5 Tips Mengelola Data Karyawan Dengan Mudah



Perusahaan besar yang mempunyai banyak karyawan tentu akan sangat membutuhkan sistem pengelolaan gosip yang handal serta efektif biar perusahaan sanggup mempersingkat waktu yang dipakai untuk urusan administrasi, biar sanggup mengoptimalkan produksi. Salah satu cara yang sanggup dipakai yaitu dengan memakai HRIS atau Human Resource Information System. HRIS merupakan aplikasi data karyawan yang menjadi solusi cepat untuk para HR dalam mengelola data karyawan. Apa sajakah tips biar perusahaan sanggup memanfaatkan aplikasi data karyawan ini dengan maksimal? Yuk pribadi simak ulasannya.

1. Kelola HRIS yang Sistematis

Dalam pencarian data karyawan, biasanya membutuhkan waktu yang cukup usang alasannya yaitu harus mensortir data satu persatu sampai mendapat data karyawan yang dicari. Data yang dikelola dengan sistematis tentu akan membantu perusahaan dalam mencari gosip lebih cepat. Mencari data karyawan hanya perlu mengklik pilihan kategori pencarian, kemudian menginputkan nama karyawan yang akan dicari. Dalam waktu yang sangat cepat, data yang dicari akan tersaji. Data yang tersaji ini merupakan data lengkap mengenai kinerja dan catatan manajemen dari karyawan yang dicari.

2. Integrasi Data

HR tentu membutuhkan data lengkap cuti karyawan berupa posisi karyawan, jabatan dan golongannya, jatah cuti yang masih dimiliki, sampai jadwal cuti karyawan lain yang telah disetujui. Data - data ini haruslah ada biar cuti sanggup dipertimbangkan dengan baik. Penggunaan HRIS memperlihatkan integrasi data ini. Semua data karyawan yang memuat gosip semua hal di atas akan gampang didapatkan dan data akan terintegrasi juga dengan sistem payroll ketika pengambilan cuti atau cuti berbayar.

3. Aktualisasi Data Karyawan

Dahulu, HR memasukkan semua perubahan data secara manual sehingga sangat melelahkan dan membutuhkan banyak waktu alasannya yaitu jumlah karyawan dan staf HR tidak seimbang. Dengan adanya HRIS, karyawan sanggup diberikan hak saluran atas akun miliknya sehingga sanggup melaksanakan mengupdate perubahan yang ada secara sanggup bangun diatas kaki sendiri setiap saat. Update ini mencakup gosip pada akun karyawan ibarat status, cuti, jumlah tanggungan, reimbursement, dinas luar kota, dan lain-lain.
Baca Juga : 7 Manfaat Aplikasi Database Karyawan LinovHR untuk Perusahaan

4. Update Peraturan Resmi Pemerintah

Dalam bidang ketenagakerjaan juga terdapat undang - undang yang mengaturnya, setiap perusahaan tentu harus mematuhinya. Aturan ini biasanya berafiliasi dengan honor minimum, pajak penghasilan, asuransi resmi BPJS, jam kerja, dan jam lembur. Dengan memakai HRIS, perusahaan sanggup secara otomatis melaksanakan integrasi database karyawan dengan peraturan yang berlaku. Sehingga perusahaan sanggup selalu update dengan peraturan resmi terbaru.

5. Staf HR Handal

Penggunaan HRIS sangat disarankan untuk dipakai biar sanggup membantu staf HR sehingga pekerjaan sanggup lebih efektif. Oleh alasannya yaitu itulah, keahlian staf HR dalam mengelola database tetap diperlukan. Koloborasi antara keahlian staf HR yang mumpuni dengan aplikasi data karyawan tentu sanggup menjadi solusi ampuh bagi perusahaan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan database karyawan.

Beberapa tips di atas sanggup diterapkan oleh perusahaan dengan memanfaatkan aplikasi data karyawan, LinovHR. Sistem berbasis HRIS yang otomatis biar pengelolaan data karyawan lebih akurat dan mencegah kesalahan akhir faktor manual. Gunakan sistem HRIS dari LinovHR kini juga dan dapatkan manfaat fitur – fiturnya untuk menambah produktivitas tim HR perusahaan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel