10 Bahasa Pemograman Terbaik Di Indonesia

Dalam dunia komputer yang semakin canggih, Bahasa Pemrograman pun kini banyak dikategorikan sebagai bahasa pemrograman yang terbaik dan populer. Sampai dengan ketika ini pun jenis bahasa untuk kegiatan komputer tidak hanya satu atau beberapa tetapi ada lebih banyak. Oleh lantaran itu, para programer tentu saja sanggup jadi akan merasa galau dalam tetapkan mana yang akan dijadikan sebagai pilihan. Yaa, pecahan yang tersulit yakni ketika Anda akan berguru macam macam bahasa pemrograman dan tetapkan manakah dari bahasa pemrograman tersebut yang ingin Anda tekuni terlebih dahulu. Para pengembang perangkat lunak pun mendapati setidaknya secara luas ada lebih dari ratusan bahasa pemrograman yang digunakan di seputar dunia. Dan masing masing diantaranya mempunyai keunikan serta kompleksitasnya sendiri.


Apa sih bergotong-royong Bahasa Pemrograman itu? Menurut pengertiannya, Bahasa Pemrograman yakni berupa kata arahan atau perintah yang umumnya terdiri dari banyak baris yang sanggup diketahui dan dimengerti oleh komputer. Menurut definisi nya ini, tidak semua orang sanggup dan sanggup berguru Bahasa pemrograman. Bahasa komputer ini sifatnya wajib di pelajari dan dikuasai oleh para developer biar sanggup membangun sebuah software atau aplikasi tertentu. Bukan dengan pembelajaran yang sembarangan lantaran bahasa pemrograman yang dipelajari pun harus diubahsuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang hendak dibentuk tersebut.

Untuk sanggup menjadi seorang yang andal dalam pemrograman, Anda harus mengetahui jenis jenis bahasa pemrograman untuk mengetahui mana yang lebih cocok. Tentu saja dalam menciptakan sebuah software atau perangkat lunak tidak memakai semua bahasa pemrograman yang ada. Melainkan sanggup jadi yang digunakan hanyalah satu atau dua bahasa pemrograman saja dalam melaksanakan proses developing software. Sekarang ini, beberapa forum riset terkenal telah mengelompokkan macam macam bahasa pemrograman yang masuk dalam daftar bahasa pemrograman paling banyak digunakan dan terbaik di Indonesia. Data ini merupakan peringkat yang dibentuk berdasarkan bahasa pemrograman yang paling terkenal di dunia.

Dengan mengetahui deretan bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari akan lebih membantu Anda dalam menuntaskan kasus penggunaan yang paling umum dan dibutuhkan. Misalnya pengembangan mobile, pengembangan web, pengembangan game dan masih banyak lagi khususnya di Indonesia. Anda sanggup mendapat informasi selengkapnya dengan menyimak uraian sebagai berikut yang akan mengatakan klarifikasi dan citra secara terang wacana bahasa pemrograman yang sanggup Anda pelajari untuk meningkatkan karir dan pengetahuan Anda tersebut.Selengkapnya, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

10 Bahasa Pemograman terbaik di Indonesia

1. JAVA

Bahasa pemrograman yang pertama  yakni JAVA. Mungkin kepopulerannya sudah hingga ke indera pendengaran Anda bukan? Java ini yakni salah satu jenis bahasa kegiatan komputer yang sanggup dijalankan melalui macam –macam platform, contohnya mulai dari PC hingga dengan perangkat versi mobile. Menurut sejarahnya, Java awalnya dikembangkan pada tahun 1991 pada The Green Project oleh tokoh Sun Microsystem dan kemudian dilepas pada oracle. Asal –usul nama “JAVA” ini dipilih yakni lantaran salah seorang pendirinya yakni James Gosling yang sangat menyukai kopi murni yang proses pembuatannya digiling pribadi dengan mesin giling (Kopi tubruk), kopi ini hanya berasal dari pulau Jawa, Indonesia.

Java yakni bahasa pemrograman yang terpopuler hingga ketika ini. Kelebihan yang ada dalam bahasa ini mungkin salah satu daya tariknya. Keunggulan java diantaranya yakni sanggup berjalan di sistem operasi yang berbeda –beda. Bahasa pemrograman yang satu ini juga termasuk dalam pemrograman orientasi objek dan tersedia library yang lengkap. Sehingga tentu saja ini akan membuatnya lebih gampang dalam proses menyusun program. Kebanyakan dari aplikasi Smartphone Android dibangun memakai bahasa Java ini, lantaran memang dulu hingga kini memang sedang banyak dibutuhkan.

2. C

Bahasa tertua yang pernah ada, julukan ini dimiliki oleh bahasa pemrograman C. Tahukah Anda bahasa yang satu ini telah dikembangkan sekitar pada tahuan 70-an. Dari sejarah kemunculannya yakni dibentuk oleh tokoh pembuat bahasa yakni Denis Ritchie. Di Indonesia sendiri, Bahasa C yakni jenis bahasa pemrograman yang populer. Sebagian besar dari perguruan tinggi tinggi khususnya jurusan IT ataupun forum penyedia kursus pemrograman juga mempelajari bahasa C sebelum pada karenanya mempelajari jenis bahasa yang lain. Bukan lantaran Bahasa C yakni pengetahuan dasar melainkan lantaran bahasa C yakni “Bapak” dari bahasa pemrograman yang lainnya.

3. VISUAL BASIC

Dikembangkan oleh Microsoft, Visual Basic mengatakan ilham Visual untuk pembuatan software. Bahasa pemrograman yang satu ini khususnya dikembangkan untuk menciptakan software yang berbasis sistem operasi di windows. Visual Basic ini merupakan keturunan dari bahasa pemrograman Basic. Menurut survey yang dilakukan pada tahun 2005, setidaknya ada 62% para developer memakai Visual Basic untuk pengembangan softwarenya. Ini memperlihatkan bahwa Visual Basic yakni salah satu jenis bahasa pemrograman yang terkenal di Indonesia. Sekarang, di Negara kita sendiri ada sekitar 22 ribu member atau bahkan lebih yang tergabung dalam grup Visual Basic Indonesia.

4. PHP

PHP yakni kependekan dari PHP Hypertext Pre-processor. PHP yakni bahasa yang paling banyak di gunakan di Indonesia. Mungkin saja ini lantaran penggunaannya yang gratis dan juga bahasa pemrograman yang sifatnya server side scripting sehingga kemunculannya memang dirancang untuk sanggup membangun website yang dinamis. Untuk sejarahnya sendiri PHP mulai dikembangkan oleh seorang tokoh berjulukan Rasmus Lerdrorf. Penggunaan bahasa pemrograman PHP ini sudah diterapkan pada website ternama menyerupai sosial media facebook, Digg ataupun Wordpress dalam pengembangannya.

5. PHYTON

Phyton sendiri yakni salah satu macam bahasa komputer yang  masuk dalam tingkat tinggi. Dimana Phyton sanggup digunakan untuk membangun sebuah software aplikasi, baik berbasis mobile maupun yang berbasis web. Namun, untuk tingkat kemudahan phyton relatif lebih gampang bagi seorang pemula lantaran bahasanya gampang di baca dan dengan syntax yang sanggup dipahami. Tak heran banyak dari perusahaan besar juga memanfaatkannya. Misalnya yang mungkin kalian ketahui yakni pinterest, instagram dan Rdio. Tidak hanya itu Phyton juga sudah digunakan di pengembang untuk Google, Yahoo dan NASA.

6. JAVASCRIPT

Javascript yakni bahasa pemrograman yang berhasil dikembangkan oleh Nestcafe. Pemanfaatan bahasa pemrograman yang satu ini kebanyakan terdapat dalam pengembangan web. Dengan JavaScript ini kelebihannya sanggup dilihat dari pembuatan web yang interaktif dan sangat menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup di jejaring sosial Facebook yang membahas seputar wacana JavaScript, namanya yakni “JavaScript Indonesia” . Grup ini sudah beranggotakan dengan jumlah anggota lebih dari 10 ribu orang yang aktif hingga dengan sekarang.

7. C++

Bahasa Pemrograman C++ ini yakni salah satu pengembangan dari bahasa. Mungkin Anda akan melihat penulisan untuk C++ dan C hampir menyerupai tapi meskipun demikian kedua bahasa ini mempunyai perbedaan yang terdapat pada penyelesaian masalahnya. Nah, umumnya dalam bahasa C penyelesaian problem yakni dengan cara pembagian ke dalam sub –sub problem yang lebih kecil atau kita sanggup sebut sebagai bahasa pemrograman yang prosedural.

Baca Juga :

Sedangkan untuk penyelelesaian problem pada C++ yakni lebih berorientasi terhadap objek permasalahan yang dibagi dalam kelas –kelas.  Untuk C++ ini berdasarkan sejarah pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. Dari periode ke periode penggunaan nya sangat terkenal apalagi juga digunakan oleh banyak perusahaan besar. Sebut saja software Adobe, Firefox, Winamp yang memakai C++ dalam pengembangannya.

8. C#

C# ini merupakan bahasa pemrograman yang sukses dikembangkan oleh microsoft. Untuk bahasa komputer yang satu ini yakni tercipta berkat penggabungan prinsip dari C dan C++. Nah, untuk pemanfaatannya paling banyak digunakan untuk platform Windows. C# masuk dalam daftar Bahasa Pemrograman yang paling laku dan terbaik digunakan lantaran mempunyai kualitas dan keunikannya tersendiri yang membedakannya dengan jenis bahasa komputer yang lainnya.

9. ACTIONSCRIPT

Selanjutnya dalam bahasa pemrograman terdapat juga yang namanya ActionScript yang yakni jenis bahasa yang diciptakan berdasarkan ECMAScript. Biasanya digunakan dalam pengembangan suatu situs web dan software yang memanfaatkan Platform Adobe Flash Player. Untuk sejarah kemunculannya yakni dimulai dari Macromedia yang menyebarkan bahasa pemrograman ini. Namun, untuk ketika ini sudah dimiliki dan dilanjutkan proses pengembangannya oleh Adobe, lantaran pada tahun 2005 Adobe telah membeli Macromedia tersebut.

ActionScript telah digunakan oleh beberapa aplikasi yang berbasis data menyerupai halnya Alpha Five. Untuk ketika ini versi terbaru dari ActionScript yakni versi 3.0 yang sebelumnya kita kenal dengan Action Script 2.0. Versi terbarunya ini mempunyai beberapa keunggulan dari pendahulunya sebelumnya.  Salah satunya yakni dengan adanya file di Action Script 3.0 sanggup dibentuk secara terpisah ketika runtime. Di Indonesia bahasa pemrograman yang satu ini cukup terkenal lantaran ada banyak andal perangkat lunak yang menentukan berbasis flash yang akan memanfaatkan ActionScript untuk keperluan Koding.

10. OBJEKTIF-C

Berikutnya yakni bahasa kegiatan komputer yang diberi nama Objektif-C.  Dalam bahasa komputer yang satu ini akan lebih berorientasi pada objek. Umumnya bahasa Objektif-C akan dimanfaatkan untuk keperluan pengembangan aplikasi pada perangkat Apple. Bahkan selanjutnya untuk operasi iOS pun sudah memakai bahasa pemrograman dari Objektif-C ini. Masuk dalam deretan kategori Bahasa pemrograman terbaik tentu saja akan sebanding dengan performa dan kualitasnya untuk membantu pengembangan software tertentu.

Lihat Juga : AnakIT.id (Tips and Trik, Tutorial, Learning Program, Perkembangan Teknologi, Informasi Teknologi)

Inilah uraian selengkapnya seputar informasi terbaik yang sanggup Anda jadikan panduan dalam menentukan satu atau dua jenis bahasa pemrograman yang ingin Anda pelajari terlebih dahulu. Sebab, bukan tidak sanggup semuanya, Anda perlu fokus pada bahasa pemrograman tertentu saja lantaran mustahil Anda sanggup mendalami semuanya. Untuk menjadi seseorang yang andal dalam bidang programer atau teknik informatika, Anda sanggup gunakan pertahap. Belajar bahasa pemrograman memang tidaklah mudah, untuk itu dengan informasi yang tersedia ini dibutuhkan sanggup membantu Anda untuk lebih bertujuan dan fokus.

Ini merupakan tips dan solusi pembelajaran Pemrograman lebih efektif. Entah Anda kini yakni masih anak sekolah, mahasiswa atau mahasiswi, pekerja, pengusaha dan lain –lain dengan menerapkan mana bahasa pemrograman yang ingin ditekuni terlebih dahulu akan menciptakan kemungkinan besar Anda berhasil. Jangan ragu untuk ikuti juga kegiatan pembinaan berguru atau bimbingan dari orang yang lebih berpengalaman dan juga menyiapkan akomodasi yang Anda butuhkan untuk itu. Baik Anda ingin bereksperimen dengan aplikasi atau software di HP Android atau smartphone, komputer dan laptop, Semoga berhasil dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel