Sekarang Investasi Dapat Mulai Dari 100 Ribu Aja Lho!

Investasi identik dengan modal besar. Rasanya investasi terdengar tidak mungkin bagi para pekerja di entry level atau pemula. Namun, anggapan itu salah besar lho! Zaman kini memulai investasi 100 ribu bukan hal yang nggak mungkin dilakukan.


Iya, kau nggak salah baca. Dengan uang 100 ribu saja kau sudah dapat berinvestasi. Menahan diri untuk tidak nongkrong di kafe atau mall satu kali aja, kau dapat investasi rutin per bulan.

Bagaimana dengan anggapan investasi itu riba? Sekarang sudah banyak kok instrumen investasi syariah online yang berlandaskan prinsip ekonomi syariah. Layanan investasi syariah tersebut juga tersedia melalui banyak sekali platform online, sehingga kau dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja.

Lalu, investasi apa sih yang dapat kau lakukan dengan modal 100 ribu saja?

Reksadana Syariah

Sama ibarat reksadana umum, kau menanamkan sejumlah dana dan dikelola oleh manajer investasi (MI). Hanya saja, ketentuan yang berlaku dalam proses itu semuanya berlandaskan prinsip syariah.

Kelebihan berinvestasi dengan reksadana syariah (qazwa.id/blog/reksadana) ialah modal 100 ribu aja kau sudah dapat mulai berinvestasi. Risiko investasi pun tergolong minimal alasannya ada MI yang berperan mengelola dana tersebut.

Berhubung kau menggunakan reksadana syariah, otomatis MI akan mengarahkan modalmu ke perusahaan yang memenuhi ketentuan syariah. Kamu tetap dalam koridor berinvestasi yang kondusif kan?

Emas Online

Investasi satu ini niscaya nggak asing. Sudah semenjak usang emas jadi media investasi favorit. Selain alasannya harganya cenderung stabil, emas juga tergolong investasi likuid dan minim risiko.

Untuk kalangan milenial ibarat kamu, investasi emas lewat platform online juga patut dicoba. Kamu dapat pilih investasi emas online dari forum pembiayaan resmi ibarat Pegadaian Digital atau melalui beberapa marketplace populer. Modal 100 ribu pun sudah cukup untuk membuka Tabungan Emas atau layanan sejenisnya.

Namun, apakah investasi emas online tidak mengandung riba? Membeli emas tidak tunai disebut riba kalau emas dianggap sebagai mata uang. Di Indonesia, emas bukanlah mata uang, tetapi berupa komoditas. Maka, berinvestasi emas secara online tetap dapat kau lakukan.

P2P Lending Syariah

Fintech P2P lending syariah lagi naik daun lho! Cukup dengan investasi 100 ribu saja, kau dapat mendaftarkan diri sebagai pemberi pinjaman. Bedanya, P2P lending syariah menerapkan prinsip pembiayaan dalam bentuk jual beli (murahabah) dana janji kerjasama bisnis (mudharabah).

Kamu dapat menanamkan sebagian dana langsung ke platform P2P lending syariah ibarat Qazwa. Nantinya, pengelola akan menyalurkan dana tersebut sebagai pembiayaan UMKM tertentu sesuai pengajuannya.

Aman nggak berinvestasi (qazwa.id/blog/investasi-syariah-online) di sini? Pasti kondusif dan bebas riba, alasannya sudah berlandaskan pedoman Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI. Apalagi, syarat berinvestasi juga gampang dan modal awal relatif kecil.

Berbekal pemberian teknologi terkini, kau dapat memantau perkembangan investasi di P2P lending syariah melalui aplikasi smartphone atau mengakses platform pengelola investasi. Mudah kan?

Itulah tiga jenis investasi 100 ribu yang dapat kau pilih. Sekarang cari mana yang paling cocok dengan gayamu. Jadi, modal terbatas bukan lagi alasan untuk menunda mulai berinvestasi. Setuju?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel