5 Cara Merawat Cartridge Printer Canon Ip2770 Semoga Awet

Kegiatan Mencetak merupakan salah satu kegiatan pekerjaan yang tidak bisa dihindari. Misalnya, sangat diharapkan dalam urusan pekerjaan kantor, perusahaan, pertokoan, bisnis, perjuangan antar kelompok atau bahkan Individu. Dalam kegiatan sekolah dan perkuliahan pun sangat penting untuk menciptakan laporan, makalah, proposal, skripsi dan lain sebagainya. Tak heran, kebutuhan akan printer seiring perkembangan jaman terus meningkat dibarengi kebutuhan alat elektronik ternama lainnya.


Printer yang elok pun sangat penting untuk dipilih Entah anda lebih menentukan merek Canon, Epson, HP, Brother, Fuji Xerox, Dell dan lain sebagainya . Tidak hanya itu beberapa hal juga perlu diperhatikan sebelum membeli satu jenis alat pencetak ini. Walaupun, pada kenyataannya alat print yang kita beli yakni termasuk teknologi terbaik sekalipun, tidak ada gunanya kalau tidak dirawat secara baik dan benar.

Komponen komponen dalam sebuah printer mempunyai fungsi dan kiprahnya masing –masing. Apabila tidak dilakukan pemeliharaan yang teratur, bisa saja alasannya yakni penggunaan secara terus menerus akan mengalami kerusakan. Harga alat copy dan print ini tidak semurah yang di bayangkan, jadi sangat penting untuk melaksanakan perawatan semoga printer yang kita miliki bisa awet, terjaga dan tahan lama.

Bagian pecahan dalam printer yang perlu dirawat yakni : Cartrige, Cartrige unit, Head, Mainboard, Chip, Timing belt, Paper tray, dan sensor roll. Pada elemen tersebut rentan sekali mengalami kerusakan. Terutama Cartridge yang yakni benda yang melekat pada printer yang berfungsi dalam menampung tinta yang selanjutnya tinta tersebut dialirkan hingga terjadi percetakan.

Printer Canon type ip2770 yakni salah satu contohnya. Peminat jenis printer yang satu ini begitu banyak. Maka, kita bisa ambil teladan dalam model perawatan untuk Cartridge Printer merek Canon ip2770. Pada dasarnya setiap jenis alat cetak canggih ini mempunyai pecahan yang hampir sama antara satu dengan yang lainnya.

Baik itu yakni jenis printer Dot Matrix, printer inkjet, laser, atau thermal printer. Jadi, untuk perawatan yang dilakukan secara garis besar yakni sama. Berikutnya, semoga printer anda abadi dan menghasilkan gambar atau hasil print yang sesuai, anda perlu melaksanakan pemeliharaan Cartridge secara saksama. Selengkapnya silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Cara merawat Cartridge Printer Canon ip2770 semoga Awet

1. Jangan memdiamkan printer dalam waktu yang sangat lama

Tips simpel yang pertama yakni gunakanlah printer anda secara berkala. Jangan hingga anda berada dalam keadaan mendiamkan printer dalam waktu yang cukup lama. Hal ini bisa berakibat pada lisan semprot Cartridge usang kelamaan akan menjadi kering dikarenakan telah sering terkena paparan udara panas dan hambar setiap harinya.

Tentu saja, hal ini juga berdampak pada kendala jalannya tinta yang keluar ketika ketika printer akan digunakan. Selanjutnya tinta printer tidak bisa keluar.Maka, alangkah lebih baik untuk menggunakan printer secara berkala. Meskipun anda sedang tidak ingin mencetak apapun, setidaknya cobalah untuk gunakan printer tersebut untuk mencetak satu atau dua lembar semoga pecahan lisan semprot cartridge tersebut tidak mengeras.

2. Jangan gunakan printer di luar batas kemampuan alat

Printer Canon ip2770 yakni termasuk printer yang tangguh dan kuat. Namun, apabila anda gunakan secara terus menerus dan nonstop tanpa henti, ujung –ujungnya tentu akan rusak juga. Pada umumnya, menggunakan alat print diluar dari kemampuan alat bisa membuatnya rusak seketika.

Baca Juga :

Cartridge pada printer juga memerlukan istirahat. Untuk itu dalam sekali proses cetak, lakukan maksimal 30 lembar saja. Setelah itu biarkan alat beristirahat selama beberapa menit kemudian anda bisa mulai untuk mencetak lagi. Apabila hal sederhana ini tidak anda perhatikan, setangguh apapun printer anda niscaya akan tumbang juga.

3. Melakukan Cleaning secara terencana tetapi tidak berlebihan

Bagi anda yang sudah kerap sekali menggunakan printer niscaya sudah mengerti bagaimana cara melaksanakan maintenance alat print yang satu ini bukan? Langkah ini dilakukan apabila tinta yang dikeluarkan biasanya kurang lancar atau keluar garis garis yang tidak sama pada goresan pena atau gambar.

Solusinya yakni melaksanakan cleaning printer. Namun, walalupun cara ini termasuk tips jitu memperbaiki alangkah baiknya jangan dilakukan secara berlebihan atau terlalu banyak. Sebab apabila anda terlalu sering melaksanakan cleaning maka akan merusak lisan penyemprot dan cartridge yang menjadi panas dan hasilnya akan menjadi rusak. Kaprikornus lakukan Cleaning seperlunya saja.

4. Mengisi Tinta sebelum habis

Tinta sebagai materi utama kegiatan percetakan merupakan faktor yang sangat penting. Usahakan untuk mengisi tinta sebelum tinta benar –benar habis. Apabila anda membiarkan pecahan cartridge ini tidak terisi tinta dalam jangka waktu yang lama, maka hasilnya bisa saja akan menciptakan tinta tersumbat ke head printer dan hasilnya cartridge itu rusak hingga tidak bisa dipakai lagi. Alangkah lebih baik anda meluangkan waktu untuk mengisi tinta daripada harus membeli cartridge baru.

5. Jangan asal dalam mematikan printer

Apabila anda masih menggunakan alat print tersebut untuk mencetak, maka biarkan saja printer dalam keadaan hidup. Perlu diperhatikan untuk menyalakan dan mematikan printer sesuai dengan prosedur. Karena perlakuan yang sembarangan akan menciptakan tinta berhamburan. Penghamburan inilah yang menyebabkan busa pada penampung tinta di cartridge cepat penuh. Apabila penuh, cartridge tidak akan bisa untuk mencetak dokumen meski printer hidup. Jadi, matikanlah printer ketika anda sudah tidak akan menggunakannya atau jangan matikan ketika komputer masih beroperasi.

Inilah ia tips dan saran terbaik untuk anda yang sedang berupaya melaksanakan perawatan secara baik dan benar untuk Cartridge. Alat untuk menyimpan dan mengeluarkan tinta ini apabila sudah macet niscaya akan sangat merepotkan. Salah dalam mengambil tindakan penanganan, printer anda tidak akan bisa dipakai lagi atau bahkan harus membeli yang baru. Inilah keinginan kita semua semoga cartridge printer sanggup bertahan usang dan awet. Oleh alasannya yakni itu pahamilah terlebih dahulu trik semoga cartridge printer abadi dengan uraian yang sudah di paparkan diatas.

Walaupun Setiap printer mempunyai cartridge yang berbeda jenisnya. Seperti printer jenis EPSON yang cartridgenya terpisah dengan pecahan head nya. Kemudian antara head dan cartridge menyatu, menyerupai printer merek CANON. Begitupun juga dengan jenis printer HP, cartridge  dan head yang tidak terpisah. Namunsebagai pada dasarnya fungsi cartridge untuk semua jenis printer yakni sama, yakni untuk mencetak. Pastikan untuk merawat semua pecahan printer secara teratur termasuk pecahan yang sederhana sekalipun, dengan demikian anda akan lebih menikmati manfaat dari alat teknologi print canggih tersebut. Semoga bermanfaat!

Penulis : bisnismore.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel