilihan materi material rumah tersebut.

2. Rencanakan Anggaran Kebutuhan materi dengan rinci

Membangun sebuah rumah membutuhkan persiapan yang matang. Pertama –tama yang perlu Anda lakukan yaitu merencanakan kebutuhan materi rumah secara detail dan jelas. Anda harus menentukan berapa ukuran setiap bahannya, bentuk rumah, sasaran waktu pengerjaan rumah dan anggaran setiap materi terperinci.

Anggaran yang sudah Anda buat akan menjadi contoh setiap kali Anda akan membayar kebutuhan pembangunan yang lainnya. Kalau perlu Anda sanggup membuat bagan gambar rumah harapan Anda lengkap semua kepingan dan keterangan biaya, dengan gambar atau bagan akan semakin mempermudah Anda.

3. Menggunakan desain rumah minimalis

Sekarang ini rumah minimalis sedang ekspresi dominan loh. Desain nya yang minimalis menyimpan berbagai kelebihan. Selain bersifat simple, tentu saja akan membuat sebuah ruangan menjadi multifungsi. Misalnya ruangan dapur sanggup dirancang sekaligus dengan ruang makan.

Tanpa memerlukan banyak ruangan, inilah yang membuatnya akan menekan angka jumlah biaya materi bangunannya. Selain itu kini ada berbagai desain rumah minimalis di internet, jadi Anda tidak butuh lagi pakai jasa arsitek untuk itu.

4. Melakukan survei pribadi terkait harga material

Poin yang satu ini ada hubungannya dengan poin nomor dua yang sudah kita bahas. Cobalah untuk cek secara pribadi harga terkait di pasaran. Biaya bangunan yang membengkak yaitu salah satu faktor yang membuat Anda membutuhkan biaya mahal untuk membangun rumah. Banyak dari toko bangunan mematok harga yang sangat variatif.

Sebelum membeli, pastikan Anda sudah melaksanakan riset dilapangan secara langsung. Misalnya harga besi di toko A lebih mahal daripada toko B, tapi harga semen di toko A lebih murah dari toko B. Dengan demikian jangan sungkan untuk keluar masuk toko hanya sekedar meriset harga. Anda sanggup membuat catatan pengeluaran dan biaya transportasi ke toko bangunan tersebut.

5. Memilih materi material lokal yang berkualitas

Bahan bangunan yang berkualitas yaitu kunci ketahanan dan rumah yang indah. Maka, Anda perlu memilihan materi dengan kualitas bagus dan murah. Sekarang sudah banyak material lokal dengan kualitas tinggi, sehingga Anda tidak perlu memakai material dari luar negeri yang harganya mahal.

Umumnya materi dalam negeri akan lebih murah dibandingkan dengan materi produksi dari luar negeri. Dengan demikian, bukankah Anda sanggup lebih hemat biaya? Jika Anda kurang info apa dan dimana merek materi bangunan lokal yang bagus, cobalah untuk bertanya pada orang terdekat Anda.

6. Manfaatkan Material materi bangunan bekas yang ada

Tahukah Anda? Tidak semua material bekas itu jelek loh. Percaya atau tidak pada kenyataannya banyak orang juga memanfaatkan barang bekas untuk keperluan materi bangunan mereka. Bagaimana bisa? Ya, materi bangunan yang masih layak pakai sanggup menjadi pilihan yang bikin hemat.

Misalnya dikondisikan menyerupai ini, sebelumnya seorang sobat Anda telah membangun rumah. Namun, masih ada banyak kerikil bata yang layak pakai tersisa. Sipemilik pun sanggup jadi akan menjualnya kembali dengan harga yang lebih murah. Maka ini sanggup jadi kesempatan Anda untuk menghemat biaya pembelian kerikil bata.

7. Menggunakan Jasa tukang bangunan barongan

Tukang bangunan yaitu jasa terpenting yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah rumah. Umumnya dari jasa inilah yang membutuhkan anggaran tidak mengecewakan besar. Sebagaimana yang Anda tahu, ada dua macam pembayaran tukang bangunan yakni sistem barongan dan harian.

Kedua cara tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing –masing. Umumnya, bila Anda menentukan sistem harian maka kualitas kerjanya akan lebih baik. Sedangkan untuk sistem barongan, si tukang sanggup jadi akan buru buru menuntaskan pekerjaannya tersebut supaya cepat selesai.

Namun, disisi lain pada sistem borongan Anda lebih dimudahkan untuk memprediksi total biaya pekerjaan. Biasanya pekerjaan borongan juga akan lebih cepat dan sanggup menekan jumlah biaya. Menggunakan jasa tukang barongan sanggup membantu Anda mengeluarkan lebih sedikit biaya.

8. Ikut serta bantu-membantu dalam pembangunan rumah

Anda yang mendesain rumah milik Anda, maka dalam hal ini Anda perlu turun tangan. Tidak ada salahnya bukan bila Anda turut membantu dalam proses pengerjaan rumah. Dengan demikian Anda akan lebih tahu apa yang tidak sesuai dengan rancangan Anda.

Jika Anda tidak tahu banyak perihal proses pembangunan, Anda sanggup kok mulai hanya dengan melaksanakan hal –hal kecil saja. Dengan demikian, nantinya Anda juga sanggup menghemat biaya sewa tukang. Satu cara ini ampuh untuk menghemat biaya.

9. Menghindari membuat profile rumah

Apa itu profile rumah? Ini yaitu acara dengan niat untuk membuat gesekan rumah semoga terlihat lebih bagus dan menarik. Memang rumah Anda sanggup saja terlihat modern, mewah, asri dan elegan tapi tetap saja ini bukanlah prioritas Anda. Sebab dengan membuat profile rumah akan menghabiskan lebih banyak biaya. Prioritaskan hal –hal yang lebih penting dulu ya.

10. Membangun rumah secara bertahap

Dana Anda mungkin terbatas, membangun rumah secara sedikit demi sedikit yaitu solusi praktisnya. Anda sanggup membangun sedikit demi sedikit terlebih dahulu menyerupai dimulai dari fondasi, pendirian bangunan, atap dan tahap penyelesaian lainnya. Anda sanggup merencanakan dengan beberapa tahap.

Misalnya Anda perlu menyiapkan untuk membangun rumah tahap pertama. Selanjutnya, Anda sanggup menyiapkan dana di tahap kedua dan seterusnya. Dengan demikian uang yang Anda keluarkan tidak akan pribadi menguras kantong. Selain itu, penggunaan materi akan lebih efesien serta menghindari materi material yang tidak terpakai atau terbuang.

Untuk lebih jelas, mari perhatikan contoh perhitungan dan tahapan pembangunan rumah di bawah ini :

• PONDASI

Dalam membangun rumah yang paling penting pertama yaitu bagaimana Anda membangun pondasinya terlebih dahulu. Untuk pembangunan pondasi yang lebih terjangkau cobalah untuk memakai kerikil bata saja daripada batu.

Atau apabila dari segi kondisi tanahnya yaitu bagus sanggup secara pribadi dipasang dengan sloff beton bertulang. Karena mengusung konsep rumah minimalis dengan 1 lantai dan atap baja ringan maka, beban nya niscaya tidak akan berat.

• DINDING

Bagian dinding yang sanggup Anda gunakan yaitu kerikil bata plester aci finish cat yang bersifat tidak gampang jebol. Sedangkan untuk sisi dalamnya cukup dengan memanfaatkan penyekat ruangan kalsiboard rangka kayu atau biasa dikenal dengan baja ringan saja. Bahan –bahan ini cenderung lebih murah alasannya sudah tidak perlu diplester dan diaci.

• ATAP

Nah, untuk rangka atap untuk ebih murah lebih recommended bila Anda memakai baja ringan dibandingkan dengan kayu. Baja ringan selain miring dari segi harga, ia juga lebih abadi dari materi yang lainnya. Sedangkan untuk epilog kepingan atapnya Anda sanggup pakai galvalum yang sebelumnya diberi peredam supaya tidak berisik pada ketika hujan. Bisa memanfaatkan asbes atau atap multiroof.

• LANTAI

Pada kepingan lantai, ini gampang saja. Memang ada banyak varian materi yang diperuntukkan untuk lantai. Rekomendasi yang bagus dengan harga terjangkau yaitu dengan memakai keramik saja atau cukup dengan memasang karpet lantai.

• PLAFOND

Apabila pembuatan rangka atapnya sudah bagus, maka plafond tidak terlalu dibutuhkan. Anda sanggup memanfaatkan dengan menutupnya dengan gypsum rangka besi hollow. Cukup mudah alasannya akan mengurangi biaya dari segi plafond.

Inilah metode mudah yang sanggup Anda lakukan bila ingin membuat sebuah rumah bermodalkan tarif 50 juta saja. Dengan citra singkat ini dibutuhkan sanggup menjadi salah satu penemuan dan kreatifitas sebagai upaya mendapat daerah tinggal dengan biaya semurah mungkin.

Berniat untuk memulai? Maka, jangan lupa untuk mulai menyiapkan anggarannya sekarang. Rencanakan semua kebutuhan Anda dengan baik dan matang. Niscaya, Tujuan dan harapan Anda mempunyai rumah sendiri sanggup terwujud. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Inggin melihat beberapa Design Rumah silahkan berkunjung ke situs : attractivedesign.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel