Bahan Dan Cara Menciptakan Aksara Timbul Dari Plat

Mastimon.Com - Pembuatan Huruf timbul banyak dimanfaatkan untuk aneka macam tujuan. Daripada memesan jasa pembuatan goresan pena 3D tersebut, beberapa orang menentukan untuk membuatnya sendiri. Demi penghematan biaya mencari informasi Bahan dan cara pembuatan Huruf timbul dari plat lebih disukai. Yang lain lagi menentukan pembuatan dari fiber, di tembok, stainless, LED dan alumunium.

Umumnya pemasangan aksara timbul ini berfungsi untuk menonjolkan sebuah teks atau nama baik oleh Perusahaan, nama toko, restoran, café, kedai dan lain sebagainya. Beberapa orang juga mempunyai inspirasi kreatif dengan memadukannya dengan lampu LED sehingga akan terlihat hasil yang keren, anggun dan sanggup menarik perhatian para pelanggan untuk berkunjung.

Mempersiapkan semua materi perlengkapan dan peralatan dilarang dilakukan secara sembarangan. Sebab salah dalam menentukan jenis dan macamnya akan besar lengan berkuasa terhadap ketahanan dan kualitas goresan pena timbul tersebut. Apalagi penggunannya ialah kebanyakan diluar ruangan, maka dibutuhkan kualitas aksara timbul yang dihasilkan harus tahan lama.

Baca Juga :

Dalam mode pengerjaannya ini pun dibutuhkan teknik dan trik supaya sanggup didapati hasil yang maksimal. Untuk informasi lebih lanjut seputar tutorial dan tips menciptakan aksara timbul khususnya memakai plat, Anda sanggup simak pada klarifikasi lengkap berikut ini.

Bahan dan cara menciptakan Huruf Timbul dari Plat

Bahan :

1. Plat Galvani

Sebagai materi utama dalam pembuatan aksara timbul ini merupakan jenis logam adonan yang terbuat dari adonan besi dan zinc. Sekilas Anda akan melihatnya menyerupai sebuah seng namun perbedaannya ialah mempunyai karakteristik yang lebih kuat. Sehingga tingkat kekuatannya akan sangat bagus.

Warna pada materi jenis ini umumnya akan berwarna tidak mengkilap dan doff, sehingga untuk lebih menarik perlu dilakukannya cat atau pewarnaan ulang. Pewarnaan Plat juga sanggup diubahsuaikan dengan warna goresan pena yang mencerminkan kesan tertentu dalam goresan pena tersebut.

2. Plat Stainless

Bahan yang satu ini ialah materi yang banyak dipakai sebagai pembuatan aksara timbul. Dalam pembagian jenisnya pun di bagi menjadi 3 yakni mencakup stainless biasa, stainless hairline dan stainless mirror. Masing –masing mempunyai karakteristik sendiri –sendiri. Jika Anda ingin melihat perbedaannya maka terlihat dari segi mengkilapnya antara stainless yang mirror dengan biasa.

Untuk jenis plat stainless mirror akan lebih mengkilap menyerupai kaca. Sedangkan untuk stainless hairline umumnya dikenal dengan garis tipis satu arah yang terdapat pada permukaan platnya. Setiap jenisnya ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing –masing, jadi Anda sanggup pilih ketika melaksanakan pembuatan goresan pena timbul.

3. Plat Kuningan

Apabila dibandingkan dengan materi –bahan yang lainnya, material aksara timbul yang satu ini menjadi materi yang langsung alasannya ialah kualitasnya tidak diragukan lagi. Banyak orang menentukan plat Kuningan alasannya ialah sifatnya yang tahan usang dan kualitas bagus. Tidak heran harganya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Meskipun Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk materi yang satu ini, tapi jangan salah Anda akan merasa puas alasannya ialah hasilnya sanggup sangat bagus. Selain itu, sifat tidak gampang rusak meskipun usianya sudah usang pun menjadi daya tarik tersendiri.

Catatan : Anda sanggup memakai materi alternatif lainnya asalkan materi tersebut mempunyai sifat gampang dibentuk, ditekuk dan baik. Bahan –bahan diatas sanggup Anda manfaatkan dengan kriteria umum 0.8 mm – 1.2 mm yang diubahsuaikan dengan ukuran hurufnya.

Cara Pembuatan :

1. Membuat Design

Yang pertama –tama perlu Anda miliki untuk menciptakan goresan pena aksara timbul ialah contoh designnya sebagai acuan. Dengan adanya design tentu saja akan menghindari adanya kesalahan pembuatan alasannya ialah tidak sesuai dengan keinginan. Fokus Anda akan terpaku pada desain yang sudah dibuat tersebut.

Dalam pembuatan desain yang perlu Anda perhatikan ialah seputar detail ukuran dan jenis font yang akan digunakan. Anda sanggup memanfaatkan perangkat software atau aplikasi pengedit gambar populer menyerupai halnya corel draw, photoshop dan microsoft publisher.

2. Membuat Pola

Setelah tahap pertama selesai, selanjutnya Anda beralih ke pembuatan pola. Pada umumnya pola yang dibuat sanggup memanfaatkan media materi menyerupai kertas manila melalui mesin cutting stiker. Apa tujuan dari pembuatan pola ini terlebih dahulu?

Tujuannya ialah untuk sanggup membentuk pola yang akan dipotong pada plat stainless. Cara ini dilakukan yang terutama ialah supaya potongan pola pada plat tidak melenceng atau tidak sesuai dengan pola atau aksara yang diinginkan.

3. Memotong Plat sesuai Pola

Setelah tahap menciptakan pola pada kertas selesai, Anda sanggup langsung memotong atau menggunting kertas sesuai pola kemudian menempelkan lembar pola tersebut pada plat.Proses pemotongan memakai alat potong plat/jigsaw dengan maksimal ketebalan plat ialah 2 mm.

Yang perlu Anda ingat, menciptakan aksara timbul berarti ada ketimbulan. Maka ini berarti Anda perlu melaksanakan cutting plat stainless pada kepingan muka, sisi samping, dan keliling aksara tersebut. Hal ini biasanya disebut dengan istilah frame samping/daun.

4. Proses penyambungan Frame dengan Patri

Setelah semua pemotongan plat stainless sudah selesai. Langkah selanjutnya ialah menyatukan frame depan, samping dan sekelilignya. Khusus untuk penggunaan materi plat stainless maka penyambungan dilakukan dengan proses patri.

Setelah penyambungan selesai maka untuk menghaluskan dan merapikan disekeliling sambungan, Anda perlu memakai metode grinda halus. Proses pengrindaan dibutuhkan ialah sehalus mungkin. Hal lain yang perlu Anda perhatikan ialah lokasi atau area penempelan aksara timbul nanti.

Untuk lokasi didalam ruangan maka Anda sanggup memakai karet spon yang dimasukkan dalam belakang huruf. Sedangkan untuk luar ruangan, lebih baik untuk selalu memakai angkur yang mempunyai sifat lebih kuat sebagai dudukan aksara ke dinding dan media yang lainnya.

5. Proses pembersihan

Selanjutnya, ialah proses pembersihan. Tahap ini berlaku untuk penggunaan materi dari plat stainless dan kuningan. Setelah melaksanakan grinda, tentu ada kotoran yang melekat pada huruf. Maka Anda sanggup membersihkannya memakai kain yang sifatnya halus.

Patut diperhatikan untuk jangan sesekali memakai kain yang terasa kasar. Mengapa? Karena hal ini sanggup menyebabkan plat sanggup tergores. Gunakan juga cairan pencucian kotoran menyerupai kit cair atau WD 40.

6. Proses Pemasangan

Nah, untuk proses jadinya ialah pemasangan. Hal yang pertama dalam proses ini ialah Anda perlu mempersiapkan pola/mal untuk pemasangannya. Tujuannya ialah supaya pemasangan sanggup lurus yaitu tidak melebihi atau meleset dari bidang atau lokasi yang ada.

Inilah metode pembuatan huruf timbul lengkap dengan klarifikasi singkat materi –bahan material yang Anda butuhkan. Dengan sedikit komplemen tips kreatif Anda akan mendapati hasil yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitas baik. Tidak terlalu sulit bukan?

Jangan ragu untuk segera mempraktekkannya sendiri dirumah. Anda juga sanggup simak video tutorial menciptakan aksara timbul di Youtube atau Media sosial serupa yang membahas hal yang sama. Semoga sanggup bermanfaat dan biar berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel