Fakta Ihwal Jembatan Suramadu Yang Wajib Anda Ketahui !!!

Siapa yang belum pernah dengar nama Jembatan Suramadu? Sepertinya lebih banyak didominasi orang tahu dengan jembatan terpanjang di Indonesia ini. Sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura danbisa dikatakan salah satu kerja besar Indonesia. Namun, ada fakta wacana Jembatan Suramadu yang perlu Anda tahu.Apasaja itu?

1. Perusahaan yang Membangun Jembatan Suramadu

Mungkin masih banyak yang tidak tahu bahwa jembatan Suramadu dibangun oleh salah satu perusahaan besar dari China. China Communications Construction Company (CCCC) namanya, sebuah perusahaan konstruksi plat merah atau BUMN-nya China. Perusahaan ini bermarkas di Beijing. Perusahaan tersebut punya banyak pengerjaan proyek besar di banyak sekali negara di dunia.

Hanya jikalau Anda bertanya apakah arsitek jembatan Suramadu juga sekalian dari pihak mereka? Jawabnya ialah bukan. Sebagai proyek raksasa, pengerjaan desain dan perencanaan jembatan Suramadu dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mulai tahun 1993.

2. Menjadi Jembatan Terpanjang ke-3 Se-Asia Tenggara

Panjang Jembatan Suramadu mencapai 5,4 km. Karena itulah pada tahun 2011 Guinness World Records menobatkan jembatan ini sebagai jembatan terpanjang ke-3 se-Asia Tenggara. Di urutan pertama ialah Jembatan Penang, Malaysia yang panjangnya 13,5 Km, dan disusul Jembatan Mawlamyaing, Myanmar yang panjangnya 6,6 km. Untuk skala nasional, jembatan Suramadu hingga ketika ini merupakan jembatan terpanjang.

3. Menjadi Ikon Wisata Jawa Timur yang Seru

Jembatan Suramadu mulai dibangun pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri, tahun 2003. Selang 7 tahun, jembatan ini jadinya selesai dan diresmikan oleh Presiden SBY pada tahun 2009. Rancang bangkit jembatan yang kokoh dan gagah sekarang menjadi ikon wisata Jawa Timur-Madura yang menarik.

Waktu malam hari, jembatan ini dihiasi lampu-lampu yang membuatnya semakin indah. Di sepanjang jembatan itu ada sekitar 180 lampu penerangan dan dilengkapi 27 lampu kemudian lintas. Bisa dibayangkan bagaimana gemerlapnya ketika malam hari. Dua tiang besar di tengah jembatan bahkan dikatakan seolah-olah Tower Bridge di Inggris.

4. Asyik Buat Berfoto-foto, Hati-hati, Bisa Ditilang

Jembatan ini sangat dikagumi banyak orang. Tak heran jikalau ada wisatawan yang mengabadikan swafoto di bab jembatan. Entah sambil melintas ataupun memang sudah niat untuk sekedar foto.

Namun ada hukum yang harus Anda taati ketika berfoto di Jembatan Suramadu. Yaitu jangan hingga mengganggu kelancaran kemudian lintas. Kaprikornus foto sekedarnya dan segera berlalu. Soalnya sebagai jalan tol, jembatan ini tentu padat kendaraan. Terutama ketika suasana arus mudik, polisi akan segera menilang pengendara yang kedapatan berhenti dan foto-foto di jembatan.

5. Ada Juga Kisah Misteri Jembatan Suramadu

Di balik kemegahannya, ada juga kisah misteri Jembatan Suramadu. Meskipun cerita-cerita misteri ini kadang kurang terperinci sumbernya, namun sering beredar dari verbal ke mulut.

Misteri pertama ialah ketika mulai pambangunan, ketika pemancangan atau penanaman paku bumi di kedua sisi pulau. Penanaman paku bumi di Desa Tambak Wedi sebagai bentang Madura berulang kali gagal. Demikian juga di bentang Surabaya yang juga mengalami hal sama. Namun hal itu sanggup diatasi sesudah diadakan ritual atau pendekatan supranatural.

Pada tahun 2014 terjadi kecelakan ukiran beruntun yang melibatkan 5 unit mobil. Dari lima kendaraan beroda empat tersebut, salah satunya kendaraan beroda empat APV dan merupakan yang paling parah. Mobil ini ringsek dan pengemudinya meninggal. Konon, tempat insiden tersebut sebelumya sudah muncul hantu kuntilanak.

6. Kawasan Sekitar akan Dikembangkan Lagi

Setelah Jembatan Suramadu menjadi titik sentra perhatian maka daerah sekitarnya tentu harus dikembangkan. Sebagai jembatan yang ikonis, potensi wisata pun akan muncul. Karena itulah Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) bersama Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)memasarkan protek investasi pengembangan daerah Suramadu. Nilai investasinya mencapai Rp53,1 triliun.

Rencananya banyak sekali kemudahan akan dikembangkan di daerah Suramadu. Pembangunan Kawasan Kaki Jembatan Suramadu (KKJSM) dan Kawasan Khusus Madura (KKM) akan menerima perhatian khusus dalam proyek ini.

7. Dirancang Agar Kuat Hingga 100 Tahun

Rancang bangkit Jembatan Suramadu dibentuk sekuat mungkinagar bisa awet dan panjang umur. Total ada 650.000 ton beton yang diperkuat dengan 50.000 ton besi baja yang dipakai membangun jembatan ini. Biaya pembangunannya mencapai 4,5 triliun. Diperkirakan jembatan ini akan bisa bertahan hingga 100 tahun ke depan.

Luar biasa bukan fakta wacana jembatan Suramadu di atas? Tentunya sebagai warga negara kita harus turut melestarikan hasil pembangunan bangsa kita. Semoga saja bisa awet lebih 100 tahun ya.

Penulis : Ruburug.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel