Inilah Data Statistik Hasil Pertanian Indonesia Dikala Ini

Indonesia, mempunyai banyak sekali ragam dan kekayaan alam dalam banyak sekali bidang. Salah satu bidang yang paling mencolok yaitu pertaniannya. Dalam sektor pertanian ini sendiri, negara kita telah berhasil mencapai beberapa keberhasilan di dunia. Ini tak lepas dari jasa para petani yang turut serta secara eksklusif menyukseskan pertanian Indonesia di tingkat International. Dari tahun ke tahun pun, kita sanggup memperhatikan pertumbuhan tingkat hasil pertanian hingga ketika ini. Dibeberapa daerah mengalami peningkatan. Namun, tak jarang di beberapa daerah yang sektor pertaniannya kurang kini mengalami penurunan secara bertahap. Bagaimana berdasarkan anda?


Pemerintah Indonesia pun tentunya tidak tinggal membisu saja. Untuk sanggup menilai dan mengendalikan hasil pertanian di Indonesia, mereka mengumpulkan data selama beberapa tahun terakhir. Seperti yang dilakukan gres –baru ini telah tersedia buku statistik pertanian yang mengulas data pertanian yang dibutuhkan.  Buku Statistik Pertanian ini kira -kira telah menyediakan berupa data series untuk 5 (lima) tahun terakhir yang dibagi dalam 4 (empat) kepingan pembahasan mulai dari kepingan data sub sistem agribisnis di hulu hingga dengan kepingan data sub sistem agribisnis di hilir.

Data dan informasi sub sistem agribisnis di hulu tersebut mencangkup data sumber daya alam (SDA), sumber daya modal juga sarana produksi. Adapun untuk data sub sistem perjuangan tani sendiri mencakup data produksi dan populasi. Sedangkan untuk sub sistem agribisnis di hilir mencangkup data produk nilai tukar petani, perdagangan domestik bruto, komoditas pertanian, harga serta konsumsi pertanian. Data sub sistem jasa penunjang ini mencakup sumber daya insan (SDM), hasil teknologi pertanian dan kelembagaan pertanian.

Menurut beberapa survei juga sanggup disimpulkan beberapa inti pembahasan. Seperti tahun 2018 silam SUTAS 2018 atau Survei Pertanian Antar Sensus 2018 yang yaitu acara survei Pertanian yang dilaksanakan dengan tujuan menjembatani data Sensus Pertanian pada tahun 2013 dan Sensus Pertanian di 2023 dan pertama kali dilakukan oleh BPS. Kesimpulan dari banyak sekali acara survei tersebut menghasilkan beberapa poin penting perihal keadaan sektor pertanian di Indonesia, yakni :

Tantangan perkembangan pertanian Indonesia

1. Lahan pertanian yang kurang

Sempitnya area lahan untuk pertanian ini menjadikan ruang kerja untuk petanimenjadi lebih terbatas, terutama bagi para petani sawah. Selain itu, tingginya jumlah para petani gurem tidak diimbangi dengan luas lahan yang cocok dan sesuai. Justru malah mengakibatkan produktivitas menjadi semakin rendah.Hal ini dibuktikan dari masih banyaknya petani yang melaksanakan cocok tanam secara tradisional. Bahkan pengetahuan para petani terhadap gosip atau permasalahan pertanian terbaru disertai pemecahan atau solusi untuk masalah pertanian tersebut cenderung rendah.

2. Iklim dan Cuaca

Salah satu faktor lainnya yang krusial dalam peningkatan perjuangan pertanian yaitu cuaca dan iklim. Sekarang ini masalah lingkungan yang sering disuarakan yaitu perihal mengenai adanya pemanasan global yang akan berdampak pada perubahan iklim. Tidak tanggung-tanggung, sejumlah akhir yang ditimbulkan dari pemanasan global sudah sanggup dirasakan. Sebagai misalnya yaitu petaka menyerupai tornado, banjir bandang, badai, tsunami yang muncul lebih sering di beberapa daerah.

3. Harga Pangan secara global

Era perdagangan secara bebas menyerupai halnya ketika ini telah menawarkan adanya integrasi di antara pasar domestik dengan pasar dunia. Hal ini terkhusunya tengah membawa konsekuensi pada keterkaitan antara harga komoditas pertanian skala pasar dunia dengan harga skala domestik. Oleh alasannya itu dinamika biaya komoditas pertanian yang  telah terjadi di pasar domestik tidak akan lepas dari banyak sekali kebijakan perdagangan termasuk kebijakan harga yang sudah diambil pemerintah.

4. Upaya Pemerintah untuk meningkatkan sektor pertanian

Dari banyak sekali kendala yang dialami apakah Indonesia sanggup maju? Tentu saja bisa, melalui banyak sekali upaya keras yang dilakukan pemerintah dan masyarakat yang terus membantu. Walaupun Sektor Pertanian di Negara Indonesia kini ini masih menjadi ruang untuk para rakyat kecil. Kurang lebih dari 100 juta jiwa atau sekitar hampir separuh dari jumlah rakyat di Indonesia bekerja di bidang sektor pertanian. Untuk itu Kementerian Pertanian akan melaksanakan banyak sekali perjuangan untuk sanggup membina pelaku perjuangan kecil juga menengah semoga hal ini nantinya menjadi pondasi yang berpengaruh untuk mendukung ekonomi Indonesia.

Baca Juga :

Indonesia masih harus terus berjuang. Namun, dengan potensi yang ada dan juga upaya di barengi seni administrasi yang terus dibangun oleh pemerintah Indonesia. Di tambah lagi harus ada rasa saling bekerjasama secara kontinyu pada semua bidang aspek yang berhubungan, mulai dari pihak petani hingga pembuat kebijakan itu sendiri. Selain itu, dengan melihat dari prestasi sektor pertanian tahun ini dalam suksesnya swasembada beras, hal ini sudah menawarkan perkembangan pertanian yang mengalami kemajuan. Upaya untuk memajukan sektor pertanian terus dilaksanakan, tentunya untuk menghadapi banyak sekali problem yang menghambat. Beberapa cara yang sedang dilakukan yaitu :
  • Pada tahun ini pemerintah mempunyai fokus dalam hal pembangunan di jaringan irigasi. Hal tersebut dilakukan pastinya bertujuan untuk meningkatkan produksi tumbuhan padi dengan meningkatkan intensitas pertanaman juga luas area tanam.
  • Pemerintah selalu melaksanakan banyak sekali penemuan supaya sanggup mendukung petani sebagai tokoh atau pelaku utama untuk mendongkrak produktivitas pangan secara nasional, menyerupai halnya menciptakanmetode budidaya,  varietas unggulan, ataupun penanganan hama.
  • Inovasi lainnnya yaitu upaya melaksanakan terobosan dengan menjaga area luas tanam bulanan tumbuhan padi. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya sanggup memonitor luas tambah tanam atau LTT padi di seluruh area daerah di Indonesia setiap harinya.
  • Selain memonitor LTT Padi, pemerintah terus berusaha untuk mengidentifikasi adanya permasalahan yang dihadapi para petani di lapangan melalui dibangunnya Balai Pengkajian Tekonologi Pertanian (BPTP) .
  • Pemberlakuan rehabilitasi pertanian yakni dengan cara memperbaiki lahan yang pada awalnya sudah tidak menghasilkan lagi. Kemudian dilakukan beberapa upaya supaya lahan tersebut sanggup kembali menjadi lahan yang produktif. Salah satu upaya nya yaitu dengan mengganti tumbuhan yang sudah tidak lagi produktif  dengan jenis tumbuhan yang mempunyai produktivitas.

Itulah klarifikasi seputar keadaan pertanian di Indonesia apabila dilihat dari Statistik dari periode ke periode yang masih memerlukan perhatian ekstra. Baik dari pemerintah maupun masyarakat, sangat penting turut ikut handil dalam proses penanganan tersebut. Agar masalah yang terus menghambat sektor pertanian di Indonesia dibutuhkan sanggup diatasi dengan baik. Sehingga alhasil sanggup dirasakan oleh semua Warga Indonesia, alasannya kita sama sama berjuang untuk pertanian Indonesia yang maju.

Dari kini hingga masa mendatang kita menunggu hasil terbaru atau penyajian data yang memuat kemajuan pertanian di Indonesia. Semoga terus mengalami kemajuan sesuai dengan yang di harapkan. Inilah informasi singkat yang sanggup diberikan kepada anda. Semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan. Semoga bermanfaat dan turut sukseskan sektor pertanian di Indonesia!

Penulis : situsekonomi.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel