Penjelasan Lengkap Perihal Tth (Tension Type Headache) Keluhan Nyeri Pada Kepala

Semangat pagi... Menyambut weekend ahad ini akan lebih lengkap dengan menyempatkan diri menambah gosip ihwal dunia kesehatan, Kali ini kami membagikan gosip seputar kesehatan mengenai TTH (tension type headache). Sangat bermanfaat loh terutama bagi teman-teman yang menghabiskan harinya di depan komputer. Yuk dibaca...

Apa itu TTH ?
Tension Type Headache yaitu keluhan nyeri kepala yang paling sering ditemui dalam praktek sehari-hari. Nyeri kepala jenis ini sering dikaitkan dengan stress dan dikeluhkan menahun. Rasa nyeri menjalar dari mata ke dahi, kemudian ke arah atas indera pendengaran sampai ke belahan dari belakang leher sampai ke pundak.

APA PENYEBABNYA ?
  1. Stress : TTH akan muncul pada ketika sore hari sehabis mengalami stress panjang selama bekerja atau aktivitas sehari-hari lainnya
  2. Kurang tidur / Sleep Deprivation : Kurang tidur baik secara kuantitas maupun kualitas sangat menghipnotis untuk terjadinya TTH.
  3. Posisi yang tidak nyaman yang menjadikan stress / posisi yang tidak benar.
  4. Wakyu makan yang tidak niscaya / tidak teratur : Dengan waktu makan yang tidak pasti, maka akan menjadikan lapar, lapar juga merupakan salah satu penyebab timbulnya TTH.
  5. Kelelahan mata : Kelelahan mata yang terutama diakibatkan oleh terlalu sering/lamanya berada di depan komputer/laptop mempunyai resiko yang tinggi untuk timbulnya TTH.
  6. Withdrawal Cafein (Berhenti mengkonsumsi kafein : Bagi orang yang sudah terbiasa denganmengkonsumsi kafein setiap harinya, terlebih lagi dengan takaran yang tinggi, maka ketika orang tersebut tiba-tiba berhenti untuk mengkonsumsi kafein maka, TTH akan terjadi sebagai kompensasi badan terhadap undangan kafein.
  7. Marah, Teori lain menyebutkan bahwa murka yaitu salah satu penyebab timbulnya TTH, alasannya yaitu ketika seseorang murka ada ketegangan otot yang terjadi (musculus temporalis ) dikarenakan penitikberatan gigi bawah dan atas (teeth clenching)

APA GEJALANYA ?
TTH (Tension Type Headache), seringkali dideskripsikan sebagai rasa tekan (terikat) yang konstan, kepala bagaikan diikat oleh tali. Rasa nyeri yang muncul seringkali bilateral (dua sisi), dimana yang artinya terjadi rasa tertekan pada kedua belahan kepala pada ketika yang bersamaan. Nyeri khas TTH dari ringan sampai sedang, tapi bias sampai berat.

BAGAIMANA TERAPINYA ?
Terapi secara umum dibagi menjadi 2 macam :
  1. Terapi non farmakologi (tanpa penggunaan obat-obatan), tidur yang cukup dan berkualitas, makan teratur, perhatikan konsumsi nutrisi tubuh, olah raga secara teratur, kontrol emosi, kalau memungkinkan lakukan lah kegiatan-kegiatan yang sanggup mengurangi stress ibarat berwisata, meditasi, yoga, dll.
  2. Terapi farmakologi (dengan penggunaan obat-obatan), TTh sanggup dikurangi dengan donasi beberapa obat jenis analgesic

Artikel ini sebagai materi gosip dan tidak menggantikan tugas dari tenaga medis, untuk gosip lebih lanjut maupun pengobatan, silahkan konsultasikan ke tenaga medis perusahaan atau dokter anda.

SELAMAT MEMBACA . .
Created By : Medic Crew Site IBPL

HEALTH CAMPAIGN 2017
PT. KALIMANTAN PRIMA PERSADA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel